5 Cara Memotivasi Downline Agar Tetap Semangat

Cara memotivasi downline bisa berbagai macam caranya. Hal ini dimaksudkan untuk kemajuan bisnis MLM yang sedang Anda jalankan.

Ketika Anda hanya berharap pada keahlian downline Anda, terkadang kurang maksimal hasil yang akan Anda peroleh.

Sehingga paling tidak Anda memberikan beberapa motivasi untuk downline Anda agar bisa menghasilkan kinerja yang agus yang nantinya akan berimbas pada Anda sendiri sebagai up line.

Cara memotivasi downline agar tetap semangat ini bisa diartikan juga seperti Anda memberikan contoh kepada downline Anda.

Memberikan contoh dalam segala hal seperti cara kerja, cara berbicara, dan cara bersikap dalam melakukan tugasnya sebagai member dari sebuah perusahaan MLM.

Memotivasi Diri Sendiri

Kesuksesan dalam sebuah bisnis biasanya tergantung dari personal masing-masing. Walaupun dalam hal ini leader ataupun bawahan kita berpengaruh besar juga. Namun memotivasi diri sendiri adalah hal yang paling utama dalam menjalankan bisnis.

Apalagi kalau Anda hendak memotivasi downline Anda sendiri. Motivasi ini merupakan antusiasme diri dalam menghadapi beberapa masalah yang datang dari diri sendiri maupun dari luar.

Motivasi ini biasanya adalah semangat untuk meraih sesuatu yang berharga. Semisal Anda mulai merasa tidak percaya diri dalam menghadapi masalah, buatlah seolah Anda bisa menghadapi masalah tersebut.

Jangan sampai Anda menunda-nunda pekerjaan juga. Setelah Anda benar-benar bisa memotivasi diri Anda sendiri maka barulah Anda berusaha untuk orang lain.

Memberi Contoh Dalam Bertindak

Motivasi yang baik untuk downline ini memang terkadang berbentuk contoh-contoh yang baik dalam bekerja. Ketika seorang up line memberikan contoh kinerja yang baik pun downline akan termotivasi untuk berusaha sebaik mungkin seperti up linenya.

Ketika up line dan downline bisa bekerja dengan baik maka bisnis MLM yang Anda geluti akan berjalan lebih baik. Selain contoh dalam bekerja, usahakan member contoh dalam bersikap. Sehingga akan semakin lengkap motivasi yang Anda berikan.

Tunjukkan Sikap Leadership Yang Baik

Keberhasilan sebuah bisnis dipengaruhi juga oleh sikap leadership yang hadir dalam bisnis tersebut. Sehingga dalam bekerja pun akan terasa lebih mudah ketika ada yang menuntunnya.

Pemimpin bertugas memimpin kerja dalam suatu perusahaan, namun sikap kepemimpinan bisa hadir dalam diri siapa saja. Dalam hal ini, sebagai up line Anda harus mempunyai sikap kepemimpinan yang baik yang harus Anda tunjukkan ke downline Anda.

Memberikan Motivasi Dan Saran-Saran Kepada Downline

Setelah Anda berhasil memberikan motivasi untuk diri Anda sendiri maka Anda bisa berlanjut dengan memberikan motivasi untuk downline Anda agar bisa tetap semangat dalam menjalankan bisnis MLM ini.

Yang pertama, berikan lah contoh cara bekerja yang baik agar downline Anda tetap terlihat termotivasi dengan cara kerja Anda. Misalnya, ketika Anda berusaha dengan keras menawarkan seseorang untuk bergabung dengan bisnis MLM Anda. Berikan juga contoh merayu si calon member agar tertarik untuk bergabung.

Kemudian yang kedua adalah dengan memberikan keyakinan kepada downline Anda tentang bisnis MLM yang sedang Anda jalani.

Karena terkadang dengan sulitnya mendapatkan member baru, downline akan merasa tidak percaya diri dengan bisnis yang sedang dia geluti. Di saat inilah peran up line untuk memberikan motivasi kepada downline.

Beri mereka keyakinan agar tetap bertahan untuk tetap semangat menjalani bisnis. Beri mereka motivasi dengan memberikan contoh orang-orang yang sudah sukses dalam menjalankan bisnis MLM.

Agar mereka semakin termotivasi untuk sukses seperti orang-orang tersebut. Selain itu berikan informasi-informasi bermanfaat untuk kemajuan downline Anda. Semakin baik downline Anda dalam bekerja tentu akan berpengaruh kepada Anda sebagai up line. Sehingga selain motivasi, bantu downline Anda dalam berhubungan dengan member barunya.

Selalu Dekat Dengan Downline

Dekat dengan downline ini merupakan salah satu cara untuk memotivasi downline yang sedang kesusahan menjalankan bisnis MLM.

Dengarkan curhat mereka tentang pencarian member baru sebagai downline mereka. Berikan mereka cara-cara mendekati member baru tersebut.

Bisnis MLM ini memang melibatkan rekan-rekan Anda dalam berbisnis, maka dari itu, berusahalah lebih dekat dengan downline Anda. Semakin dekat Anda dengan downline, akan menjadi motivasi tersendiri bagi downline. Sehingga downline tidak merasa ditinggalkan oleh up line mereka.

Nah, itulah 5 cara memotivasi downline agar tetap semangat. Semoga beruntung.

 

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Memotivasi Downline Agar Tetap Semangat"