Daftar Istilah Istilah Bisnis MLM

No comment 3226 views

usaha-sampinganMLM adalah suatu system yang saat anda ditawari untuk bergabung dengan bisnis ini, anda akan menemui banyak sekali istilah-istilah yang mungkin tidak anda mengerti. Untuk sukses tentunya anda harus memahami arti dari istilah-istilah tersebut. Biasanya orang yang menawari anda bisnis ini akan dengan senang hati menerangkannya pada anda tetapi anda juga dapat mencari daftar istilah-istilah di bisnis MLM untuk lebih memahaminya.

Berikut adalah istilah-istilah yang umum digunakan dalam bisnis MLM:

  • MLM. MLM adalah singkatan dari multi level marketing yaitu system penjualan dengan system hirarki yang lebih dari satu level.
  • Member. Adalah anggota dari bisnis MLM. Biasanya untuk menjadi anggota anda harus membayar biaya keanggotaan dan mendapatkan starter kit.
  • Upline. Adalah member yang melakukan perekrutan anggota baru. Upline berada di urutan hirarki yang lebih tinggi pada sistem penjualan MLM. Upline akan mendapatkan keuntungan dari member yang ada dibawahya.
  • Downline. Adalah member yang masuk atas perekrutan atau sponsor upline dan berada dibawah upline dalam hirarki sistem MLM. Member bisnis MLM pertama kali akan menjadi downline, setelah berhasil merekrut anggota baru dibawahnya, maka member ini akan menjadi upline bagi anggota baru tersebut. Walaupun telah merekrut anggota baru, member akan tetap menjadi downline bagi perekrutnya atau uplinenya.
  • Leader. Setelah berhasil merekrut banyak anggota dengan jumlah tertentu, member akan menjadi leader dari kelompoknya.
  • Distributor. Adalah member perseorangan atau organisasi yang membawahi sejumlah leader dan telah memenuhi syarat untuk menjadi distributor.
  • Stokist. Adalah distributor yang melayani penjualan produk kepada member dan telah disetujui keberadaannya oleh perusahaan MLM. Dengan kata lain, stokist adalah pihak yang memiliki stok produk dan member membeli produk tersebut di tempat stokist.
  • Starter Kit. Adalah paket yang diberikan pada awal menjadi member dan menjadi alat pembantu dalam penjualan produk. Biasanya starter kit berisi marketing plan, contoh produk, dan bahan promosi.
  • Marketing Plan. Adalah rencana marketing yang biasanya berisi keterangan tentang sistem penjualan, hirarki, dan sistem perhitungan bonus.

Daftar istilah diatas adalah sebagian kecil dari istilah yang digunakan dalam bisnis MLM. Masih banyak istilah-istilah lain yang mesti anda ketahui. Pahami baik-baik arti setiap istilah yang ada supaya anda tahu apa yang harus anda lakukan dan anda dapat menerangkannya pada prospek anda

author
No Response

Leave a reply "Daftar Istilah Istilah Bisnis MLM"