Bisnis MLM Tiens, Halal atau Haram?

No comment 387 views

Berbicara soal berbisnis, kita membuka bisnis tentu dengan harapan dapat memperoleh keuntungan bukan? Nah salah satu yang penting juga adalah bagaimana uang yang kita dapatkan dari bisnis tersebut halal. Bagi sebagian besar orang, hal ini merupakan hal yang penting (read: mendapatkan keuntungan dari bisnis secara halal). Ada banyak ragam bisnis halal yang dapat kita masuki.

Namun bagaimana dengan bisnis MLM? Kita sudah pernah membahasnya pada artikel sebelumnya disini jika anda belum membacanya. Bisnis MLM secara sekilas saja, dapat kita simpulkan sebagai satu skema bisnis yang memungkinkan produsen menjual produk dagangannya langsung kepada konsumen, tanpa melalui perantara distributor.

Nah konsumen disini, dapat menjadi distributor untuk konsumen lainnya dengan bergabung menjadi anggota. MLM berbeda dengan money game yang berfokus kepada mencari keuntungan sebanyak mungkin tanpa ada produk yang jelas. MLM lebih berfokus kepada bagaimana menjual produk mereka. Jadi keuntungan yang didapatkan adalah dari hasil penjualan produk, bukan dari hasil registrasi member baru saja. Sampai disini kiranya kita sepakat?

Jika kita berbicara soal MLM, ada satu bisnis MLM yang cukup ramai diperbincangkan dan banyak anggotanya yakni Bisnis MLM Tiens. Bagi anda yang baru mendengar, bisnis MLM Tiens merupakan bisnis MLM multinasional yang berasal dari Tiongkok. Agar diskusi kita dapat berjalan dengan semestinya, mari kita samakan persepsi terlebih dahulu. Mulai dari bagaimana bisnis mLM yang halal dan haram.

Kita sudah pernah membahasnya di artikel sebelumnya, namun tidak ada salahnya kita tegaskan disini. Sebuah bisnis mLM yang halal dapat dilihat dari 2 hal; produk yang dijual, dan sistem penjualannya serta tentu harus sesuai dengan syariat. Lalu apakah Tiens memenuhi hal tersebut? Anda dapat menyimpulkannya setelah menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

1. Bagaimana produk bisnis MLM Tiens?

Suatu MLM yang halal akan menjual produk-produk yang halal juga tentunya dan  thayyib atau berkualitas serta bukan merupakan barang syubhat atau sesuatu yang masih diragukan. Lalu bagaimana dengan produk bisnis MLM Tiens? Anda dapat mengeceknya, jika memang produk-produk bisnis MLM Tiens sudah mendapatkan sertifikasi dari lembaga-lembaga yang berwenang (di Indonesia berarti BPOM dan MUI), anda dapat mengatakan bahwa produk-produk yang mereka tawarkan adalah halal.

2. Bagaimana dengan sistem akadnya?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumya bahwa, MLM adalah berbeda dengan money game. MLM mengedepankan produk, sedangkan money game, mengendepankan uang atau keuntungan. Money game biasanya memiliki sistem akad yang tidak jelas. Nah, apakah bisnis MLM Tiens termasuk kedalamnya? Sebuah MLM yang halal, sistem akadnya tentu akan sesuai dengan rukun jual beli yang tercantum dalam hukum muamalah.

Jika dilihat, dalam bisnis MLM Tiens, semua anggota dapat membeli produknya langsung melalui stoklist yang tersedia. Tiens juga memiliki BannerStore yakni supermarket MLM pertama yang memungkinkan anggotanya untuk berbelanja seperti biasanya. Nah, soal akad berarti sudah jelas bukan? Sistem akadnya jelas, seperti jual beli pada umumnya.

3. Apakah Bisnis Tiens Transparan?

Sebuah MLM yang baik dan halal tentu akan peka terhadap transparansi. Baik itu pada SOP hingga sistem akuntansinya pun sistem pembagian bonusnya harus transparan dan sesuai syari’ah. Apakah bisnis MLM Tiens sudah transparan? Ada tercantum di sebuah surat kabar nasional bahwa stokist yang melakukan kecurangan terkait bonus atau kebijakan yang dilakukan secara sepihak, dapat ditutup atau dicabut izin usahanya.

4. Bagaimana dengan harganya, apakah produk bisnis MLM Tiens sudah sesuai dengan standar harga?

Anda tentu tidak jarang menemukan bahwa sebuah produk MLM tertentu dibanderol dengan harga yang sangat mahal atau excessive mark up (harga barang dibanderol hingga berkali-kali lipat), sehingga para anggota merasa terdzolimi. Anda dapat mengecek apakah produk-produk tersebut memang berkualitas dan harga yang ditawarkan sepadan dengan kualitas yang ditawarkan.

Sebatas yang ada pada informasi, produk-produk Tiens semuanya ditawarkan dengan harga yang sama untuk setiap anggotanya, terlepas anggota baru atau lama, semuanya mendapatkan harga yang sama. Nah, setelah menjawab bebebapa pertanyaan di atas, bagaimana kesimpulan yang dapat anda peroleh? Apakah bisnis MLM Tiens halal, atau haram?

author
No Response

Leave a reply "Bisnis MLM Tiens, Halal atau Haram?"