bisnis joybiz

Cara Mudah Mengetahui Lebih Dini Penipuan di Bisnis MLM

MLM merupakan salah satu model bisnis yang banyak sekali peminatnya di Indonesia. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu MLM, MLM merupakan singkatan dari Multi Level Marketing yang biasanya merupakan sebuah model bisnis yang menjual suatu barang, jasa atau bentuk investasi dengan keuntungan sebagai timbalbaliknya. Jika biasanya, ketika kita menjual suatu barang atau jasa barulah kita akan mendapat keuntungan, dalam MLM tidak hanya ketika kita berhasil menjualkan barang atau jasa atau bentuk investasi saja, namun ada MLM yang menawarkan keuntuntungan jika kita berhasil menarik orang lain untuk bergabung.

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang model bisnis MLM ini, anda mungkin belum tahu bahwa awalnya MLM merupakan salah satu metode untuk memasarkan produk atau jasa dengan lebih efisien. Jadi produk yang ada langsung disalurkan ke konsumen tanpa perlu melewati tahapan distribusi yang panjang. Oleh karenanya, biaya yang semestinya digunakan untuk distribusi dialihkan menjadi keuntungan anggota secara adil dan sesuai perhitungan.

Di Indonesia sendiri bisnis MLM sudah ada dan berkembang cukup subur sejak beberapa dekade terakhir. Katakanlah beberapa brand tas atau produk kecantikan sukses berkiprah dengan model bisnis MLM ini. Namun, tidak sedikit pula kita menemui MLM abal-abal yang menawarkan hasil kilat tanpa sulit yang berujung pailit. Beberapa nama brand memang sempat terkenal dan banyak pengikutnya namun kemudian “hilang” seketika yang kemudian setelah ditelusuri, ternyata beberapa nama tersebut merupakan bentuk lain dari investasi bodong atau money game atau bentuk arisan berantai yang tidak jelas segala sesuatunya.

Hal ini yang membuat orang kita menjadi sedikit skeptis terhadap bentuk-bentuk MLM. Namun sebenarnya, kita dapat mencari tahu lebih dini penipuan di bisnis MLM ini lho. Nah bagi anda yang baru akan bergabung dalam dunia MLM, berikut cara mudah mengetahui lebih dini penipuan di bisnis MLM:

1. Cari Tahu Produk atau Jasa apa yang ditawarkan

Pertama dan paling utama, jika memang bisnis MLM yang akan anda join ini kredibel, mereka tentunya memiliki produk atau produk jasa yang jelas yang mereka tawarkan. Ketika anda tidak menemukan itu, atau anda kesulitan untuk mencerna produk apa sih yang sebenarnya nantinya akan anda tawarkan jika sudah menjadi anggota, wajib hukumnya untuk berhati-hati.

Bisnis MLM yang jelas akan sejelas mungkin menjelaskan produk apa yang ditawarkan. Tidak hanya itu, jika anda menemukan satu produk yang tanpa menjadi member pun peminatnya sudah banyak, anda boleh mencoba bergabung sebagai partner atau mencoba model bisnis MLM yang mereka tawarkan. It means barang yang mereka pasarkan merupakan barang yang berkualitas yang tanpa keharusan member untuk berbelanja, barang tersebut pun sudah laris.

2. Reasonable Prices

Cara mudah kedua untuk mengetahui lebih dini penipuan di bisnis MLM adalah dengan melihat harga produk atau produk jasa yang ditawarkan, apakah masih masuk akal, atau tidak masuk akal. Sebagai catatan, harga produk atau produk jasa di MLM yang sehat tidak akan ditawarkan dengan harga yang tidak masuk akal atau terlampau tinggi. Harga yang ditawarkan akan sesuai dengan kualitas, jadi penghasilan besar yang akan kita dapatkan tidak berasal dari harga produk yang berkali lipat namun dari banyaknya konsumen yang membeli.

Satu hal lagi, MLM yang menawarkan harga produk yang terlampau tinggi juga rentan mengalami kebangkrutan dan merupakan ciri bisnis MLM yang tidak sehat. Mengapa? Tidak selamanya konsumen mau membeli produk yang terlampau tinggi apalagi jika harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

3. Keuntungan yang tidak masuk akal

Tidak munafik, kita mengikuti bisnis MLM tentu dengan tujuan untuk menambah pundi-pundi penghasilan bukan? Namun anda wajib waspada apabila ada MLM yang menawarkan keuntungan terlampau besar dengan skema dan arah yang tidak jelas. I strongly recommend you untuk tidak melanjutkan berinvestasi di MLM yang menawarkan potensi keuntungan tidak masuk akal dengan usaha yang minimal, apalagi model MLM yang hanya mengumpulkan sekian orang lalu anda mendapatkan keuntungan sekian puluh juta tanpa perlu menjual apapun dan melakukan usaha apapun.

Nah jadi itu tadi beberapa cara mudah mengetahui lebih dini penipuan di bisnis MLM yang bisa anda coba terapkan sebelum mengikuti bisnis MLM tersebut. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Semoga artikel ini membantu!

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Cara Mudah Mengetahui Lebih Dini Penipuan di Bisnis MLM"