Banyak Orang Menjadi Jutawan dari Bisnis MLM, Mengapa Saya Gagal Terus?

Di tengah semakin banyaknya kebutuhan yang perlu dipenuhi, Anda tentu akan mencari bagaimana cara tercepat mendapatkan pundi-pundi uang bukan? Tidak menampik fakta bahwa ketika melihat orang lain menjalankan bisnis dan sukses dalam bisnis tersebut ada rasa ingin mencoba dan mencari tahu bagaimana caranya agar bisa sama suksesnya dalam menjalankan bisnis tersebut.

Nah salah satu cara yang biasanya orang kita coba adalah dengan bergabung bersama binis MLM. Model bisnis MLM (Multi Level Marketing) atau Network Marketing memang menjadi satu bisnis yang menggiurkan karena biasanya, menawarkan imbalan hadiah untuk member yang berhasil mencapai tingkatan tertentu dalam bisnis tersebut. Tidak tanggung-tanggung, emas batangan, sepeda motor, paket liburan atau bahkan mobil dan rumah mewah atau uang jutaan rupiah menjadi “imbalan” bagi mereka yang berhasil tembus ke level tertentu dalam bisnis tersebut.

Karena saking menggiurkannya penawaran yang diberikan, orang berbondong-bondong mencoba peruntungan di bisnis MLM ini. Namun ketika sudah dijalani ternyata bisnis MLM tidak semudah itu, Ferguso. Nah bagi anda yang pernah mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnis ini, beberapa alasan di bawah ini mungkin menjadi salah satu alasannya:

1. Kurangnya follow up dari Tim / Upline

Dalam bisnis MLM, sebenarnnya merupakan kerja tim dimana ketika satu tim tersebut bisa solid dan saling membantu satu sama lain, bukan tidak mungkin anda akan dengan mudah mencapai level tertentu. Namun, seringkali begini, begitu anda bergabung atau menjadi member dalam sebuah bisnis MLM, memang anda akan diberikan sejumlah buku atau booklet panduan yang memang bisa anda baca sendiri, namun tidak diberikan keterangan yang jelas atau at least saling sharing bagaimana tahapan selanjutnya atau tips n trik menjalankan bisnis ini di awal.

Seringkali, upline hanya mencari bonus referral yang pastinya mereka dapatkan untuk menutup poin sampai batas tertentu. Kurangnya pengetahuan macam ini bisa menjadi alasan mengapa anda gagal dalam berbisnis MLM.

2. Kurang Percaya Diri

Salah satu alasan selanjutnya adalah mungkin karena kurangnya rasa percaya diri. Perlu diingat bahwa dalam bisnsi MLM, we are selling something, kita menjual sesuatu, dan apa sih yang wajib dimiliki seorang penjual? Rasa percaya diri yang tinggi. Tanpa rasa percaya diri, bagaimana kita bisa meyakinkan konsumen bahwa apa yang kita jual ini berkualitas atau menjanjikan? Jika diibaratkan, percaya diri merupakan “pakaian” yang kita kenakan dalam menjalankan bisnsi MLM. Apa jadinya orang tanpa pakaian? Nah, anda bisa menjawabnya sendiri.

3. Komitmen Kurang Maksimal

Jika sudah ada follow up dari tim dan anda sudah memiliki pecaya diri yang baik, namun masih gagal juga dalam berbisnis MLM, mungkin salah satu penyebabnya adalah kurangnya komitmen yang anda tanamkan dalam berbisnis. Maksudnya begini, ketika anda memutuskan untuk menjalankan bisnsi MLM, berarti anda sudah harus 100% ready dan mendedikasikan waktu anda untuk menjalankan bisnis tersebut. Ketika anda tidak melakukan hal tersebut, misalkan masih setengah hati atau setengah-setengah dalam menjalankan bisnis ini, keuntungan yang anda dapatkan tidak akan maksimal, nah hal ini yang seringkali menjadi alasan kuat untuk “berhenti aja ah”.

4. Salah Metode

Dalam menjalankan bisnis ini kita perlu tahu metode apa yang paling pas dengan diri kita dan target kita. Ada banyak metode yang bisa dicoba dan disukai seperti internet marketing misalnya atau dengan konvensional secara langsung face to face. Nah bagi anda yang belum berhasil menjalankan bisnis MLM yang sesuai dengan harapan anda, mungkin metode yang Anda jalankan masih kurang tepat, anda bisa mencoba metode lain yang sekiranya lebih pas dengan target market anda.

5. Trauma Dengan Penolakan

Nah banyak orang yang gagal menjadi jutawan dari bisnsi MLM ini karena alasan yang satu ini. Dalam “berdagang”, kita harusnya dapat lebih kebal terhadap penolakan, meskipun, tentu sakit rasanya ketika sudah berbicara atau mengerahkan banyak cara untuk membuat “goal” namun berakhir no. Tapi, selalu tanamkan dalam diri bahwa satu penolakan tidak akan berpengaruh apapun jika kita mendapatkan 10 Yes, oleh karenanya semangat perlu kita jaga untuk mencari lagi dan lagi konsumen prospektif.

Nah itu tadi beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab gagalnya seseorang menjalankan bisnis MLM, meskipun tidak sedikit pula yang berhasil dan menjadi jutawan dari bisnis MLM ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

author
No Response

Leave a reply "Banyak Orang Menjadi Jutawan dari Bisnis MLM, Mengapa Saya Gagal Terus?"