Beberapa Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Saat Mulai Membangun Bisnis MLM

Multi Level Marketing pastinya istilah ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bisnis yang biasa dikenal dengan sebutan MLM ini merupakan salah satu bisnis yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Berbicara mengenai bisnis MLM pastinya sudah banyak sekali kisah orang-orang yang meraih kesuksesan maupun kegagalan dari dunia bisnis ini. Mulai dari kisah seseorang yang awalnya tidak memiliki apa-apa atau bangkrut kemudian dalam waktu yang cepat tiba-tiba bisa berubah menjadi orang yang hidupnya penuh kemewahan dengan memiliki penghasilan dari puluhan hingga ratusan juta perbulannya, namun ada juga yang sudah bertahun-tahun menekuni dan menggeluti bisnis MLM ini tapi status finansialnya malah jauh lebih buruk dari sebelumnya.

Perlu Anda ketahui bahwa, sesungguhnya yang dalam menjalankan bisnis MLM ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kesuksesan dan kegagalan seseorang. Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan saat mulai membangun bisnis MLM. Tentunya kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ini akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Anda dalam berbisnis MLM.  

Dilansir dari artikel yang terdapat pada adepaulina.blogspot.com, terdapat beberapa kesalahan-kesalahan dalam memulai bisnis MLM. Berikut ini merupakan kesalahan-kesalahan tersebut:

1. Menganggap bisnis MLM sebagai bisnis yang tidak memerlukan kerja keras

Sebagian besar para pelaku bisnis MLM ini memiliki anggapan bahwa mereka bisa join dengan perusahaan MLM dan setelah beberapa bulan kemudian mereka akan segera mendapatkan keuntungan atau bonus hingga puluhan juta perbulan tanpa harus bekerja keras. Hal tersebut sangatlah mustahil dan tidak benar. Para konsultan MLM yang telah sukses mengatakan bahwa Anda harus bekerja keras dan kerja cerdas dengan sistem yang ada maka penghasilan Anda bisa mencapai puluhan bahkan ratusan kali. Anda harus sadar bahwa bisnis MLM merupakan suatu bisnis yang harus dikerjakan dengan penuh komitmen dan tanggung jawab. Kerja keras dan kerja cerdaslah yang akan menjamin kesuksesan Anda.

2. Anda tidak memiliki target yang jelas

Anda perlu tahu dan ingat bahwa MLM merupakan suatu bisnis dan Anda harus memiliki target yang jelas untuk sukses dalam bisnis ini. Anda harus tahu dan paham mengenai berapa bonus yang ingin Anda dapatkan dalam waktu 6 bulan, 1-2 tahun yang akan datang dan seterusnya. Lalu mengapa 95% orang tidak memiliki target yang jelas? Hal itu dikarenakan umumnya orang-orang takut untuk membuat suatu target. Mereka takut bila target tidak terpenuhi. Kunci dari suatu keberhasilan yaitu Anda harus mempunyai target yang jelas dari bisnis MLM Anda.

3. Anda tidak mempunyai dana operasional yang memadai

Jika Anda ingin memulai bisnis MLM sebaiknya Anda tidak memulainya dengan modal kosong. Setidaknya Anda harus memiliki penghasilan tetap untuk menghidupi dan memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari entah dengan bekerja atau mengambil untung dari berjualan suatu produk. Jangan sampai Anda menghabiskan uang tabungan Anda hanya untuk menjalankan bisnis MLM yang mungkin baru membuahkan hasil 1 tahun berikutnya.

4. Anda tidak memiliki Mentor yang patut ditiru

Walaupun banyak cara untuk mencapai kesuksesan, tapi alangkah baiknya apabila ada seseorang yang lebih ahli mengajarkan ilmunya kepada Anda sehingga Anda tidak perlu bersusah-payah untuk menemukannya sendiri. Anda tinggal mengikuti dan melakukan hal-hal yang sama seperti mereka lakukan, maka kemungkinan besar Anda akan mendapatkan hasil yang sama juga. Carilah di jajaran lader/upline Anda siapa saja yang telah mencapai kesuksesan seperti yang Anda impikan. Kemudian tanyakanlah bagaimana strategi mereka hingga dapat mencapai keberhasilan.

5. Anda tidak memiliki komitmen.

Anda dalam membangun bisnis MLM juga sangat memerlukan yang namanya komitmen terhadap target Anda sendiri. Target yang jelas dan komitmen sebetulnya adalah satu kesatuan yang saling berkaitan. Terkadang akan ada masa dimana Anda merasa frustrasi karena perkembangan bisnis MLM Anda yang tidak memuaskan, akan tapi selama kita tetap memiliki komitmen untuk mencapai target, maka kita akan kembali bersemangat.

Demikianlah tadi beberapa kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan saat mulai membangun bisnis MLM, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagia Anda yang sedang mulai membangun bisnis MLM. Sekian dan terimakasih.

author
No Response

Leave a reply "Beberapa Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Saat Mulai Membangun Bisnis MLM"