Cara Memanfaatkan Blog Untuk Mendatangkan Prospek

Membuat blog untuk mendatangkan prospek ini tidaklah sulit. Kuncinya terletak pada konten yang disajikan. Sayangnya, kurangnya pemahaman membuat seseorang tidak berhasil dalam mencapai tujuannya.

Kurang berhasilnya dalam menjaring konsumen menjadi penjelas bahwa strategi yang digunakan mengalami kelemahan. Anda perlu merombak strategi pemasaran menjadi lebih baik. Terutama bila Anda memanfaatkan sebuah blog.

Di sini, kami akan menunjukkan bagaimana cara menggunakan blog untuk mendatangkan prospek. Sebelum melangkah pada strateginya, mari perhatikan alasan mengapa pelaku bisnis perlu memanfaatkan blog berikut ini.

Kenapa Sebaiknya Menggunakan Blog?

Ada banyak cara agar Anda sukses bisnis MLM. Misalnya saja Anda terapkan cara duplikasi upline. Namun, sebaiknya tidak hanya satu cara yang Anda terapkan. Coba berbagai cara dan lihat mana yang paling tepat.

Strategi memang penting dalam sebuah bisnis. Strategi perlu dipikirkan dan direncanakan dengan matang. Dan keputusan yang dibuat harusnya didasari dengan sebuah survey untuk menentukan langkah yang tepat.

Salah satu strategi pemasaran ialah dengan memanfaatkan keberadaan internet. Di sini, Anda bisa memanfaatkan platform apapun. Tidak terkecuali dengan platform untuk pembuatan sebuah blog.

Blog sendiri sudah menjadi pilihan sebagian besar pelaku bisnis. Pilihan ini cenderung lebih masuk akal. Blog menjadi tempat atau lapak bagi pebisnis untuk menempatkan sejumlah produk sekaligus melakukan transaksi.

Pilihan ini juga lebih menjanjikan. Alasannya ialah marketnya lebih luas. Orang yang berkunjung lebih fleksibel. Artinya, bukan hanya follower saja, melainkan siapapun bisa berkunjung untuk melakukan pembelian dan semacamnya.

Syarat utamanya adalah menempatkan blog pada posisi terdepan. Blog yang berada pada posisi teratas memungkinkan besarnya jumlah kunjungan. Semakin besar kunjungan ke website, Anda semakin unggul dibanding pesaing dalam menemukan prospek.

Kecepatan dalam memperoleh prospek ini dilakukan tanpa harus keluar rumah. Anda hanya perlu menyempatkan waktu untuk meningkatkan posisi blog. Kerja keras yang diiringi dengan bekal pengetahuan akan membuat bisnis semakin mudah ditemukan orang.

Setelah menempati posisi teratas, usahakan agar konten yang disajikan sesuai. Dalam urusan bisnis MLM, blog untuk mendatangkan prospek ini disajikan dengan cara berbeda. Anda tidak disarankan untuk fokus pada penjualan. Karena ini hanya membuat Anda kesulitan untuk membujuk orang. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Cara Mendatangkan Prospek Dari Blog

Masih awam di dunia MLM, itu bukan sebuah masalah. Asalkan mau belajar dan praktik, Anda akan memperoleh hasilnya. Mengenai cara mendatangkan prospek dari blog, berikut ini langkah yang perlu ditempuh oleh pebisnis.

1. Buat Tampilan Blog yang Menarik

Tampilan blog merepresentasikan karakter Anda. Tampilan yang bagus juga disukai oleh mesin pencari dan pengunjung. Oleh karenanya, Anda disarankan untuk membuat blog dengan tampilan yang lebih bersahabat.

Kriterianya ialah memiliki navigasi yang memudahkan. Selain itu, pemilihan font, warna, serta pemilihan gambar sangatlah menentukan. Bahkan kejelasan halaman dalam blog wajib dibuat.

Tidak masalah jika Anda tidak memiliki skill untuk membuatnya. Faktanya, Anda bisa memanfaatkan tema yang sudah diatur tampilannya lebih friendly. Atau jika merasa ada kekurangan, Anda bisa meminta bantuan orang untuk mengaturnya.

Tampilan seperti ini akan membuat pengunjung semakin percaya. Pengunjung juga lebih nyaman untuk menjelajahi keseluruhan konten. Ini berarti bahwa Anda telah berada satu langkah untuk mewujudkan sebuah blog yang mendatangkan prospek.

2. Ciptakan Konten yang Memiliki Value

Setelah mengatur tampilan blog, kunci paling menentukan terletak pada konten. Konten yang disajikan harusnya bisa diterima oleh pengunjung. Dan ini harus diusahakan ketika Anda membuat sebuah konten.

Dalam pembuatan konten untuk blog MLM, Anda perlu menghindari beberapa hal. Pertama ialah menjelaskan produk MLM. Kedua adalah menunjukkan perusahaan MLM tersebut.

Alasannya ialah bisnis ini sudah memiliki citra buruk di kalangan masyarakat. Ketika Anda memasukkannya dalam konten, pengunjung akan menyadari dengan cepat. Akibatnya, pengunjung akan keluar dari blog sehingga prospek yang diharapkan tidak pernah didapatkan.

Lalu, bagaimana solusinya? Solusinya ialah membuat sebuah konten yang fokus untuk memecahkan masalah. Kendala yang dihadapi oleh pengunjung dijelaskan dalam artikel. Setelah itu, Anda perlu menyisipkan informasi mengenai solusinya yang salah satunya berhubungan dengan penjualan produk.

Supaya kontennya sesuai dengan produk, Anda perlu menentukan konten informasi yang sesuai. Contohnya bila Anda jualan produk kecantikan, maka konten yang dibagikan bisa berupa tips mempercantik diri dan lain sebagainya.

Konten seperti ini pastinya lebih diterima oleh orang. Orang akan menjelajahi informasi yang dinilai bisa membantunya. Ketika orang mulai nyaman, ajakan menggunakan produk mudah diterima oleh pengunjung.

3. Sisipkan Email Marketing

Blog yang kaya akan informasi yang sifatnya solutif tentunya mendapatkan perhatian dari para audiens. Ini merupakan nilai plus yang Anda miliki. Nantinya, para pengunjung bisa dikonversi sebagai pembeli produk.

Perlu diingat bahwa tidak semua pengunjung akan melakukan pembelian saat itu juga. Terkadang, pengunjung hanya mencari informasi. Kemudian kembali di hari berikutnya ketika membutuhkannya.

Di sini, Anda tidak boleh menyia-nyiakan. Contohnya ialah membiarkan pengunjung pergi tanpa ada kepastian kembali datang. Karena ada kemungkinan bahwa pengunjung akan membuka website lain dan merasa lebih nyaman di sana.

Apalagi, blog yang Anda bangun kemungkinan bisa tergusur oleh blog lain. Tergusurnya blog disebabkan oleh banyaknya competitor. Dan pesaing ini bekerja keras setiap waktu agar mampu menduduki halaman teratas.

Sebagai langkah antisipasi sekaligus langkah mempertahankan kunjungan, sematkanlah sebuah email marketing di dalamnya. Email ini yang akan dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mendapatkan berbagai informasi. Contohnya ialah update informasi terbaru sampai produk yang Anda tawarkan.

Pengunjung yang memandang blog Anda lebih solutif tentunya berkenan untuk menjadi subscriber. Pengunjung akan memasukkan alamat email maupun nomor telepon dengan senang hati.

Ketika ini sudah dimiliki, Anda bisa lebih bebas untuk melakukan penjualan. Anda tinggal follow up email yang diperoleh dari email marketing. Baik itu untuk memperkenalkan produk sampai membagikan informasi menarik yang dibutuhkan oleh orang lain.

4. Padukan Soft dan Hard Selling

Langkah paling menentukan ialah penjualan produk. Penjualan inilah yang akan mendatangkan profit. Dan ini yang pebisnis harapkan.

Dalam penjualan produk, ada dua cara yang bisa diterapkan. Pertama ialah dengan metode soft selling. Kedua adalah menggunakan hard selling.

Pada awalnya, Anda hanya direkomendasikan untuk menggunakan soft selling. Penjualan produknya disematkan dalam konten yang disajikan. Kesannya, Anda tidak memaksa orang untuk melakukan pembelian.

Di sini, Anda hanya berusaha untuk meyakinkan orang tanpa kesan memaksa harus diikuti. Tetapi informasi yang tersaji dipandang solutif, orang akan terbuai untuk mengikuti saran yang Anda berikan. Yakni melakukan pembelian produk.

Jika orang lain sudah melakukan pembelian, otomatis orang sudah merasakan hasilnya. Orang juga mulai percaya dan sering memanfaatkan produk yang ditawarkan.

Pada saat inilah Anda baru diperkenankan untuk melakukan penjualan secara langsung (hard selling). Penjualannya ini dilakukan melalui follow up email yang sudah dikantongi. Dengan cara demikian, bisnis yang dibangun akan semakin maju seperti yang diharapkan.

Itulah caranya menggunakan blog untuk mendatangkan prospek. Kunci utamanya ialah membangun kepercayaan melalui konten yang informatif dan solutif.

author
No Response

Leave a reply "Cara Memanfaatkan Blog Untuk Mendatangkan Prospek"