bisnis joybiz

Cara Membuat Copywriting dalam Bisnis MLM dengan PAS

Membuat copywriting bisa jadi salah satu cara jitu  dalam menjalankan bisnis MLM dengan memanfaatkan teknologi informasi. Memasarkan suatu produk tak hanya memerlukan iklan dan promosi yang terus menerus. Apalagi sekarang, banyak orang yang lebih suka berdiam diri dirumah dan berlama-lama di dunia maya, dalam menikmati waktu istirahatnya. Saat Anda melakukan prospek secara langsung, bayangkan saja, ada berapa banyak waktu yang Anda perlukan? Belum lagi biaya tambahan untuk transportasi dan lain-lain.

Lalu, Adakah Cara Efektif dalam Melakukan Prospek?

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan networking. Beberapa media bisa dicoba. Baik jejaring sosial, maupun website. Namun, jika Anda tak pandai mengisinya dengan sesuatu yang menarik pembaca, jangankan untuk join, untuk melanjutkan promosi Anda sampai habis saja berat.

Copywriting adalah cara efektif dalam melakukan prospek member baru dalam bisnis MLM. Anda dapat menghemat banyak waktu dan biaya. Apalagi bagi Anda yang hidup dikota besar. Kendala umum seperti macet, susahnya mengatur jadwal bertemu dengan calon mitra, sampai dengan jarak yang ditempuh terlalu jauh. Nah, dengan copywriting, Anda dapat dengan leluasa melakukan pemasaran produk, sekaligus memperluas jaringan. Jarak dan waktu, tak jadi masalah lagi, bukan?

 

Mengenal, Apa Itu Copywriting?

Copywriting adalah seni otak-atik kata, yang dirangkai dengan menarik agar pembaca senang menikmati isi tulisan hingga akhir. Tujuannya apalagi, kalau bukan menarik minat seseorang agar mau bergabung dalam jaringan bisnis. Dalam copywriting, Anda harus pandai mengolah sebuah kalimat agar menjadi kalimat persuasif yang menarik.

Untuk membuat copywriting dibutuhkan formula PAS yang terdiri dari tiga bagian penting. Yaitu, Problem, Agitate dan Solution.

  • Problem, mencakup gambaran masalah yang mungkin dialami oleh masyarakat pada umumnya.
  • Agitate, adalah gambaran situasi jika masalah tersebut benar terjadi.
  • Solution, adalah jalan keluar yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau menghindari masalah tersebut.

 

 

Benefit yang diperoleh dengan Copywriting

Bukan mudah membuat tulisan semacam copywriting. Sebagian orang menghabiskan waktu untuk menulis atau membagikan unggahan tulisan tentang poduknya, tapi ternyata tak menarik sama sekali. Padahal, jika dilakukan dengan baik dan benar, dengan copywriting, dapat meningkatkan omset dan menambah jaringan.

Copywriting dapat digunakan oleh para online_er atau internet marketers, termasuk agen bisnis MLM. Secara garis besar copywriting terdiri dari Long copy dan short copy. Long copy adalah copywriting yang berbentuk artikel dengan jumlah kata lebih banyak. Sedangkaan short copy, sebaliknya, memiliki jumlah kata yang lebih sedikit, seperti iklan di website. Keduanya sama efektifnya, ya. Hanya saja, sebelum melakuan salah satu atau keduanya, sebaiknya anda melakukan kualifikasi terlebih dulu. Dimana Anda akan memasang iklan, siapa target yang Anda tuju, kemudian gunakan kalimat yang pas, sesuai target.

 

Cara Membuat Copywriting yang Menarik

Pertama, headline yang mewakili seluruh isi tulisan. Sudah bukan rahasia lagi ya, bahwa untuk menarik seorang pembaca, sebuah artikel atau iklan wajib memiliki headline yang unik. Jika dalam iklan, headline juga disebut dengan tagline. Tujuannya sama, untuk mengemas isi keseluruhan produk dalam sebuah kata atau kalimat.

Untuk membuat headline, pilihlah kata-kata yang ‘eye-catching’. Terkadang, anda juga perlu menggunakan kalimat yang kontroversial, untuk menarik minat pembaca. Asalkan, tetap pada prinsip utamanya, yakni mewakili keseluruhan isinya.

 

Contoh: Hempas Lemak, dengan Cara Enak

Yang kedua adalah Spesifik. Ya, copywriting yang menarik tidak terlalu banyak basa-basi. Seluruh bagian nya padat informasi. Bisa dimulai dengan menggelitik pembaca melalui kalimat provokatif.

 

Contoh:  Yang bilang, “gemuk ndak pa-pa, yang penting sehat”, wah, itu pencitraan.

Kemudian, lanjutkan dengan kalimat informatif yang berisi tentang masalah-masalah kesehatan yang mengancam pada orang dengan kelebihan berat badan. Lalu, apa-apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari dan mengatasi masalah kelebihan berat badan.

 

Memberikan Manfaat dan Solusi

Copywriting yang baik bukan hanya berisi seluk beluk produknya saja, tapi juga tentang tips dan trik yang ada kaitannya dengan produk. Sesekali boleh anda sertakan tautan yang informatif, untuk tetap menjaga alur baca pengunjung website Anda.

 

Menarik untuk dibaca

Tentu saja, artikel yang baik adalah artikel yang enak dibaca, mudah dipahami, dan berhasil ‘melakukan tugasnya ‘ untuk menarik konsumen. Iya, sebenarnya  copywriting sama halnya dengan melakukan prospek calon mitra secara langsung. Tapi, kali ini diwakili oleh tulisan. Maka, berikan copywriting yang sebaik mungkin untuk menyenangkan pembaca Anda. Saat pembaca merasakan manfaat dan dapat menikmati tulisan yang anda unggah, maka bukan tak mungkin Anda akan memiliki banyak pembaca setia. Tentu saja, ini dapat menambah jaringan.

Membangun hubungan emosional antar penulis dan pembaca juga penting, lho.  Saat ini, prospek tak bisa dilakukan secara langsung. Namun, anda dapat menggiring opini pembaca pada manfaat dan kebutuhannya pada produk multi level marketing  anda.  Anda bisa menggunakan kalimat yang fleksibel dan ringan.

 

Contoh:  “Hei! Sekarang ada kok, cara yang gampang buat mengusir lemak”

Jadi, beberapa itu adalah cara membuat copywriting dalam bisnis MLM. Yang paling terpenting adalah, mengemas sebuah tulisan dengan bahasa yang jelas, terarah, menarik dan fokus pada tujuan.

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Cara Membuat Copywriting dalam Bisnis MLM dengan PAS"