bisnis joybiz

Cermati Betul MLM Yang Akan Anda Ikuti Jika Anda Tidak Ingin Gagal di Tengah Jalan

Tips sukses usaha MLM berikut sangat bermanfaat bagi anda yang ingin memulai bisnis ini. Bisnis MLM adalah salah satu jenis bisnis yang populer saat ini. Dari kalangan muda, tua, sarjana atau pelajar SMA tertarik untuk mencoba bisnis ini. Banyak pula orang-orang yang kaya mendadak dengan menjalankan bisnis MLM ini sehingga makin menambah jumlah “pengikutnya”

Bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis MLM, sangat perlu untuk membaca tips sukses usaha MLM berikut ini. Walaupun MLM merupakan bisnis favorit, banyak sekali penipuan-penipuan yang terjadi. Maka dari itu pahami betul tips-tips berikut ini agar dapat membantu anda dalam meraih kesuksesan dalam usaha MLM anda dan terhindar dari penipuan..

1. Cermati Betul MLM Yang Anda Ikuti

Agar aman dari penipuan, Anda perlu untuk mencermati MLM yang anda ikuti. Pastikan Anda cocok dengan bisnis dan produknya. Tips pertama dari tips sukses usaha MLM ini paling pelu perhatian ya. Semakin anda memahami tentang bisnis tersebut anda akan aman dari segala penipuan dan bisa jadi anda dapat menemukan suatu strategi yang pas untuk diterapkan dalam bisnis tersebut. Berikut hal-hal yang harus Anda cermati

a. Produk Yang Diproduksi.

Ketika anda hendak memilih suatu perusahaan MLM, anda harus dapat menilai produknya. Apakah produk-produk tersebut selama ini laris dipasaran atau tidak? Apakah produk tersebut telah memiliki cap pemerintah? Bila perusahaan tersebut merupakan mitra perusahaan lain, anda harus tahu apakah produk-produk yang diberikan kepada anda untuk dipasarkan adalah barang yang ori atau palsu. Dan yang utama juga adalah minat anda. Usahakan agar perusahaan yang anda pilih sesuai dengan minat anda.

Bila semua itu luput dari perhatian anda, Anda akan mendapatkan masalah. Misalnya, kehilangan kepercayaan konsumen anda. Hal ini sangat fatal. Sebab sekalipun anda memperbaiki kesalahan anda, belum tentu mereka mau menumbuhkan kepercayaannya kembali.

b. Catatan Penipuan

Anda harus bisa menemukan ada atau tidaknya catatan penipuan pada perusahaan MLM yang anda ikuti. Ini bisa dilakukan secara manual atau secara digital. Saat ini semua orang berbagi pengalaman di dunia digital atau dunia maya.  Hampir segala sesuatu dapat kita temukan di internet. Sehingga anda dapat dengan mudah menemukan apakah ada catatan penipuan pada perusahaan MLM anda. Selain itu anda bisa bertanya-tanya kepada kenalan-kenalan anda bagaimana pendapat mereka mengenai perusahaan MLM yang akan anda ikuti.

2. Menentukan Target Pasar

Tips sukses usaha MLM kedua adalah menentukan target pasar. Salah satu kekeliruan pebisnis MLM baru adalah menganggap semua orang (termasuk teman dan keluarga) sebagai konsumen petensial yang dapat dijadikan anggota. Selayaknya bisnis-bisnis lainnya, anda bisa mendapatkan kesuksesan yang besar jika anda dapat menentukan target pasar dengan baik serta memfokuskan upaya distribusi kepada mereka.

Misalnya pada bisnis Hijab. Orang-orang yang tidak berhijab bukanlah orang yang tepat untuk didekati agar menjadi konsumen atau member. Justru hal ini akan mengganggu bisnis anda. Sebaliknya, anda harus mencari orang-orang berhijab untuk didekati agar dapat dijadikan sebagai pelanggan atau member Anda. Mereka pasti tertarik untuk membeli ataupun bergabung.

3. Lakukan promosi produk setiap hari

Tips sukses usaha MLM kedua adalah hendaknya anda fokus untuk selalu mengembangkan bisnis anda dengan gencar menjual produk dan merekrut anggota baru, meski penghasilan anda belumlah besar seperti yang ditargetkan. Pada tahap awal, anda harus bisa menumbuhkan kepercayaan pada konsumen-konsumen anda. Sebab bila seseorang menyukai produk yang dibelinya, dengan sendirinya ia akan mempromosikannya “lapak” anda kepada orang-orang disekitarnya. Inilah salah satu senjata ampuh yang harus berhasil anda buat. Karena hal itu akan semakin memudahkan anda dalah hal promosi produk.

Anda juga harus memanfaatkan semua akun media sosial anda untuk kegiatan promosi produk. Dimanapun anda berada, anda harus menyempatkan diri untuk mempromosikan produk anda kepada orang-orang disekitar anda. Bisa dengan berupa brosur-brosur biar simpel. Inilah salah satu  bentuk kesungguhan

4. Mulai Laksanakan Perekrutan Anggota Baru

Tips sukses usaha MLM ke empat adalah merekrut anggota adalah salah satu cara untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis MLM ini. Sebab, memperluas jaringan akan memperluas peluang keuntungan yang besar. Anda bisa melakukan perekrutan ini kepada pelanggan-pelanggan anda. Atau kepada teman-teman anda yang mungkin sedang membutuhkan pekerjaan. Karema tak dapat dipungkiri, saat ini lapangan kerja semakin sempit. Sehingga banyak orang yang mengambil bisnis MLM ini sebagai alternatif yang efektif.

Bila anda masih bermasalah dalam hal interaksi dengan orang lain, anda bisa mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan retorika berbicara. Itu adalah salah satu senjata ampuh yang harus dimiliki oleh pebisnis MLM. Jika anda menguasainya, akan mudah saja untuk mendapatkan orang-orang yang mau direkrut sebagai anggota baru.

Setelah anda membaca tips-tips diatas, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk mengalami kemunduran dalam bisnis MLM anda. Jangan sampai tips-tips diatas hanya menjadi sebatas pengetahuan yang anda miliki. Anda harus bisa mengamalkannya, sehingga tips sukses usaha MLM diatas benar-benar dapat mensukseskan bisnis MLM anda.

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Cermati Betul MLM Yang Akan Anda Ikuti Jika Anda Tidak Ingin Gagal di Tengah Jalan"