bisnis joybiz

Cermati Bisnis MLM Yang Bagus Untuk dijalankan

Menggeluti pekerjaan semacam MLM memang membutuhkan strategi yang beda dari pekerjaan yang lain. Pasalnya, pekerjaan ini bersifat mobile sehingga seolah tidak memiliki kantor. Bisa dikerjakan secara fulltime, bisa juga dikerjakan secara part time. Yang terpenting, punya teknik marketing yang tepat untuk mendapatkan target pasar. Disamping itu, perlu cermati pula sistem MLM yang menguntungkan supaya hasil income yang kamu dapatkan lebih banyak dan melimpah.

Hal ini karena akhir-akhir ini muncul perusahan berbasis MLM yang hanya mencari keuntungan semata tanpa memperhatikan kesejahteraan pelaku bisnisnya. Lalu, sistem MLM yang seperti apa yang harus diperhatikan dan diikuti?

Ciri Sistem MLM yang Menguntungkan Anggota

Tiap perusahaan MLM menentukan aturan dan kebijakan masing-masing pada para pelaku bisnisnya. Mulai dari besar bonus referral, bonus matching, bonus generasi, sampai bonus development. Tak hanya itu, usahakan pula perusahaan MLM tempat kamu bergabung memiliki sistem MLM yang menguntungkan. Yuk simak ciri-cirinya pada ulasan berikut!

Memiliki Produk atau Jasa yang Berkualitas

Jika kamu memutuskan bergabung pada bisnis MLM, maka harus paham dan mampu bertanggung jawab pada produk atau jasa yang dijual. Dengan begitu, tidak akan ada complain dari pelanggan yang tidak puas dengan produkmu. Untuk mengatasinya, usahakan dari awal bergabung pelajari dengan baik detail produk yang dijual. Pastikan produk MLM tersebut memiliki kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, produk atau tersebut juga memang dibutuhkan oleh banyak orang. Jadi, sebelum mempelajari sistem MLM yang menguntungkan pada suatu perusahaan, lebih baik pelajari dulu bagaimana kualitas produknya. Cara ini sangat mempermudah langkahmu merekrut anggota baru tanpa harus menjualnya terlebih dulu.

Pada beberapa produk MLM, ada pelaku bisnis yang terus sukses menjual produknya tanpa harus menjadi member dan menjalankan bisnis serupa. Hal ini tanda jika produk tersebut memang dibutuhkan oleh masyarakat. Disamping kualitas, harga produk juga perlu dipertimbangkan. Apakah terlalu mahal atau wajar. Lebih baik lagi jika harga yang dipatok sebanding dengan kualitasnya. Jika tidak, jangan heran jika bisnis MLM tersebut tidak akan bertahan lama.

Upline yang Mau Membantu Downline untuk Berkembang

Jika sudah memastikan kualitas produknya, selanjutnya pelajari cara kerja dari sistem MLM yang menguntungkan atau tidak. Sistem MLM yang memberikan keuntungan apabila upline mau memberikan bantuan pada downline supaya berkembang. Sebaliknya, apabila cara kerja atau sistem MLM pada perusahaan tersebut memiliki upline yang pasif dan hanya mengandalkan pelaku bisnis downline, bukanlah sistem MLM yang baik dan profit.

Usahakan upline tersebut selain memberikan bantuan juga memberikan pembinaan dan membagikan ilmu pada downline. Jadi, akan ada kesempatan bagi downline untuk bisa mencapai level yang lebih baik bahkan mengungguli upline. Apabila ada sistem MLM yang mengkampanyekan “Kunci posisimu sekarang juga!”, bisa jadi indikasi bisnis MLM yang berprinsip money game. Artinya, upline harus selalu berada di posisi paling atas dan paling untung dibandingkan downline. Bukan dari yang paling kerja keras yang paling untung.

Menerapkan Sistem yang Adil bagi Semua Anggota

Sistem yang adil bagi seluruh anggota merupakan salah satu sistem MLM yang menguntungkan. Jangan sampai keuntungan hanya berlaku pada member yang bergabung pertama kali. Sistem yang adil tetap memberikan keuntungan yang porsinya sesuai kerja keras anggotanya. Jadi, misal kamu gabung pada sebuah bisnis MLM pertama kali sedangkan anggota downlinemu lebih aktif menjual produk sekaligus merekrut member baru, maka keuntungan besar akan diperoleh pada membermu. Jadi, meski posisimu sebagai upline, namun kerjannya hanya sekedar menonton kinerja downline, besar keuntunganmu lebih kecil dari downline.

Perusahaan yang menerapkan sistem MLM adil akan memiliki usia yang lebih panjang dan diminati oleh banyak orang. Perhatikanlah beberapa perusahaan MLM disekitarmu lebih jeli!

Memiliki Support Sistem yang Baik

Supaya bisnis MLM bisa berjalan dengan baik, maka tiap pelaku bisnis ini harus disediakan support sistem yang bagus. Tentu support sistem tersebut berlaku bagi tiap member lama maupun member baru. Dengan begitu, proses marketing dan penjualan produk bisa berjalan dengan baik. Disarankan pula memilih perusahaan MLM yang menyediakan support sistem secara offline dan online.

Memiliki Badan Hukum yang Jelas

Tak hanya memperhatikan kualitas produk, cara menentukan sistem MLM yang menguntungkan adalah pastikan perusahaan tersebut punya badan hukum yang jelas. Hal itu bisa dibuktikan dengan cara melihat status atau profil perusahaan tersebut apakah memiliki SIUPL dan NPWP atau tidak. Dengan adanya kejelasan badan hukum, maka produk MLM yang kamu tawarkan bisa dipertanggungjawabkan baik pada member downline maupun para konsumenmu.

Nah itulah beberapa sistem MLM yang menguntungkan dan perlu diperhatikan bagi kamu yang hendak bergabung pada bisnis MLM. Semoga sukses ya!

 

 

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Cermati Bisnis MLM Yang Bagus Untuk dijalankan"