bisnis joybiz

Mengenal Lebih Dalam Bisnis MLM

No comment 101 views

Tahukah Anda apa itu MLM? mungkin bagi Anda yang berkecimpung di dunia bisnis pastinya kata MLM sudah biasa didengar. Namun bagi Anda yang belum begitu mengenal bisnis MLM, menganggap bahwa bisnis ini adalah bisnis hoax atau penipuan. Pasalnya banyak orang beranggapan bisnis MLM sama halnya dengan investasi yang menjerumus ke penipuan, dapat diketahui bahwa MLM dan investasi berbeda.

Namun kali ini saya akan membahas bisnis MLM secara rinci. Dan tentunya supaya Anda bisa mengenal lebih dekat MLM, yang tentunya bukan hoax.

Sejatinya MLM adalah metode penjualan berjenjang. Dalam metode MLM yakni semisalkan, Anda membeli sebuah poduk dari saya dan Anda menjualkannya kembali pada orang lain, dan bukan hanya Anda yang mendapat keuntungan, tetapi saya juga akan mendapat keutungan.

Begitulah skema sesungguhnya bisnis MLM. Dan jika Anda memang ingin menekuni bisnis ada berbagai tips yaitu, salah satunya yaitu Anda mengetahui bahwa perusahaan MLM memiliki SIUPL (Surat Ijin Usaha Penjualan langsung). Nah, supaya Anda lebih mudah mengenal bisnis, berikut ini identitas dari bisnis MLM.

Mengenal Lebih Dekat MLM

Bagi Anda yang belum mengenal apa itu MLM, disarankan untuk membaca artikel ini, supaya Anda dapat mengetahui lebih spesifik dan tidak ragu lagi mengenai bisnis MLM. Pembahasan dibawah ini akan mengacu pada identitas MLM. Berikut ini, penjelasannya.

1.     Multi Level Marketing

Supaya Anda mengenal lebih dekat MLM, disini akan dibahas secara rinci. Multi Level Marketing memiliki arti kata sendiri. Yaitu, Multi yang memiliki arti lebih dari satu atau banyak. Sedangkan level wsendiri didefinisikan sebagai tingkatan atau jenjang dan marketing adalah kata lain dari pemasaran. Jadi jika dijabarkan secara keseluruhan Multi Level Marketing adalah kegiatan pemasaran berjenjang.

2.     Pengertian Multi Level Marketing

Seorang pakar pemasran mengatakan, bahwa MLM merupkan bisnis dengan bermetode pernjualan kepada customer secara lansung melalui koneksi yang sudah dikembangkan oleh distributor yang handal serta professional. Selanjutnya tingkat pendapatan akan dihitung secara dari keuntungan skala besar hingga skala kecil. Mengenal lebih dekat MLM membuat Anda mengetahui segala hal MLM. Nah, para ahli lain juga mengungkapkan bahwa, Multi Level Marketing merupakan sistem pemasaran yang bertujuan untuk mendapatkan laba dari produk yang dijual.

 

3.     Tujuan Multi Level Marketing

Adapun tujuan MLM yang perlu Anda ketahui dalam mengenal lebih dekat MLM. Yaitu, dengan sistem penjualan yang lain. Fungsi utama MLM untuk mendapatkan keuntungan dari produk penjualan. Namun, MLM sendiri memiliki cara untuk mendaptakan keuntungan lebih banyak dibanding dengan sistem penjualan lain. Berikut beberapa caranya.

Meningkatkan Pendapatan

Sebenarnya dalam penigkatan pendapatan ada 2 cara, yaitu meningkatkan omset penjualan dan meningkatkan laba produk. Namun biasanya beberapa perusahan dalam melakukan peningkatan pendapatan menggunakan cara meningkatkan omset penjualan daripada meningkatkan laba caranya menaikkan harga jual barang. Dan jika perusahaan memilih cara kedua, bisa jadi saingan dari perusahaan akan memenangkan persaingan.

Mengurangi Pengeluaran

Biasanya perusahaan Multi Level Marketing menggunakan 2 cara berikut yaitu, pemindahan produk lebih dekat ke pelanggan, atau dengan kata lain mencari reseller yang terdekat dengan produk, hal tersebut akan mengurangi biaya ongkir dan biaya lain. Kemudian, cara kedua yaitu melakukan rekruitmen karyawan dengan komisi sebagai acuannya.

4.     Keuntungan Multi Level Marketing

Perlu Anda ketahui keuntungan dari MLM dalam mengenal lebih dekat MLM. Dengan sistem MLM, perusaahan akan mendapat beberapa kuntungan, khususnya dibagian biaya yaitu,

Biaya Distribusi

Perusahaan MLM menggunakan jalur downline dalam distribusi produknya. Jadi produk disalurkan individual-individual. Sehingga biaya antar barangpun tidak akan mahal.

Biaya Pemasaran

Sistem MLM ini lebih hemat biaya untuk pemasaran, berbeda dengan konvensional. Pasalnya, dalam pelaksanaan pemasaran tidak dipungut biaya. Selain karena sistemnya dari mulut ke mulut dan iklan dipromosikan lewat medsos, jadi hemat biaya bukan?

Biaya Pelatihan

Multi Level Marketing menggunakan biaya pelatihan. Namun biaya pelatihan ditanggung oleh tenaga penjualan. Latihan-latihan tersebuat juga akan meningkatkan skill tenaga penjualan. Biasanya pelatihan dilakukan, di workshop-workshop, seminar, atau acara lainnya. Selain itu, ada beberapa keunggulan dari segi waktu, pemasaran, modal, kelompok dan lain-lain.

5.     Mekanisme Kerja Multi Level Marketing

Mekanisme kerja Multi Level Marketing yaitu, yang pertama dan paling utama pembentukan organisasi penjualan, dalam merekrut anggota penjualan perlu untuk melakukan sponsor di berbagai media online.  Sponsor tersebut dilakukan oleh distributor atau staff sebelumnya. Untuk selanjutnya, anggota akan dilatih dengan skil atau cara penjualan dan dalam tahap tersebut sebelumnya anggota sudah diperkenalkan produk terlebih dahulu.

Supaya perusahaan mendapatkan pendapatan tambahan, maka perusahaan menjual produk dengan mengecer. Lalu kemudian, distributor bertangung jawab untuk membayar pemesanan dan pengambilan produk tersebut. Semakin besar volume maka semakin besar pula potongan harga, dan distributor pun akan mendapat bonus ekstra dari perusahaan. Mekanisme MLM ini, bertujuan supaya Anda mampu mengenal lebih dekat MLM

Nah, tunggu apalagi bagi Anda yang bingung ingin bekerja apa. Anda bisa mencoba bisnis MLM ini. Selain mudah dalam pemasaran dan mendapat skil management. Bisnis MLM ini juga memiliki berbagai kelebihan. Bagi Anda yang belum tahu tentang MLM, wajib bagi Anda untuk membaca artikel ini, supaya Anda bisa mengenal lebih dekat MLM.

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Mengenal Lebih Dalam Bisnis MLM"