Menggabungkan Strategi MLM Dengan Internet Marketing Dalam Membangun Jaringan 

Untuk membangun dan mengembangkan jaringan yang besar dan kuat seorang distributor MLM perlu kerja keras, semangat, pantang menyerah dan sabar. Selain hal-hal yang disebutkan tadi, Anda juga perlu memikirkan dan melakukan bagaimana caranya kerja cerdas.

Multi Level Marketing (MLM) merupakan bisnis yang menggunakan konsep pemasaran atau marketing dengan cara memberikan kesempatan kepada para konsumen untuk ikut berperan sebagai penjual dan mereka bisa mendapatkan keuntungannya juga. Anggota atau lebih dikenal dengan sebutan member MLM yang tergabung dalam suatu bisnis MLM disebut sebagai distributor atau mitra niaga. Mitra niaga ini selanjutnya selain menawarkan dan menjual produl MLM-nya, mereka juga turut berperan aktif dalam mencari, mengajak dan merekrut orang lain untuk menjadi member MLM-nya sehingga jaringannya akan semakin besar dan meluas.

Apabila para mitra niaga ini berhasil merekrut dan menambah member MLM tersebut, maka dengan semakin banyaknya member yang menyebabkan jaringan pemasaran atau marketing meluas dapat dipastikan akan terjadi peningkatan omzet perusahaan sehingga dapat memberikan keuntungan. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan MLM akan memberikan keuntungannya kepada mitra niaga dalam bentuk insentif berupa komisi/bonus. Inilah mengapa membangun dan mengembangkan jaringan itu sangat penting di dunia bisnis MLM.

Dilansir dari pakpid.com, dalam pemasarannya bisnis MLM masing banyak yang menggunakan cara-cara konvensional, memang cara konvensional sejauh ini memang masih dapat berjalan baik, akan tetapi dengan seiring perkembangan teknologi membuat pebisnis MLM harus mengikuti jaman dan beradaptasi dengan perubahan yang semakin canggih ini.

Tak sedikit toko-toko yang tadinya menggunakan cara konvensional kini beralih ke bisnis online dengan memanfaatkan internet. Cara internet marketing juga dipakai oleh banyak pebisnis MLM di luar negeri, oleh karena itu banyak dari mereka yang sukses luar biasa setelah menggunakan kekuatan internet untuk menjangkau prospeknya.

Masih dilansir dari pakpid.com, untuk menggabungkan strategi MLM dengan internet marketing dalam membangun jaringan dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

1. Prospek Orang atau Calon Downline

Memprospek orang dalam memperluas jaringan MLM adalah bagian yang harus dilakukan demi kesuksesan dan keberlangsungan bisnis ini. Sayangnya tak sedikit orang yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan prospecting dan bahkan ada pula yang sangat sulit untuk berinteraksi dengan orang lain.

Bagi Anda yang tidak memiliki kemampuan dalam memprospek orang lain, dengan internet marketing Anda dapat memprospeknya dengan melalui sosial media. Anda dapat memulai dari lingkup keluarga, teman-teman, dan setelah itu orang-orang yang baru jadi teman Anda. Mulailah membangun hubungan dengan mereka hingga mereka mempercayai Anda bahwa produk MLM Anda bisa mengatasi masalah mereka dan jangan lupa untuk follow up terus mereka.

Selain itu Anda bisa juga dengan memposting tentang manfaat produk dan bisnis MLM Anda. Selain itu, Anda juga bisa memprospek dengan email, sebelumnya Anda harus membuat sebuah website terlebih dahulu, dimana melalui website tersebut Anda mengumpulkan email-email calon prospek. Anda dapat mem-follow up mereka kapan saja dan menawarkan produk ataupun peluang bisnis MLM Anda.

2. Presentasi Bisnis MLM

Presentasi dengan cara konvensional, Anda keluar bertemu dengan calon prospek kemudian Anda persentasikan produk dan peluang bisnis MLM Anda, penolakan pun kerap terjadi dan dampaknya bisa langsung dirasakan oleh Anda. Namun jika memanfaatkan internet marketing, presentasi Anda tidak sesulit cara konvensional tadi. Anda tidak perlu bertatap muka langsung dengan calon prospek Anda, Anda dapat mempresentasikan bisnis MLM Anda dengan membuat Content marketing via facebook, instagram, blog dan lainnya.

Selain membuat content marketing, Anda juga bisa prensentasi bisnis MLM dengan Webinar, namun kelemahannya tidak semua orang bisa melihat secara langsung webinar Anda, hanya orang-orang yang telah mendaftar saja yang dapat melihat.

3. Follow Up

Dalam mem-Follow up biasanya pebisnis MLM menggunakan sosial media dan email. Untuk follow up Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook Group, Facebook Messenger, Instagram, dan lain sebagainya.

Demikian cara untuk menggabungkan strategi MLM dengan memanfaatkan internet marketing dalam membangun dan mengembangkan jaringan bisnis MLM Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda sekalian. Sekian dan terimakasih.

author
No Response

Leave a reply "Menggabungkan Strategi MLM Dengan Internet Marketing Dalam Membangun Jaringan "