Pertimbangan Utama Dalam Memilih Perusahaan MLM

Pebisnis tidak akan maju ketika sering berganti profesi atau relasi dengan perusahaan. Hanya orang yang fokus bisa memajukan bisnisnya. Berbekal informasi ini, penting bagi Anda untuk memilih perusahaan MLM atau multi level marketing yang tepat.

Memilih perusahaan yang tepat bukanlah perkara mudah. Anda mungkin memerlukan waktu untuk menemukannya. Terkadang, ini memakan waktu sampai beberapa minggu dengan intensitas pencarian yang tinggi.

Tetapi itu bukanlah menjadi masalah yang serius. Kenapa? Karena Anda nantinya bisa bekerja lebih maksimal. Anda tinggal fokus untuk meningkatkan kemampuan menuju keberhasilan yang dicita-citakan.

Sejalan dengan keinginan ini, kami mengajak Anda agar selektif dalam menentukan perusahaan MLM yang terpercaya. Tentunya, ada kriteria yang sebaiknya diketahui.

Sebelum memasuki bahasan tentang kriteria tersebut, mari pahami alasannya perlu memilih perusahaan yang terpercaya. Berikut ini penjabarannya secara runtut.

Pentingnya Memilih Perusahaan MLM Terbaik

Ada kepentingan di mana Anda seharusnya memilih perusahaan MLM dengan tepat. Tujuannya agar Anda tidak memulai dari nol setiap waktu. Dan tentu saja Anda ingin mendapatkan produk MLM yang terbaik, bukan?

Contohnya ialah sering bergonta-ganti perusahaan lantaran sistemnya merugikan. Baik itu merugikan diri sendiri, atau merugikan orang lain.

Sistem seperti ini sudah lama ada. Sistem inilah yang membuat image dari bisnis MLM buruk. Contohnya ialah merekrut downline dengan sistem menipu.

Sistem tersebut tidak akan pernah bertahan lama. Reputasi Anda di dunia bisnis akan sangat buruk. Pada waktunya, Anda akan dihujat sekaligus sulit dipercaya di masa yang akan datang.

Contoh lain ialah perusahaan menawarkan produk yang tidak berguna. Anda akan kesulitan dalam melakukan penjualan. Akibatnya, biaya yang Anda keluarkan akan sia-sia lantaran produknya tidak pernah laku di pasaran.

Dikarenakan hal tersebut, Anda akan merugi sendiri. Anda hanya membuang waktu untuk hal yang tidak berguna. Bahkan, Anda kehilangan uang yang semestinya bisa dihindari.

Mau tidak mau, Anda perlu keluar dan menemukan perusahaan yang sistemnya lebih masuk akal. Sistem ini membuat Anda lebih aman dan nyaman. Kemudian, Anda tinggal fokus untuk mengembangkan bisnis sampai akhirnya mengalami kemajuan.

Intinya dari pemilihan perusahaan MLM yang tepercaya ialah mencegah kerugian yang tidak diharapkan oleh setiap pebisnis. Selain itu, pemilihannya dimaksudkan untuk mewujudkan keinginan sukses dalam berbisnis. Pertanyaannya sekarang ialah bagaimana cara Anda menentukannya?

Kriteria Perusahaan MLM Tepercaya

Ada beberapa pertimbangan yang seharusnya Anda lakukan dalam memilih perusahaan MLM. Ini berkaitan langsung dengan reputasinya perusahaan. Di antaranya ialah memastikan kriteria berikut ini.

1. Tidak Menggunakan Sistem Money Game

Money game ini pernah booming, diterapkan oleh banyak orang sehingga membuat citra bisnis Multi Level Marketing buruk. Karena pada dasarnya, sistem ini sangat merugikan orang lain.

Ketika Anda ingin bisnis tersebut, pastikan bahwa perusahaan yang diikuti tidak menggunakan sistem tersebut. Jika perusahaan menggunakannya, abaikan dan pilih yang lainnya.

Mengenai ciri dari sistem money game, ini bisa dikenali melalui proses recruitment. Jika perusahaan membebankan biaya besar, ada kemungkinan bahwa perusahaan ini menerapkan sistem tersebut. Apalagi modal ini tidak diikuti dengan pemerolehan produk.

Selain itu, pendapatan utama didapatkan dari merekrut orang. Artinya, Anda dikatakan berhasil bisnis jika mendapatkan downline. Bukan berasal dari penjualan produk. Akhirnya, sistem ini hanya menguntungkan upline pertama dan merugikan downline terakhir.

Kemudian, perusahaan tidak memiliki perizinan yang jelas. Selain itu, produk yang dijual asal-asalan. Yang terparah ialah tidak didukung dengan pelatihan yang professional.

2. Memiliki Produk Berkualitas

Dalam memilih perusahaan Multi Level Marketing, penting untuk melihat produk yang dimilikinya. Cari tahu produknya. Dan lihat apa kelebihannya sehingga membuat Anda tertarik untuk memasarkan.

Kriteria produk terbaik ialah memiliki value yang bagus. Produknya bermanfaat untuk Anda dan orang lain. Bahkan produknya tidak tergantikan oleh hal lain dalam hal manfaat.

Kemudian yang tak kalah penting, produk yang disediakan memiliki label harga masuk akal. Harganya tidak berlebihan, atau harganya sesuai dengan manfaat produknya.

3. Perusahaan Selalu Berinovasi

Ciri dari perusahaan yang sehat ialah terus berinovasi atas produknya. Inovasi ini sangat penting bagi perusahaan. Karena ini berkaitan dengan tujuan supaya produk bisa diterima oleh konsumen.

Untuk memahaminya, kenali perjalanan perusahaan. Lihat apa saja produk yang ditelurkan. Dari sini, Anda akan melihat inovasi produk yang terus diperbarui menjadi lebih baik atau tidak.

Ketika perusahaan melakukannya, Anda tidak salah ketika memilihnya. Malahan, Anda memiliki peluang besar untuk terus maju. Bahkan bisa mempertahankan konsumen nantinya.

4. Biaya Keagenan Stabil di Tiap Level

Perusahaan yang baik memiliki kebijakan yang jelas. Setiap member yang bergabung mendapatkan perlakukan yang sama. Artinya, harganya tetap stabil meskipun sudah berjalan beberapa tahun.

Ini dimaksudkan supaya tidak adanya perang harga antar member. Kalau ada perang harga, sudah pasti member yang sudah berada di jenjang atas akan memenangkannya.

5. Perusahaan Terdaftar di APLI

Poin terpenting dalam menentukan perusahaan MLM yang terbaik ialah memahami legalitasnya. Statusnya sudah diakui oleh pemerintah. Artinya, perusahaan ini memiliki sistem yang sehat, serta memiliki payung hukum yang jelas.

Untuk memastikannya, Anda perlu memeriksanya. Lihat apakah perusahaan sudah terdaftar di APLI atau tidak. Karena perusahaan yang sehat harus terdaftar.

Apabila Anda ditawari bergabung dengan perusahaan yang belum terdaftar, ada baiknya jika Anda mengkajinya terlebih dahulu. Pilihan paling bijak ialah menunggunya. Atau, Anda mengabaikannya lantaran perusahaan ini belum sehat.

Ada kemungkinan bahwa perusahaan ini menggunakan sistem money game. Jika Anda memasukinya, Anda akan mengalami kerugian. Bahkan bisa merugikan orang lain kedepannya.

6. Perusahaan Berdiri Lama

Ciri dari perusahaan yang baik ialah sudah berdiri cukup lama. Minimal, perusahaan ini sudah berdiri lebih dari 5 tahun. Jika belum, ada baiknya Anda memilih perusahaan lain.

Kenapa? Alasannya sangat sederhana. Ada kemungkinan bahwa perusahaan ini tidak bisa bertahan. Karena patokan dari perusahaan yang cukup stabil ialah sudah mampu mempertahankannya selama 5 tahun ke atas.

Perusahaan yang bertahan selama itu tentunya sudah mengalami banyak hal. Setiap tantangan bisa dihadapi dengan baik. Artinya, orang-orang yang bekerja di dalam perusahaan mengetahui betul tentang bagaimana menjalankan bisnisnya.

Sementara sisanya, pastikan bahwa perusahaan ini menawarkan produk yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. Produk yang dibutuhkan lebih mudah terjual.

Ketika Anda bergabung, Anda memiliki kesempatan untuk melakukan penjualan. Tentunya dengan modal keterampilan yang diajarkan. Bahkan Anda bisa bereksperimen dengan memasukkan strategi baru dengan tujuan bisa melakukan pemasaran yang efektif. Contohnya ialah melalui blog dan lain sebagainya.

Apabila Anda menemukan perusahaan dengan kriteria tersebut, buang keraguan untuk bergabung. Beranikan diri untuk bekerja sama. Kemudian kembangkan potensi Anda dengan banyak belajar terkait pemasaran. Hasilnya, Anda akan sukses dalam menekuni bisnis.

Itulah beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan sewaktu memilih perusahaan MLM. Jadi, sudahkah Anda menemukannya saat ini?

author
No Response

Leave a reply "Pertimbangan Utama Dalam Memilih Perusahaan MLM"