bisnis joybiz

Salah Satu Cara Menjalankan Bisnis MLM dengan Benar

Cara menjalankan bisnis MLM yang singkat dan sederhana bisa Anda baca disini. MLM merupakan kepanjangan dari Multi Level Marketing. Bisnis MLM merupakan bisnis berbasis marketing atau pemasaran. Yang menjadi titik fokus dalam bisnis ini adalah pemasaran produknya, seperti bagaimana cara untuk bisa mendapatkan “anak” atau “downline” sebanyak-banyaknya.

Sebagian masyarakat menganggap bahwa MLM adalah sama dengan “sales” atau tenaga penjual secara umum, padahal keduanya berbeda. Perbedaannya adalah, “sales” hanya akan mendapatkan keuntungan tunggal saja, sedangkan MLM akan mendapatkan keuntungan ganda dalam bentuk bonus-bonus. Keuntungan tersebut bergantung pada sejauh mana pemasaran produk yang berhasil dilakukan atau seberapa banyak “anak” atau “downline” yang direkrut. Satu lagi, semuanya juga bergantung pada perusahaan MLMnya. Sebab tiap-tiap perusahaan MLM memiliki manajemen tersendiri.

Maka dari itu, bila anda tertarik dengan bisnis MLM ini, minimal ada dua hal yang harus benar-benar anda pelajari sebelum memulai bisnis ini. Pertama adalah, bagaimana cara kerja bisnis MLM dan juga bagaimana cara menjalankan bisnis MLM ini dengan benar.

Cara Kerja Bisnis MLM

Sebelum kita memulai suatu hal, hendaknya dipikirkan terlebih dahulu segala sesuatu yang berkaitan dengannya. Termasuk ketika Anda hendak memulai bisnis MLM ini. Anda harus tahu dan faham terlebih dahulu bagaimana seluk beluk bisnis tersebut secara menyeluruh. Terutama pada cara kerjanya. Sehingga nantinya Anda dapat membuat strategi-strategi yang tepat dan efektif untuk memberikan keuntungan besar-besaran bukannya kerugian. Jadi, sebelum mengetahui cara menjalankan bisnis MLM, Anda harus tahu bagaimana cara kerja bisnis MLM ini.

Secara sederhana cara kerja bisnis MLM ini adalah seperti gambaran ini. Ada suatu perusahaan yang mengeluarkan banyak produk dan hendak memasarkannya. Lalu datang si A bergabung pada perusahaan tersebut sebagai mitra. Si A bertugas untuk mendistribusikan produk-produk perusahaan tersebut. Si A akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga produk yang berhasil dijual. Jika si A berhasil merekrut anggota untuk ikut mendistribusikan produk, maka anggota tersebut akan menerima harga yang baru dari si A. Begitu seterusnya hingga si A mendapatkan keuntungan yang berlipat dari anggota-anggotanya. Inilah yang dinamakan konsep piramida. Tiap orang yang bergabung pada bisnis ini akan terus menambah jumlah anggotanya. Sebab dengan begitulah keuntungan besar-besaran didapatkan.

Cara Menjalankan Bisnis MLM Secara Detail

Berikut ini akan di jelaskan bagaimana cara menjalankan bisnis MLM secara detail dari awal. Anda dapat memulai bisnis MLM Anda dengan mengikuti prosedur berikut ini:

1.      Mencari Perusahaan MLM

Pertama-tama, tentu saja anda harus mencari perusahaan MLM. Dalam hal ini anda bisa menyesuaikan dengan selera anda dan gaya hidup anda. Bila anda berkecimpung pada dunia fashion atau kosmetik, anda bisa memilih perusahaan MLM yang memproduksi barang-barang fashion dan kosmetik. Atau jika anda berada dalam lingkungan rumah tangga, kenalan-kenalan anda banyak yang berstatus ibu rumah tangga, anda bisa memilih perusahaan MLM yang memproduksi barang-barang rumah tangga. Selain agar Anda nyaman menjalaninya, anda bisa mendapatkan pelanggan dengan cepat atau mendapatkan anggota sebanyak-banyaknya. Bila anda sudah menemukan peusahaan MLM yang cocok, waktunya untuk bergabung

2.      Daftar Menjadi Member

Tiap perusahaan memiliki cara-cara sendiri dalam hal perekrutan member. Anda perlu mencari tahu tentang hal ini. Anda bisa langsung mendatangi kantor perusahaan tersebut atau bertanya via telepon. Biasanya, untuk bisa menjadi member, anda harus mengisi formulir pendaftaran dan membayar sejumlah harga yang telah ditentukan. Selain itu anda juga harus membeli sejumlah produk untuk memulai pemasaran. Setelah resmi menjadi member, saatnya untuk merekrut anggota dan menjual produk sebnayak-banyaknya. Kebanyakan, orang-orang yang menjalankan bisnis MLM lebih mengedepankan urusan merekrut anggota sebanyak-banyaknya. Memang itu cara yang benar, sebab dari situ keuntungan yang besar akan didapat. Hal itu merupakan salah satu strategi.

3.      Menjalankan MLM Dengan Benar

Kebanyakan orang-orang memilih untuk menjalankan bisnis MLM adalah karena alasan bisa memberikan keuntungan yang banyak dan cepat. Bila Anda juga bermaksud demikian, sebaiknya anda memperbaiki mindset anda. Yang namanya bisnis perlu kerja keras agar sukses. Semudah-mudahnya sebuah pekerjaan pastilah membutuhkan ketekuanan dan kesungguhan.

Cara utama dalam menjalankan bisnis MLM adalah memperluas jaringan anda. Semakin banyak kenalan yang anda miliki, tingkat kesuksesan anda juga tinggi. Anda harus giat memasarkan produk yang anda jual dan juga mengajak orang lain untuk menjadi anggota. Hal ini sangat mudah dilakukan oleh orang-orang yang memiliki karakter ekstrovert yang sangat mudah melakukan interaksi dengan orang lain. Jadi agar sukses dalam bisnis MLM, anda harus melatih kemampuan anda dalam berinteraksi dengan orang lain agar anda dapat mempengaruhinya agar mau ikut bergabung dengan MLM anda.

Ketika Anda telah berkomitmen untuk menjalankan suatu bisnis, anda harus bersungguh-sungguh dalam menjalaninya. Terlebih pada bisnis MLM.  Akan ada banyak sekali bisnis-bisnis MLM lain yang gencar mempromosikan perusahaannya dengan iming-iming keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Jangan sampai anda mudah tergiur sehingga sering berpindah-pindah bisnis MLM.

 

 

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Salah Satu Cara Menjalankan Bisnis MLM dengan Benar"