bisnis joybiz

Siapa Bilang Bisnis MLM itu Sulit, Ikuti 10 Cara Mudah ini

rahasia sukses bisnis mlm

Siapa bilang usaha MLM itu sulit? Jika kamu sudah mengetahui berbagai tips sukses menjalankan usaha MLM tersebut, kesuksesan bukanlah hal yang sulit untuk kamu raih. Beberapa tips jitunya yaitu rajin mempromosikan produk dan memanfaatkan perkembangan teknologi. Selain itu, masih banyak tips sukses yang lain lho. Apa saja tips sukses bisnis MLM tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Pahami MLM Yang Kamu Ikuti

Saat ini banyak orang tidak bertanggung jawab yang membuat perusahaan berkedok MLM. Parahnya banyak orang yang tergiur bergabung karena adanya bonus berlipat dan akses penjualan yang sangat mudah. Sayangnya, pada akhirnya perusahaan tersebut tidak jelas lagi keberadaannya. Nah, untuk menghindari berbagai penipuan tersebut, pastikan kamu memahami MLM yang akan diikuti dengan seksama ya! Salah satunya yaitu tidak mudah tergoda dengan iming-iming banyaknya bonus dan biaya keanggotaan yang sangat mahal.

2. Pastikan Legalitas Produk

Kesuksesan dalam mengikuti MLM tidak terlepas dari kepercayaan konsumen. Salah satu cara mendapatkan kepercayaan calon konsumen adalah menjual produk yang legal. Oleh karena itu, pastikan produk yang akan kamu jual memiliki Surat Izin Untuk Penjualan Produk (SIUPL) dari Asosiasi Penjualan Langsung (APLI). Pada umumnya, surat izin tersebut bisa kamu lihat pada label sebuah produk.

3. Pilih MLM Dengan Produk Yang Kamu Sukai

Siapa bilang usaha MLM itu sulit? Mudah kok. Salah satu tipsnya yaitu memilih perusahaan MLM yang bergelut di bidang yang kamu sukai. Dengan demikian, kamu bisa lebih menikmati pekerjaanmu. Prinsip tersebut juga harus kamu praktikkan pada saat akan mencari rekan kerja atau member. Pastikan kamu mengajak rekan kerja yang memiliki kesukaan dengan produk yang akan dijual. Dengan demikian, kamu dan rekan kerja dapat saling menyemangati ketika akan menawarkan produk MLM kepada para calon konsumen.

3. Pilih Perusahaan MLM Dengan Kompensasi Menguntungkan

Pastikan kompensasi yang akan kamu terima setelah bergabung dengan perusahaan MLM tersebut menguntungkan. Selain dapat memacu semangat, hal tersebut bisa menjadi senjata ampuh untuk merekrut member. Namun, pastikan kompensasi tersebut sesuai dengan harga jual produk MLM tersebut. Jika terlalu besar, kamu perlu waspada. Pasalnya, kemungkinan besar perusahaan MLM tersebut abal-abal.

4. Jujur

Salah satu cara meningkatkan profit dan juga kompensasi adalah memperluas jaringan dengan merekrut member. Sayangnya, tak sedikit orang yang mengiming-imingi calon member dengan banyak janji manis yang tidak sesuai dengan realita. Selain itu, tak sedikit pula yang menyampaikan berbagai informasi terkait MLM yang diikuti secara berlebihan. Berbagai hal tersebut tentu membuat para anggota baru merasa kecewa karena faktanya tidak sesuai dengan ekspektasi. Nah, untuk menghindari hal tersebut, pastikan kamu memberikan semua informasi terkait bisnis MLM yang kamu ikuti dengan jujur dan tidak berlebihan ya!

5. Bimbing Member Dengan Baik

Jika sudah mendapat banyak member, kamu tidak boleh berpuas hati terlebih dahulu. Mengapa demikian? Pasalnya, tidak semua member memiliki skill yang bagus dalam menjual produk. Oleh karena itu, kamu perlu berperan menjadi mentor yang baik dengan cara memberikan bimbingan dan arahan dalam menjalankan bisnis MLM tersebut. Selain itu, kamu juga perlu melakukan monitoring dan memotivasi para member secara teratur agar mereka tetap bersemangat dalam menjalankan bisnis MLM tersebut.

6. Jadi Konsultan Bagi Konsumen Dan Member

Berbisnis MLM tak melulu harus berbicara. Terkadang, kamu perlu menjadi pendengar yang baik dan konsultan yang handal bagi para calon konsumen, konsumen, atau pun member. Pasalnya, ada saatnya mereka berkeluh kesah tentang produk. Nah, dengan menjadi pendengar yang baik serta konsultan yang handal, mereka akan merasa sangat dihargai. Selain itu, secara tidak langsung reputasimu pun akan meningkat.

7. Manfaatkan Media Sosial Yang Kamu Miliki

Hadirnya berbagai media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dan lain sebagainya dapat membantu mempromosikan produk MLM yang sedang kamu jalani. Sebagai generasi milenial, kamu tentu tidak akan kesulitan untuk menggunakan berbagai media sosial tersebut bukan?

8. Promosikan Produk

Tips sukses usaha MLM berikutnya yaitu mempromosikan produk secara berkala. Presentasikan berbagai keunggulan produk yang kamu jual. Selain mempromosikannya secara langsung, kamu bisa mempromosikan produk dengan membuat pamflet atau mengadakan pertemuan kecil dengan para calon member. Lebih mudahnya, kamu bisa menggunakan berbagai media sosialmu untuk promosi. Namun, pastikan jangan share produk melulu ya! Selingi dengan berbagai hal yang menarik dan bermanfaat agar tiak monoton dan membosankan.

9. Kuasai Strategi Online Marketing

Siapa bilang usaha MLM itu sulit? Psalnya, perkembangan teknologi yang begitu pesat bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan bisnis yang sedang kamu jalani, termasuk usaha MLM. Namun, perlu strategi khusus untuk melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, jika kamu belum menguasai strategi tersebut, ada baiknya kamu belajar hal tersebut terlebih dahulu.

10. Usaha Dengan Sungguh-Sungguh Disertai Doa

Tak sedikit orang yang putus asa dan berhenti menggeluti usaha MLM yang dijalani karena tak kunjung sukses. Yakinlah, usaha MLM yang sedang kamu jalani akan sukses jika kamu berusaha dengan sungguh-sungguh. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan YME agar kesuksesan cepat kamu raih.

 

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Siapa Bilang Bisnis MLM itu Sulit, Ikuti 10 Cara Mudah ini"