Strategi Merekrut Downline Cuma Dari Smartphone

Strategi merekrut downline dari rumah kini mulai banyak dipilih. Di era berbasis digital seperti sekarang ini memungkinkan merekrut downline tanpa mengharuskan bertatap muka. Dengan adanya internet, semua itu memungkinkan untuk dilakukan.

Banyak sekali keuntungan merekrut downline lewat internet. Atau istilah lainnya sering disebut dengan digital marketing. Salah satunya adalah Anda bisa merekrut downline hanya dari rumah. Kabar yang sangat menggembirakan untuk Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis MLM.

Sayangnya banyak yang masih belum bisa memaksimalkan strategi memprospek lewat digital marketing ini. Sehingga yang terjadi kemudian adalah calon downline yang Anda prospek banyak yang melakukan penolakan. Apakah ada yang salah?

Merekrut Downline dengan Menggunakan Facebook

Hingga saat ini Facebook masih menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Di Indonesia sendiri kepopuleran Facebook juga semakin tahun semakin naik. Bahkan dikatakan jika pengguna Facebook di Indonesia setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan.

Inilah kenapa Facebook bisa dijadikan sebagai salah satu strategi merekrut downline lewat internet. Selain itu ada alasan lain kenapa Facebook sangat pas jika dijadikan sebagai media untuk memprospek calon downline. Apalagi jika bukan fitur utama yang ada di Facebook.

- Fitur Privacy di Facebook

Ada fitur di Facebook yang memungkinkan Anda untuk mempertahankan daftar teman. Selain itu Anda pun bisa memilih pengaturan privasi. Pengaturan privasi ini bisa Anda gunakan untuk menyesuaikan siapa saja yang bisa melihat konten di profil Anda.

Dengan demikian, calon downline yang ingin Anda prospek pun bisa lebih terfokus. Ingat bahwa memprospek dengan cara dibatasi akan lebih efektif dibanding tidak. Apalagi di Facebook. Terkadang cukup banyak teman yang Anda pun sebenarnya tidak mengenalnya.

- Fitur Chat Online Interaktif

Selain itu Facebook juga mendukung chat online interaktif. Fitur ini bisa Anda manfaatkan pada saat ingin memprospek calon downline. Pada Facebook juga dimungkinkan untuk memberikan komentar pada halaman profil teman Facebook Anda. Sekali waktu Anda bisa memanfaatkan fitur ini.

Dengan memanfaatkan fitur tersebut, ada dua keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Pertama, Anda sudah berhasil memberikan informasi terkait dengan bisnis MLM kepada teman Facebook. Kedua, Anda sekaligus memberikan informasi juga terhadap teman dari teman Facebook Anda. Artinya secara tidak langsung cakupan Anda dalam mempromosikan bisnis MLM pun semakin luas.

- Fitur Grup Facebook

Untuk merekrut downline Anda pun bisa memanfaatkan halaman Grup. Kini pun sudah banyak sekali grup-grup Facebook yang memang dikhususkan untuk promosi. Banyak sekali promosi bisnis yang memanfaatkan grup Facebook ini. Jadi tidak ada salahnya Anda pun ikut memaksimalkannya juga.

Selain halaman grup, Anda pun bisa membuat halaman penggemar atau Facebook Fanspages. Nah, untuk Facebook Fanspages ini justru lebih spesifik lagi. Selain itu dampaknya dalam hal promosi juga lebih besar. Pasalnya hanya orang-orang yang tertarik dengan bisnis MLM Anda sajalah yang mau bergabung ke Facebook Fanpages yang Anda buat ini.

Hal ini sekaligus menandakan jika Anda sudah berhasil menjaring para calon downline potensial. Artinya potensi Anda untuk merekrut downline sebanyak-banyaknya lewat Facebook Fanspages ini pun menjadi sangat besar.

- Facebook Ads

Selain Facebook Fanspages, Anda pun bisa memanfaatkan halaman bisnis atau Facebook Ads. Namun untuk menggunakan fitur yang satu ini Anda diharuskan untuk berlangganan. Artinya harus ada rupiah yang keluar dari rekening pribadi Anda.

Namun hal tersebut tentunya tidak jadi soal. Sebab untuk urusan promosi di Facebook, Facebook Fanspages lah yang diklaim paling efektif. Apalagi tujuan Facebook membuat Facebook Fanspage ini adalah memang untuk promosi.

Untuk memaksimalkan promosi bisnis MLM Anda di Facebook, ada fitur bernama Facebook Connect yang juga bisa dimanfaatkan. Fitur ini memungkinkan situs Website berinteraksi dengan Facebook.

Fitur pada Facebook terakhir yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaring downline adalah Facebook Live. Sebuah fitur yang memungkinkan Anda bisa melakukan streaming video secara langsung.

Ingat, di dalam sebuah bisnis MLM, presentasi bisnis termasuk hal urgent yang harus dilaksanakan. Nah, kenapa Anda tidak memanfaatkan fitur ini saja saat presentasi bisnis MLM. Memang fitur ini disebut sebagai siaran langsung. Tetapi sebenarnya video siaran langsungnya bisa disimpan untuk ditonton di lain waktu.

Artinya para calon downline Anda yang saat itu kebetulan tidak bisa menonton siaran langsung Anda, masih tetap bisa menontonnya juga. Dengan demikian presentasi bisnis MLM melalui Facebook Live ini akan lebih efektif.

Merekrut Downline dengan Menggunakan Instagram

Secara global Instagram sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna. Di Indonesia sendiri Instagram termasuk salah satu media sosial paling populer selain Facebook. Bahkan dikatakan jika untuk Indonesia sendiri tercatat sebagai satu diantara negara penyumbang konten Insta Stories terbesar di dunia.

Jika melihat besarnya angka pengguna Instagram di Indonesia, setidaknya Anda bisa memasukkannya sebagai salah satu pilihan strategi merekrut downline yang efektif. Terlebih lagi fiturnya yang mudah digunakan, ditambah lagi banyaknya fitur yang ada, membuat platform ini sering digunakan sebagai media promosi.

Nah, untuk Anda yang ada ketertarikan merekrut downline lewat Instagram, ada empat fitur yang bisa Anda maksimalkan. Apa saja itu?

1. Instagram Insight

Informasi demografi, usia, hingga minat followers terhadap bisnis Anda bisa dilihat dengan menggunakan fitur ini. Pasalnya fitur ini memungkinkan para pemilik Instagram melihat siapa saja yang masuk ke profil. Hal ini pastinya akan memudahkan Anda pada saat melakukan analisis. Khususnya untuk mengetahui preferensi mereka.

2. Auto Reply

Hasil survey yang dilakukan Instagram memperlihatkan jika 82% respondennya mengaku memperoleh Direct Message (DM) dari para pelanggannya setiap hari. Nah, agar proses komunikasi Anda dengan para calon downline semakin efektif, Anda bisa memanfaatkan fitur Auto Reply atau balas cepat ini.

Ingat, yang sedang Anda lakukan di sini adalah mempromosikan bisnis MLM Anda. Bukan hanya mempromosikan produk MLM saja. Sebab tujuan utamanya adalah agar mereka mau bergabung ke bisnis MLM tersebut. Nah, maka dari itu komunikasi dengan para calon downline secara intensif menjadi sangat penting.

3. Filter Inbox

Tentunya sangat melelahkan jika harus membaca pesan masuk satu persatu. Selain itu yang harus Anda ingat adalah tidak semua pesan masuk tersebut memiliki ketertarikan dengan bisnis MLM yang sedang coba Anda tawarkan.

Nah, untuk menyaring itu semua, fitur bernama Filter Inbox ini bisa Anda maksimalkan. Pasalnya fitur ini bisa memudahkan para pengguna Instagram untuk menyaring pesan yang masuk.

Dengan demikian Anda pun akan lebih mudah untuk meninjau ulang semua pesan yang masuk. Mana yang sekiranya harus diprospek. Dan pesan mana saja yang dibiarkan lewat begitu saja. Keuntungannya lagi, fitur ini bisa menyaring pesan mana saja yang belum sempat Anda baca.

4. Instagram Stories

Para pelaku usaha umumnya membuat konten stories sekreatif mungkin disamping memanfaatkan data yang masuk dalam Instagram Insight. Nah, ini pun sebenarnya bisa juga diterapkan saat mempromosikan bisnis MLM.

Apalagi adanya fitur ini juga memungkinkan para pemilik Instagram membangun percakapan dengan para calon downline-nya. Caranya adalah dengan memanfaatkans fitur seperti Ask Me Question atau Poll Sticker.

Itulah beberapa fitur di Instagram yang bisa Anda manfaatkan untuk media promosi bisnis MLM. Hampir lupa, sama halnya seperti di Facebook, pada Instagram juga ada fitur Siaran Langsung (live) dan tegar yang bisa menjadi strategi merekrut downline juga.

author
No Response

Leave a reply "Strategi Merekrut Downline Cuma Dari Smartphone"