Trik Rekrut Member MLM Tanpa Paksaan

No comment 423 views

Pada dasarnya setiap orang yang bergabung dengan jaringan bisnis MLM pasti mempunyai impian kelak ia akan berhasil dan sukses serta mempunyai kehidupan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Namun pada faktanya, tidak sedikit agen MLM yang bukannya mendapatkan kebehasilan dan sukses malah mendapat kerugian dan kehidupannya pun malah lebih buruk dibandingkan sebelum bergabung di perusahaan MLM. Tentunya hal ini sangat mengecewakan bagi yang mengalaminya.

Perlu diketahui, umumnya kebanyakan bisnis MLM ini menawarkan dan cenderung mengobral berbagai janji-janji manis kepada calon membernya. Janji dan iming-iming kemewahan dan hidup bergelimang harta inilah yang pada tahap awal dilakukan untuk mempengaruhi dan menarik member baru dan calon member, seolah-olah semua akan terwujud dengan sangat cepat dan mudah. Padahal kenyataan yang terjadi di lapangan, semua kemewahan itu merupakan hasil akhir yang diperoleh melalui proses yang panjang dan melelahkan, bahkan banyak pula yang gagal untuk menjalaninya.

Kebanyakan semua perusahaan MLM memakai sistem peringkat, semakin tinggi peringkat seorang member maka semakin besar pula bonus/komisi yang akan didapatkan. Salah satu yang dapat menaikan peringkat dalam berbisnis MLM adalah dengan merekrut member sebanyak-banyaknya, semakin banyak member yang Anda rekrut dapat dipastikan level Anda akan naik dan tentunya Anda akan mendapatkan komisi dari perusahaan MLM. Oleh karena itu banyak agen MLM yang mencari dan merekrut member dengan cara memaksa dan membuat orang lain merasa risih dan terganggu kehidupannya. Bukannya akan mendapatkan member baru tetapi malah menjauh Anda dari para calon member.

Nah supaya Anda dapat merukrut orang sebanyak-banyaknya, jangan pernah melakukan paksaan terhadap mereka. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti dan terapkan dalam mencari member atau downline MLM tanpa harus melakukan paksaan. Berikut ini dalah tipsnya:

1. Anda harus kerja keras dan kerja cerdas

Bagi Anda yang sedang mencari member atau downline, Anda dituntut bekerja keras untuk mendapatkannya. Selain Anda harus bekerja keras, Anda juga harus bekerja secara cerdas. Kerja cerdas dapat Anda awali dengan melakukan pendataan terlebih dahulu. Pertama, buat daftar list siapa saja yang akan Anda prospek. Target prospek ini bisa Anda dapatkan dari orang-orang terdekat Anda atau dapat juga melalui rekomendasi dari seseorang. Sebelum Anda melakukan prospek, ada baiknya Anda kenali lebih dulu apa yang menjadi kebutuhannya. Sehingga Anda akan mengetahui betul apa yang dapat Anda promosikan dan tawarkan kepada mereka. Itu dapat berupa produknya, komisi atau karirnya kedepannya.

2. Jadilah agen MLM yang ramah dan sabar

Untuk merekrut member atau downline seorang agen distributor bisnis MLM tidak boleh grusak-grusuk. Hal paling penting dari diri Anda yang perlu disiapkan adalah kepribadian yang baik dan keramahan. Orang ramah dan murah senyum pasti akan banyak disukai oleh orang, begitu juga jika Anda ramah dan murah senyum maka akan disukai oleh calon member/downline. Kemudian, Anda harus tampil sopan dan menarik perhatian. Selain itu, sebagai agen MLM Anda harus sabar, Anda tak perlu menekan dan memaksa calon mitra untuk bergabung dengan jaringan MLM Anda, terutama jika terjadi penolakan dalam melakukan perekrutan member/downline baru. Sikap sabar juga dibutuhkan oleh Anda saat sedang bertemu dengan calon member/downline yang cerewet dan rewel. Karena biasanya calon member yang seperti ini akan lebih banyak menguras kesabaran, terlebih seringnya mereka lebih banyak menolak penjelasan dan membandingkan dengan MLM dari perusahaan lain. 

3. Usahakan tidak mendominasi

Anda sebagai agen MLM saat melakukan presentasi di hadapan para calon member/downline boleh saja memegang peranan namun ingat jangan sampai Anda mendominasinya. Anda harus menjaga suasana senyaman mungkin. Beberapa orang biasanya tak terlalu suka banyak mendengar. Sehingga, lebih baik Anda melakukan proses prospecting secara ringan, seperti obrolan santai, tapi tetap persuasif. Selain mempromosikan dan menawarkan produk, Anda juga bisa berbagi pengalaman pribadi Anda saat menggunakan produk tersebut. Yakinkanlah calon member/downline bahwa bisnis MLM Anda memang terbaik.

4. Berikan informasi yang jelas dan ringkas

Anda harus melakukan presentasi dengan memberikan informasi yang jelas dan ringkas, biasanya orang tidak suka dengan presentasi yang bertele-tele karena hal tersebut terkesan membosankan.

Poin-poin yang perlu disampaikan saat presentasi yaitu:

  • Profil perusahaan
  • Produk yang ditawarkan
  • Sistem dan aturan perusahaan yang berlaku
  • Tujuan serta visi misi perusahaan
  • Lovable dan Friendly

Tips yang terakhir adalah Lovable (menyenangkan) dan friendly (bersahabat), ini merupakan dua dari sekian banyaknya kriteria agen MLM yang paling disukai. Seseorang dengan kepribadian yang menyenangkan akan mudah masuk kedalam hati setiap orang. Ya walaupun tidak semua orang mudah terambil hatinya, akan tetapi peluang untuk mendapatkan member/downline baru akan lebih mudah jika Anda memiliki pribadi yang menyenangkan itu.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat Anda ikuti dan terapkan dalam merekrut member MLM Anda tanpa paksaan. Ingat! Jangan suka memaksakan kehendak kepada orang lain untuk bergabung dengan jaringan bisnis MLM Anda. Sekian dan terimakasih.

author
No Response

Leave a reply "Trik Rekrut Member MLM Tanpa Paksaan"