bisnis joybiz

Ciri-Ciri Seorang Leader Yang Baik Dan Diidamkan oleh Semua Orang

ciri ciri leader mlm yang baik

Banyak orang bermimpi ingin menjadi seorang boss di masa yang akan datang. Mereka berlomba-lomba membangun karier setinggi mungkin untuk mewujudkan impiannya itu. Akan tetapi, di lain sisi mereka sering melupakan arti terpenting dari usaha dan mimpi mereka tersebut. Ya, seorang boss belum tentu mampu menjadi leader yang baik.

Seorang leader yang baik akan mampu membawa usahanya menjadi lebih maju dan sulit untuk digoyahkan sedangkan boss belum tentu. Jadi, apakah Anda ingin mengubah mimpi Anda menjadi seorang leader yang baik? Lalu bagaimana ciri-ciri seorang leader yang baik itu? Mari simak penjelasan berikut.

Leader yang baik merupakan orang yang sangat diidamkan di seluruh lapisan masyarakat maupun organisasi. Semua parang menginginkan dipimpin  oleh seorang leader yang baik  Lalu, seperti apa leader yang baik itu? Berikut ini adalah ciri-ciri seorang leader yang baik dan diidamkan oleh semua orang.

1. Mau Berjuang Bersama, Bukan Hanya Perintah Semua

Seorang leader yang baik akan berusaha untuk merangkul bawahannya menuju tujuan yang akan dicapai. Ia tidak hanya memerintah bawahannya saja, namun juga memberikan arahan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Bahkan ia tidak segan-segan untuk membantu bawahannya apabila mereka menghadapi kesulitan.

2. Tidak Langsung Menyalahkan Bawahan Ketika Ada Masalah

Setiap masalah tentunya akan menjadi risiko di setiap pekerjaan yang kita jalani. Dan tentunya masalah tersebut bisa muncul dari mana pun dan kapan pun. Seorang leader yang baik tentunya akan menangani setiap masalah tersebut dengan bijak.

Ia tidak akan serta merta menyalahkan bawahannya disetiap masalah yang terjadi. Namun sebaliknya, ia justru akan bekerja sama dengan bawahannya dalam menghadapi masalah tersebut. Sehingga setiap masalah mampu teratasi dengan baik.

3. Keputusan Yang Dipertanggungjawabkan

Seorang leader merupakan ujung tombak dari kepemimpinan. Seluruh keputusan ada di tangannya. Dan setiap keputusan tersebut tentu saja akan membawa dampak yang besar bagi pekerjaan serta bawahannya. Oleh sebab itu, seorang leader yang baik akan mempertimbangkan sematang mungkin sebelum mengambil keputusan. Serta akan siap sedia untuk dipertanggungjawabkan keputusannya tersebut di kemudian hari.

4. Tugasku, Tugas Kita Bersama

Di setiap pekerjaan tentunya akan ada banyak tugas-tugas yang harus dijalankan. Di lain sisi, seorang leader memiliki bawahan yang siap menjalankan perintahnya untuk menjalankan tugas tersebut.

Dalam kondisi seperti ini seorang leader yang baik akan membagi tugas-tugas tersebut kepada bawahannya sesuai dengan keahlian dan tanggung jawab yang mereka miliki. Kemudian, ia akan tetap mengoordinasikan setiap tugas tersebut.

Bahkan ia akan bekerja sama untuk membantu menyelesaikannya. Sehingga semua tugas akan terselesaikan dengan efektif dan efisien.

5. Sadar Akan Adanya Bom Waktu

Waktu akan terus berjalan tanpa kita sadari atau kita perintahkan. Waktu juga tidak akan pernah berhenti sejenak untuk menunggu kita siap menghadapi masa depan. Seorang leader yang baik tentunya menyadari akan adanya ancaman ini. Ia tidak akan menunda setiap pekerjaan yang mampu ia selesaikan saat itu juga. Ia sadar betul bahwa menunda pekerjaan laksana membiarkan bom waktu menghancurkan semua yang telah ia perjuangkan. Namun sebaliknya, apabila ia mampu melaksanakan semua pekerjaan dengan baik dan tepat waktu niscaya waktu akan mengantarkan kesuksesannya di masa depan.

6. Jujur Dan Terbuka

Ciri-ciri seorang leader yang baik tentu memiliki sikap yang jujur dan senantiasa terbuka kepada semua orang. Dalam hal ini seorang leader dikatakan jujur apabila ia mau dan mampu untuk berkata apa adanya terhadap kondisi organisasi yang ia pimpin, tentunya dengan batasan tertentu.

Ia juga mampu memilah informasi yang patut dijadikan konsumsi public maupun intern organisasi yang ia pimpin.

Selain itu, leader yang baik juga memiliki sikap terbuka dan mau menerima orang lain. Hal ini bahkan sangat menguntungkan baginya. Ia dapat dengan mudah mendapatkan kolega maupun partner yang handal, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai.

7. Berpemikiran Cerdas Dan Kritis

Untuk ciri yang satu ini tentu telah diketahui oleh semua orang. Seorang leader yang baik harus memiliki pemikiran yang cerdas dan kritis dalam memimpin. Cerdas dalam menanggapi keadaan di sekitarnya, cerdas dalam bertindak, dan kritis dalam menyikapi keadaan dan realita yang ada.

Demikian, ciri-ciri seorang leader yang baik dan diidamkan oleh semua orang. Ciri-ciri tersebut patutlah dijadikan salah satu referensi dalam menilai seorang leader maupun tolak ukur kepatutan kita untuk menjadi seorang leader yang baik.

Joybiz Indonesia
No Response

Leave a reply "Ciri-Ciri Seorang Leader Yang Baik Dan Diidamkan oleh Semua Orang"