bisnis joybiz

Rekrut Member Baru dengan AIDA

No comment 105 views

Banyak yang “ngeri” dengan tugas merekrut member baru. Padahal, sesungguhnya tidak sesulit itu,lho. Asalkan Anda tau trik untuk merekrut member baru yang tepat sasaran. Iya, kuncinya adalah tepat sasaran. Yang membuat penolakan lebih banyak dari pada turut bergabungnya orang baru untuk menjadi member dalam jaringan Anda adalah peluru yang dilontarkan tak tepat sasaran, atau bahkan malah melesat jauh?

Pekerjaan sebagai marketing sesungguhnya tak serumit meracik obat. Bahkan seseorang dengan lulusan pendidikan SMA saja bisa menjadi seorang agen MLM yang sukses. Beberapa yang harus dipersiapkan adalah, keyakinan diri dan AIDA, yaitu Attention, Interest, Desire dan Action.

 

Attention

Merekrut member bisa dilakukan secara langsung, yakni dengan bertemu muka dengan calon mitra, atau juga bisa dilakunan dengan cara tidak langsung. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan media sosial atau memasang iklan, guna memancing rasa ingin tahu pembacanya. Nah, rasa ingin tahu yang harus Anda manfaatkan untuk kemudian dilakukan prospecting. Untuk menarik perhatian, Anda bisa menggunakan masalah umum yang biasa di hadapi oleh masyarakat. Misalkan, masalah keuangan dan kesehatan.

“Bosan dengan gaji yang segitu-gitu, aja?” atau “ingin menambah penghasilan, tanpa pekerjaan yang mengikat?” pertanyaan semacam ini bisa Anda gunakan untuk menarik perhatian calon mitra Anda. Kebanyakan orang akan senang dengan penghasilan tambahan tanpa harus terikat dengan instansi tertentu. Karena hal ini dirasa lebih fleksibel, baik untuk yang sedang benar-benar membutuhkan lapangan pekerjaan maupun untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan atau pegawai negeri sipil sekalipun yang bersedia melakukan pekerjaan sampingan.

Selain kebutuhan tambahan penghasilan, isu tentang kesehatan pun nyatanya cukup jitu untuk menarik perhatian. Apalagi, gaya hidup sehat sedang menjadi prioritas di kalangan masyarakat, utamanya dimasyarakat kota yang modern ya. Rasanya, semahal apapun produk yang ditawarkan, jika bermanfaat untuk kesehatan atau baik untuk bumi, banyak diminati.

 

Interest

Interest atau ketertarikan, ini adalah proses kelanjutan dalam rangkaian AIDA ya. Setelah membuat calon mitra “menoleh” ke Anda, maka tugas Anda selanjutnya adalah membuatnya tertarik. Beberapa poin penting lanjutan perlu Anda sertakan. Misal, pekerjaan yang dapat mendongkrak penghasilan dengan tak terbatas, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, juga tak membutuhkan modal besar. Dan juga dapat dilakukan lewat gawai (HP) pribadi.

Contoh lain, untuk produk kesehatan misalkan. Selain bermanfaat untuknkesehatan, rasanya juga enak. Apalagi, jika Anda sudah tahu, segmen mana yang akan anda tuju. Ibu-ibu muda yang ingin selalu tampak cantik dan langsing, sambil menambah pundi-pundi uang jajan, misal. Sedangkan untuk segmen yang lebih luas, bisa dengan sedikit menyelipkan manfaat bahan-bahan yang terkandung didalamnya. Produk konsumsi alami (organik) dan produk berbahan aman sedang hits saat ini.

 

Desire

Desire disini dapat diartikan dengan hasrat  ingin mengkonsumsi, menggunakan, atau membeli. Hasrat ini dapat dimunculkan hanya dengan kekuatan kata-kata, lho. Namun, perlu diingat, meskipun demikian, jangan sampai telalu ‘lebay’ dalam mempromosikan produk Anda, ya. Perkuat pernyataan Anda dengan menggunakan USP. Yaitu Ultimate advantage, sensational offer, dan Powerfull promise).

  • Ultimate advantage adalah keuntungan dalam jangka panjang yang dapat diperoleh oleh calon mitra. Ini sangat penting. Karena, ini dapat menjadi pertimbangan dalam memilih suatu produk. Apalagi jika produk yang Anda tawarkan memilik banyak kesamaan dengan produk-produk serupa diluar sana. Setidaknya, sampai Anda bisa mengatakan, “bisa dicek ditoko sebelah”.
  • Sensational Offer adalah penawaran yang menggiurkan. Coba tebak, apa saja yang paling disukai oleh konsumen? Ya, apalagi jika bukan diskon dan bonus. Kedua hal tersebut bisa menjadi istimewa jika diberi batasan waktu. Jadi, bisa Anda katakan ,”diskon 10% untuk 10 orang pertama yang bergabung jadi member hari saja, lho”.
  • Powerfull Promise adalah janji yang meyakinkan. Takda janji yang lebih meyakinkan calon mitra kecuali garansi. Jadi, pastikan bahwa produk Anda benar-benar berkualitas dan memberikan manfaat. Jika produk anda sudah dikenal di skala nasional apalagi internasional,tentu akan lebih mudah lagi, ya. Selain berkualitas, juga akan lebih mudah dipasarkan. Ini penting, lho. Karena ada banyak calon mitra yang dihantui kata “merekrut member”.

 

Action

Adalah tindakan. Ini merupakan closing yang diharapkan. Saatnya melesatkan peluru yang tepat sasaran, ya. Dalam tindakan ini, waktunya Anda membuat calon mitra mau ikut bergabung atau minimal mencoba produk yang Anda tawarkan. Gunakan keistimewaan Anda sebagai anggota atau member produk MLM untuk memberikan diskon. Atau, berikan promo tertentu pada produk-produk terbaik Anda. Beri nomor kontak Anda, situs jejaring sosial pribadi yang Anda miliki, juga komunitas produk yang menaungi Anda.

Merekrut member baru dengan AIDA menjadi lebih mudah dan terarah. Dengan metode ini proses presentasi akan lebih on the poin. Kekuatan terbesarnya ada pada menumbuhkan hasrat ingin membeli dan tindakan ya. Terutama garansi produk. Produk yang bergaransi akan lebih meyakinkan. Di bidang marketing, garansi merupakan marketing tools, dimana fungsi utamanya selain menjamin kualitas suatu produk, membangun kepercayaan konsumen, juga menarik minat beli konsumen.

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Rekrut Member Baru dengan AIDA"