bisnis joybiz

Mengenali Legalitas MLM Dan Undang Undang Terkait

Banyaknya berita belakangan ini mengenai penipuan berkedok bisnis MLM sangatlah meresahkan banyak orang. Semakin maraknya bisnis MLM juga dibarengi dengan banyaknya penipuan yang terjadi. Untuk itu sebelum melakukan bisnis MLM. Anda harus memahami legalitas MLM dan undang undang terkait dengan bisnis tersebut. Sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengetahui dan memahami undang-undang juga akan bermanfaat seandainya terjadi sesuatu seperti penipuan terhadap anda bisa langsung melaporkannya ke pihak yang berwajib. Nah dibawah ini penjelasan mengenai bisnis MLM, legalitas MLM dan undang undang terkait bisnis MLM.

Ciri-Ciri Bisnis MLM Yang Sudah Legal

Dengan adanya banyak ancaman penipuan terhadap bisnis MLM. Maka dari itu anda perlu mengetahui ciri bisnis MLM yang sudah legal atau sudah diakui keberadaannya. Hal ini tentunya sangatlah penting agar anda tidak mudah percaya dengan adanya iming-iming keuntungan yang besar. Nah di bawah ini adalah ciri-ciri bisnis MLM yang sudah legal.

1. Sudah Menjadi Atau Terdaftar Dalam Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI)

Asosiasi ini hanya ada satu komunitas resmi di indonesia. dan telah diakui oleh federasi penjualan langsung internasional. Salah satu bisnis MLM legal jika sudah menjadi anggotanya. Di dalam APLI juga ada peraturan bahwa MLM yang baik dan sehat jika sudah berdiri selama lebih dari lima tahun.

2. Sudah Mengantongi Ijin Usaha Dari Pemerintah

Hal tersebut ditandai dengan adanya surat ijin usaha dan perdagangan (SIUP). Jika perusahaan sudah mengantongi ijin dari pemerintah artinya bisnis tersebut sudah dalam pantauan pemerintah dan pastinya sudah sejalur dengan peraturan yang dibuat pemerintah. Tentunya bisnis tersebut akan meminimalisir kemungkinan penipuan.

3. Sudah Mengantongi Surat Ijin Usaha Dan Perdagangan Langsung

Surat ijin Usaha dan Perdagangan langsung (SIUPL) merupakan surat ijin khusus untuk usaha penjualan langsung seperti MLM tersebut. Hal ini juga sudah diatur di dalam APLI dan peraturan menteri perdagangan RI. Nah di bawah ini adalah penjelasan legalitas MLM dan undang undang terkait yang mengaturnya.

Peraturan Perundang-Undangan Mengenai Legalitas Bisnis MLM

Legalitas MLM dan undang undang terkait yang mengaturnya di Indonesia tidak diatur langsung melalui UUD 1945. Melainkan diatur oleh peraturan menteri perdagangan. Diantaranya sebagai berikut

1. Peraturan Mengenai Surat Ijin Usaha Dan Perdagangan (SIUP)

a. Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 13/M-DAG/PER/2006.

Yaitu peraturan tentang lembaga atau seseorang yang wajib atau berwenang mengeluarkan SIUPL. Dan yang berwenang dalam peraturan tersebut dicantumkan yaitu kepala direktur jenderal perdagangan dalam negeri. Terdapat pada pasal 6 yang berlaku selama 5 tahun.

b. Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 32/M_DAG/PER/10/2009  Yang Berubah Menjadi Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No.47/M_DAG/PER/9/2009

peraturan ini mengatur tentang kewenangan direktur birus dan PP untuk mengeluarkan SIUPL. hal tersebut diatur dalam pasal 10. tentunya bukan sembarang orang atau lembaga yang dapat mengeluarkan SIUPL tersebut.

c. Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 55/ M_DAG/PER/10/2009

Dalam pasal 2 dijelaskan kewenangan kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) untuk penerbitan SIUPL.  selain dirjen perdagangan dan direktur birus dan PP. yang berwenang untuk mengeluarkan surat ijin tersebut yaitu  kepala BKPM yang sudah dijelaskan dalam peraturan diatas.

2. Peraturan Mengenai Surat Ijin Usaha Dan Perdagangan Langsung (SIUPL)

a. Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 36/M-DAG/PER/9/2007

Yakni pada pasal 7 mengenai masa berlaku SIUP yaitu selama 5 tahun. Dan pada pasal 7 yang mengatur wewenang penerbitan SIUP yaitu  kepala pemerintah daerah yang berada di bidang perdagangan.

b. Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 40/M-DAG/PER/9//2009.

Yakni pada pasal 5 yang mengatur tentang larangan penyalah gunaan SIUP untuk melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan ketentuan SIUP, melakukan usaha dengan menawarkan janji-janji yang tidak layak kepada masyarakat, dan menghimpun dana masyarakat, dan usaha yang telah diatur oleh undang-undang sendiri.

Di atas adalah penjelasan mengenai legalitas MLM dan undang undang terkait yang mengatur tentang legalitas MLM. Hal tersebut sangatlah penting sebagai bahan pertimbangan anda sebelum menerima tawaran bisnis MLM. Jangan asal ikut-ikutan hanya dengan iming-iming keuntungan dan janji-janji yang ditawarkan tetapi tidak wajar. Anda harus mempertimbangkan hal-hal diatas.

Joybiz Indonesia
No Response

Leave a reply "Mengenali Legalitas MLM Dan Undang Undang Terkait"