bisnis joybiz

6 Tips Sukses Membangun Usaha MLM Bagi Pemula

Berbicara mengenai bisnis, MLM menjadi salah satu rekomendasi yang patut dipertimbangkan. Pasalnya, jika kamu berhasil menjalankannya, keuntungan yang didapatkan bakalan lebih besar jumlahnya. Apalagi bisnis bisa relatif mudah dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja.

Sayangnya, seiring berkembangnya isu posisif terkait bisnis MLM, ada juga stigma negatif yang muncul dari masyarakat bahwa bisnis MLM merupakan bisnis penipuan yang terselubung. Sebenarnya, bagaimana bisnis MLM berlangsung? Biar tidak termakan oleh isu negatif yang kini beredar, pahami alur bisnis MLM beserta tips sukses usaha melalui MLM berikut ini.

Tentang MLM dan Tips Sukses Usaha Melalui MLM

Multi Level Marketing atau yang lebih sering disebut MLM merupakan salah satu bisnis penjualan yang berjenjang. Artinya, tiap member dituntut untuk mencari anggota lain sambil melakukan penjualan. Apabila produknya berhasil terjual begitupula sales yang direkrutnya, maka kamu akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk dan kompensasi atas produk penjualan sales rekrutanmu. Lalu, apakah perusahaan akan mendapatkan keuntungan? Tentu. Perlu kamu tahu, dalam sebuah perusahaan, biaya paling besar dikeluarkan untuk iklan. Nah, pada bisnis MLM, dana iklan tersebut dialihkan untuk dibagi-bagi pada pelaku usaha. Yuk, simak tips sukses usaha melalui MLM berikut ini!

Pelajari MLM yang Akan Diikuti

Tak dipungkiri jika bisnis MLM dilakukan oleh banyak perusahaan. Jadi, kamu harus pandai-pandai dalam menentukan perusahaan mana yang layak dijadikan tempat usaha dan tidak memiliki ske piramida atau money game. Apalagi perusahaan yang tiba-tiba menutup usahanya lalu menghilang.

Supaya tidak menjadi korban MLM abal-abal, ikuti tips sukses usaha melalui MLM yang pertama yaitu pelajari profil perusahaan MLM yang akan kamu ikuti. Perusahaan MLM yang telah berdiri selama puluhan tahun hanya mematok biaya pendaftaran beberapa ratus ribu saja.

Kemudian, pahami harga produk yang akan dijual. Apabila harganya lebih mahal dari pada produk sejenis di pasaran, kamu patut waspada. Jika kamu menemukan perusahaan MLM semacam itu, lebih baik lakuka penolakan halus dan cari perusahaan lain yang lebih bonafit.

Pilih Perusaahaan MLM yang Menjual Produk Favoritmu

Teknik bisnis MLM tentu akan lebih menyenangkan jika kamu menyukai produk yang jual bukan? Itulah tips sukses usaha melalui MLM yang kedua. Sebagai peminat produk tertentu, kamu akan lebih tahu manfaat dan kegunaannya. Jika demikian, akan lebih mudah untuk melakukan marketing pada orang lain. Apalagi jika produk tersebut benar-benar memberi manfaat kesehatan atau kecantikan. Orang lain tidak akan ragu untuk membeli produkmu.

Cek Legalitas Dari Perusahaan MLM Yang Akan Diikuti Pada APLI

APLI atau Asosiasi Penjualan Langsung merupakan salah satu asosiasi yang menjadi wadah penjualan Multi Level dan Single Level. Perusahaan yang telah bergabung pada APLI, sudah pasti mempunya legalitas kuatdan SIUPL. Nah, tips sukses usaha melalui MLM yang ketiga adalah lakukan pengecekan perusahaan yang akan kamu ikuti pada APLI. Perlu kamu tahu, perusahaan MLM yang berdiri harus memilki SIUPL. Jika perusahaan tersebut tidak memiliki Surat Ijin Untuk Penjualan Langsung atau SIUPL maka sudah pasti tidak legal. Jadi,  lebih baik carilah perusahana lain yang lebih aman dan terjamin.

Pertimbangkan Kompensasi Yang Perusahaan Berikan

Selain kredibilitas perusahaan, tips sukses usaha melalui MLM selanjutnya yaitu pertimbangkan kompensasi yang bakal perusahaan berikan. Apalagi jika kamu jago dalam teknik marketing dan rekrut anggota. Apabila kompensasi yang diberikan kecil, lebih bangun usahamu sendiri bukan? Kompensasi yang besar akan menjadi senjata untuk merekrut anggota baru. Jadi, banyak member baru akan tertarik, dan keuntungan yang didapat akan berlipat.

Tentukan Target Pasar

Tips sukses usaha melalui MLM akan kamu raih jika target pasar kamu tentukan dengan baik. Pelajari tentang detail produk yang akan kamu jual mulai dari manfaat, kelebihan, dan kekurangannya. Misalnya saja, produk kecantikan krim anti penuaan. Maka, target pasar yang kamu tuju jelas kaum wanita berusia 30 sampai 40an. Hal ini karena wanita tersebut rentan akan kerutan diwajah dan perlu perawatan untuk menyamarkannya. Salah satunya dengan produk krim anti penuaan yang kamu jual.

Mulai Rekrut Anggota Baru

Jika sudah mahir dalam teknik marketing dan penjualan produk, tips sukses usaha melalui MLM selanjutnya yaitu rekrut anggota baru. Hal ini penting untuk mendapatkan kompensasi tambahan apabila member hasil rekrutanmu berhasil menjual produknya. Biar tidak membuat member baru tersebut kecewa, ungkapkan alur menjadi pelaku usaha MLM ini sebenar-benarnya. Terakhir, biarkan dia menentukan untuk bergabung atau tidak. Toh, jika memang tertarik sudah pasti akan langsung bergabung.

Nah, itulah 6 tips sukses usaha melalui MLM bagi pemula yang patut kamu pelajari. Yuk mulai bergabung dapat dapatkan keuntungan berlipat!

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "6 Tips Sukses Membangun Usaha MLM Bagi Pemula"