bisnis joybiz

Tips Merekrut Member Tanpa Paksaan

No comment 133 views

Adakah tips merekrut member anti gagal?

Mungkin inilah pertanyaan wajib bagi setiap agen MLM pemula. tugas merekrut member bisa menjadi momok bagi sebagian Agen MLM. Kok bisa, sih? Iya, karena dalam perjalanan melakukan prospek bukanlah hal yang remeh. Tak hanya butuh kerja keras dan keuletan, tapi juga mental baja. Saat terjadi penolakan, agen MLM pantang ‘ngambek’ dan merajuk. Karena dari lima target, minimal 2 atau 3 kemungkinan di tolak.

Bisnis MLM sungguh tak dapat dipandang sebelah mata. Sebagai bisnis penjualan secara langsung, bisnis ini bisa memberikan income yang terbatas. Pada prinsipnya, siapa yang giat bekerja, dia yang akan berhasil memperoleh hasil maksimal.

Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Untuk merekrut member baru dibutuhkan kerja keras, itu betul. Selain itu juga dibutuhkan kerja cerdas. Apakah itu? Kerja cerdas yakni diawali dengan pendataan. Pertama, Anda lakukan pendataan, siapa-siapa saja yang akan Anda prospek. Target ini dapat Anda peroleh dari orang  terdekat disekitar Anda atau rekomendasi dari seseorang. Sebelum melakukan prospek, kenali dulu apa kebutuhannya. Sehingga Anda tau betul apa yang akan Anda tawarkan. Apakah produknya atau komisi nya atau karirnya?

 

Agen MLM Ramah dan Sabar

Untuk merekrut member, seorang agen distributor bisnis jaringan tak boleh grusa-grusu, atau asal tembak. Pelan-pelan saja lah. Hal paling utama dari diri Anda yang perlu disiapkan adalah keramahan. Wajah ramah dan murah senyum pasti disukai oleh calon mitra. Kemudian, jangan lupa untuk tampil sopan dan menarik. Untuk menghargai orang lain, harus diawali dengan menghargai diri sendiri dulu, bukan?

Sabar, sikap ini juga harus dimiliki oleh agen MLM. Anda tak perlu menekan calon mitra untuk bersedia bergabung.  terutama bila terjadi penolakan dalam melakukan perekrutan anggota baru. Tak ada yang salah kok, dengan penolakan. Toh Anda tak kehilangan apapun, kan? M

Sabar juga dibutuhkan saat bertemu dengan calon mitra yang ‘rewel’. Biasanya, calon mitra seperti ini lebih banyak menolak penjelasan dan membandingkan dengan produk multi level marketing dari perusahaan lain.  jika begitu, apa yang harus Anda lakukan? Jangan pernah menjelek-jelekkan produk MLM dari perusahaan lain.

Tidak Mendominasi

Anda boleh memegang peranan saat melakukan presentasi, tapi  jangan sampai Anda mendominasi. Ingat, kepuasan konsumen adalah yang utama. Untuk itu, Anda harus menjaga suasana agar tetap nyaman, ya. Sebagian orang tak suka terlalu banyak mendengar. Sehingga, akan lebih baik jika proses prospecting dilakukan secara ringan, seperti obrolan. Tapi tetap obrolan persuasif. Selain menjelaskan tentang produk, anda juga bisa berbagi kisah atau pengalaman probadi Anda dalam menggunakan produk tersebut. Apalagi jika Anda memiliki foto-foto pribadi dengan menggunakan produk itu, atau foto-foto  konsumen atau anggota lain dari produk tersebut, pasti akan lebih meyakinkan calon mitra Anda.

 

Informasi Jelas dan Ringkas

Untuk menarik minat orang lain agar mau bersedia masuk dan bergabung dalam jaringan multi level marketing yang Anda naungi, lakukan presentasi dengan jelas. Meskipun demikian jangan terlalu bertele-tele ya, takutnya, calon mitra Anda akan bosan. Atau, karena terlalu banyak kata, poin-poin pentingnya malah terlewati. Sayang sekali, kan.

Hal-hal yang perlu disampaikan saat presentasi adalah:

#Tentang profil perusahaan

Hal ini Sangat penting untuk disampaikan. Beberapa orang mungkin belum mengenal perusahaan yang menaungi Anda. Maka, dalam presentasi, perlu diawali dengan memperkenalkan perusahaan.  Tentang perijinan, alamat, dan sejak kapan perusahaan itu berdiri. Hal ini untuk lebih meyakinkan calon mitra Anda.

#Produk

Jika produk multi level marketing yang anda tawarkan memiliki aneka ragam jenis, maka ada baiknya Anda terangkan secara garis besar.  Karena, selera dan kebutuhan tiap orang kan berbeda-beda. Presentasi tentang informasi produk dapat mencakup bahan-bahan pembuatan, harga, penggunaan, dan lain sebagainya.

#Sistem dan aturan yang berlaku

Tiap perusahaan multi level marketing atau dengan nama lain disebut dengan bisnis jaringan, memiliki sistem dan aturan yang berbeda-beda. Di satu perusahaan dikenakan biaya pendaftaran member, namun tidak untuk perusahaan lain. Atau, untuk memperoleh komisi, tiap perusahaan pun memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

#Tujuan dan visi misi perusahaan

Pada dasarnya, bisnis multi level marketing memiliki tujuan yang lebih dari sekedar jual beli barang dan jasa. Keberlangsungan perputaran produk sejatinya mendukung kesejahteraan anggota dan jaringannya. Itulah tujuan yang sesungguhnya. Yakni pencapaian kesejahteraan tiap anggotanya.

Lovable And Friendly

Lovable atau menyenangkan dan friendly atau bersahabat, adalah dua dari sekian banyak kriteria agen distributor MLM yang disukai. Seseoarang dengan pribadi yang menyenangkan akan mudah masuk kedalam hati tiap orang. Meskipun tak semua orang yang terambil hatinya akan bersedia bergabung, akan tetapi peluang untuk merekrut member dengan pribadi yang menyenangkan itu, lebih besar. Percaya atau tidak, ada sebagian orang mau membeli suatu produk, bukan karena produknya tapi karena yang menawarkannya.

Terakhir, tips untuk merekrut member MLM tanpa paksaan yakni agen yang mampu memperluas jaringan. Orang yang bersahabat dapat dengan mudah masuk ke berbagai kalangan. Sehingga akan lebih mudah memperoleh banyak teman. Semakin banyak teman, maka semakin besar pula peluang untuk memperluas jaringan.

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Tips Merekrut Member Tanpa Paksaan"