8 Cara Smart Membangun Usaha MLM Secara Online

Salah satu bisnis yang sampai dewasa ini menjadi buah bibir masyarakat bahkan menarik perhatian banyak orang, salah satunya bisnis MLM. Multi Level Marketing atau MLM menyajikan beragam produk yang banyak ditawarkan kepada pelanggan maupun pengelola bisnis ini. Jenis bisnis ini memiliki skema kerja yang bisa dilakukan oleh siapapun, karena relatif mudah sehingga bisa diterima hampir seluruh kalangan.

Dalam kondisi, situasi, kapanpun dan dimanapun dapat dijalankan dengan mudah. Bahkan keuntungan relatif besar yang ditawarkan bisnis ini menjadikan banyak orang semakin tertarik untuk menekuninya.

Yuk Kenali Apa Itu Produk MLM

Merupakan bisnis dengan mekanisme penjualan langsung berjenjang. Keuntungan akan diperoleh pelaku usaha yang telah terlibat secara langsung. Keuntungan ini diperoleh dari perusahaan dalam bentuk kompensasi atas penjualan produk, serta kompensasi terhadap penjualan marketing lain yang telah direkrut.

Misalnya seseorang sebagai penjual produk, kemudian produk tersebut dibeli oleh orang lain, maka ia mendapatkan keuntungan dan kompensasi langsung dari perusahaan. Akan mendapatkan keuntungan lagi jika si pembeli menjual kembali barang tersebut kepada orang lain.

Mekanisme dalam bisnis MLM berupa keuntungan yang diberikan langsung oleh suatu perusahaan dalam setiap produk yang dibeli ataupun dijual. Baik penjual maupun pemberi informasi, juga akan memperoleh keuntungan yang sama. Bahkan jika seseorang menyebarkan informasi kepada orang lain agar membeli produk tersebut, maka keuntungan juga akan semakin bertambah.

Cara mudah bisnis MLM Yang Bisa Diterapkan oleh siapa saja

Pada dasarnya apapun jenisnya, jika diawali dengan ketekunan serta keseriusan, maka peluangnya akan terbuka lebar. Jika sudah memiliki tekad yang bulat untuk terjun ke  dunia bisnis MLM, simaklah beberapa cara berikut:

1. Pelajari MLM Dengan Seksama

Sebagai pemula dalam mengawali bisnis ini, pastikan terlebih dahulu dalam memilih perusahaan MLM. Pelajari secara teliti apakah perusahaan tersebut menjalankan bisnis dengan skema piramida atau dalam istilah lain money game. Tidak sedikit perusahaan yang berwajah MLM dengan penawaran bonus berlipat serta akses penjualan mudah namun pada akhirnya berujung penutupan perusahaan.

Bahkan secara tiba-tiba tidak diketahui keberadaannya. Maka pilihlah perusahaan yang bertahan selama puluhan tahun hingga saat ini, biasanya hanya mematok biaya pendaftaran relatif murah. Pasalnya biaya pendaftaran dimulai dari puluhan hingga ratusan ribu saja. Waspada pula dengan penawaran produk yang memberikan biaya keanggotaan mahal. Bahkan produk yang dipasarkannya pun harganya jauh lebih mahal dibandingkan pada umumnya.

2. Pilih Perusahaan Dengan Produk Yang Disukai

Beragam produk ditawarkan dari perusahaan yang mengusung bisnis MLM. Akan lebih menyenangkan jika memilih perusahaan yang menyediakan penjualan produk yang disukai. Daripada menjual produk yang kita sendiri tidak mengenalinya.

Lebih-lebih jika mempertimbangkan dari segi kemanfaatan ataupun kegunaan menggunakan produk tersebut, baik produk kesehatan maupun kecantikan. Karena konsumen cenderung mencari produk yang kaya akanmanfaat.

3. Legalitas Perusahaan

Pada tahap ini sangat penting dilakukan, sebab perusahaan bisnis yang berdiri harus terdaftar dalam APLI (Asosiasi Penjualan Langsung). Jika perusahaan tersebut memang benar-benar resmi, ia akan tergabung dalam APLI dan memiliki legalitas yang dapat dibuktikan. Selain itu, dikatakan perusaaan resmi jika ia juga memiliki SIUPL, karena syarat mendirikan perusahaan baik multi level ataupun single level harus memilikinya.

Terdaftar secara resmi SIUPL ini akan tertera pada label produk yang akan dipasarkan. Adanya izin tersebut, maka sudah tentu produk yang dibawa perusahaan tersebut legal untuk diperjualbelikan kepada konsumen.

4. Pertimbangkan Kompensasi

Jumlah kompensasi yang bakal ditawarkan sangat penting menjadi perhatian. Pasalnya semakin banyak total yang bisa diperoleh tentu dapat memicu semangat dan semakin berjuang menjalankan bisnis ini. Pastikan jumlah yang diberikan tersebut sesuai dengan harga jual suatu produk yang diberikan perusahaan. Lebih dari itu, jumlah kompensasi juga dapat digunakan sebagai senjata utama dalam mencari dan merekrut member baru.

5. Tentukan Target

Dalam memasarkan produk tentu perlu diperhatikan jenis pasar yang akan dituju. Hal ini merupakan salah satu cara jitu bisnis MLM dengan keuntungan yang menjanjikan. Pastikan untuk menentukan pasar dalam menjual produk yang akan diperdagangkan. Misalnya produk yang dibawa adalah produk kecantikan, sudah pasti bahwa pasarnya adalah para wanita. Lebih spesifik misalnya produk penuaan dini, tentu yang menjadi sasaran pasar adalah wanita dengan rentang usia 30 sampai 40 tahun.

6. Lakukan Perekrutan Anggota

Setelah mendapatkan pasar yang tepat untuk produk yang bakal diperjualbelikan, selanjutnya adalah dengan melakukan perekrutan anggota. Stigma positif dalam skema bisnis ini tergantung dari banyaknya anggota yang di rekrut, semakin banyak jaringan yang diperluas. Alhasil profit dan kompensasi akan lebih banyak yang diterima. Dalam melakukan perekrutan anggota, pastikan untuk berkata jujur dan menjelaskan apa adanya produk dan mekanisme bisnis tersebut.  Agar tidak ada rasa menyesal atau kesalahpahaman dikemudian hari.

7. Hindari Untuk Melibatkan Saudara, Keluarga Maupun Teman

Secara umum setelah bergabung menjadi anggota dalam perusahaan MLM. Anda diminta agar merekomendasikan sejumlah sekian orang yang telah dikenal. Pastikan untuk tidak melibatkan keluarga, teman maupun saudara, faktanya banyak pelaku bisnis yang sukses dari member yang tidak mereka kenal. Namun tidak salah jika ingin menawarkan produk kepada saudra, bukan sebuah masalah yang besar. Akan tetapi jangan memaksakan kehendak jika mereka memberi penolakan.

8. Menjadi Mentor

Semakin banyak member yang direkrut, berbanding lurus dengan keuntungan yang diperoleh. Akan tetapi jangan berfokus sampai disitu saja, jadilah mentor terbaik untuk member yang telah berperan aktif dalam mencapai target penjualan. Lakukan pembinaan dan bimbingan secara berkala, pastikan untuk membuka sesi tanya jawab agar seluruh member dapat menerima dan memahaminya. Pembinaan ini dilakukan agar para member dapat merekrut anggotanya sendiri, alhasil keuntungan dan profit yang diperolehnya juga semakin bertambah. Hasil yang diperoleh kemudian juga menjadikannya naik ke level yang lebih tinggi lagi.

9. Membuat Jaringan Seluas-luasnya

Mendapatkan profit dan kompensasi yang tidak sedikit juga berbanding lurus dengan usaha yang kita lakukan. Karena memang jenis bisnis ini mengharuskan merekrut member sebanyak-banyaknya, maka lakukanlah jariangan seluas-luasnya. Agar lebih semangat tentukan target jumlah orang baru yang ditemui dalam setiap harinya. Lebih-lebih jika menggunakan daya tarik dengan gaya kreatif yang selalu berbeda, tambahkan bumbu-bumbu manfaat selama mempromosikan produk yang dibawa. Ahasil akan menjadikan nilai tambah dan keuntungan sendiri bagi produk yang diperjualbelikan.

10. Manfaatkan Teknologi

Seuruh promosi lakukanlah dengan cara memafaatkan dunia virtual. Bahkan dalam merekrut member akan semakin dimudahkan, terlebih jika mencari orang baru, tantu bukanlah hal yang sulit. Perkembangan bisnis memang akan semakin mudah jika mampu membuat jaringan seluas-luasnya, memanfaatkan teknologi merupakan cara yang tepat. Pemasaran dapat dilakukan melalui media sosial yang dimiliki, mulai dari Facebook, whatsAap, instagram dan beberapa media sosial lain.

Sebenarnya untuk memulai bisnis bukanlah sesuatu yang ribet, hal terpenting adalah konsisten dalam menjalankannya. Bisnis multi level marketing (MLM) memang didesain untuk merekrut member sebanyak-sebanyaknya. Hal ini juga berbanding lurus dengan keuntungan yang diperolehnya. Selain itu cara tersebut sangat mudah diaplikasikan oleh siapapun. Oleh sebab itu jangan takut gagal dan teruslah mencoba.

 

 

author
No Response

Leave a reply "8 Cara Smart Membangun Usaha MLM Secara Online"