bisnis joybiz

Waspada! Inilah Ciri-Ciri Money Game Yang Berkedok MLM

Saat ini kita banyak menemui bisnis-bisnis yang mengklaim dapat menghasilkan uang secara instan. Tentunya bisnis-bisnis tersebut sangat menggoda dari segi pendapatan dan cara mendapatkannya. Misalnya seperti money game yang hadir dengan daya pikat menggiurkan. Money game adalah kegiatan pengumpulan uang atau kegiatan untuk menggandakan uang.

Pada pengaplikasian sistem money game,  pemberian bonus atau komisi diambil dari penambahan atau perekrutan anggota dan bukan dari hasil penjualan produk. Penjualan produk hanyalah bentuk kamuflase dari money game. Bisnis money game ini menjanjikan untung yang besar tanpa banyak usaha, namun menjadikan beberapa kelompok melakukan penipuan berkedok investasi.

Saat ini, banyak bisnis money game yang berkamuflase serupa bisnis Multi Level Marketing (MLM). banyak masyarakat yang akhirnya merasa tertipu setelah mengikuti usaha money game yang berkedok MLM ini. Dibawah ini merupakan ciri-ciri money game yang berkedok MLM yang patut anda ketahui agar anda tidak tertipu.

Money game sendiri makin sulit dibedakan apakah hal ini bersifat penipuan atau tidak. Banyak dari masyarakat yang mengira bahwa money game dengan MLM adalah sama. padahal secara sistem dan pengaplikasiannya sangat berbeda. Untuk membedakannya, berikut adalah ciri-ciri money game yang berkedok MLM.

1. Uang Pendaftaran Yang Besar

Salah satu ciri-ciri money game yang berkedok MLM adalah uang pendaftaran yang besar. Pada money game, anda akan diminta untuk membayar uang yang jumlahnya cukup besar untuk bergabung. Sebaliknya, biaya pendaftaran MLM biasanya kecil. Jika memang biaya pendaftaran tersebut memang besar, anda harus mencermati kira-kira apa saja yang bisa Anda dapatkan. Ada beberapa MLM yang memberikan Anda produk contoh untuk digunakan dalam menjual barang, sehingga cukup masuk akal jika biaya pendaftaran tersebut lebih mahal.

2. Lebih Fokus Dalam Investasi Dana Bukan Menjual Barang

Seringkali dalam bisnis money game, Anda hanya perlu menginvestasikan sejumlah dana dengan iming-iming return (penghasilan) yang cukup besar. Tetapi, Anda harus terus merekrut orang-orang baru (downline). Biasanya produk-produk yang dijual sebagai kamuflase bisnis money game adalah produk yang sulit untuk dijual dan tidak bermutu. Produk yang dijual oleh MLM biasanya lebih bermutu dan mendapat izin BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan sertifikasi lainnya. Contoh perusahaan yang memiliki sertifikasi tersebut misalnya Oriflame (Swedia), dan Amway (Amerika Serikat).

3. Tidak Tergabung Dalam Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Dan World Federation of Direct Selling Associations (WFDSA)

Bisnis MLM seharusnya memiliki Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) dan izin edar produk dari BPOM, Depkes dan sebagainya. Sebelum bergabung dengan bisnis apapun, ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu kredibilitas dari bisnis tersebut. Sebelum Anda bergabung menjadi salah satu anggota, Anda dapat mengenali bisnis yang akan Anda ikuti di situs APLI. Anda dapat mengecek apakah bisnis tersebut melalui situs daftar resmi yang dikeluarkan oleh asosiasi yang bersifat resmi. Jika memang bisnis tersebut memang MLM terpercaya dan bukan sekedar money game, biasanya Anda bisa mencari tahu latar belakangnya melalui situs tersebut.

4. Lebih Fokus Dalam Perekrutan Member

Ciri-ciri money game yang berkedok MLM lainnya adalah pendapatan utama berasal karena perekrutan orang bukan dari hasil penjualan barang. Selain itu, money game lebih menekankan kepada perekrutan member baru. Berbeda dengan MLM yang fee dan bonus yang didapat sesuai dengan kerja keras anggotanya dalam menjual produk. Pada money game semakin banyak downline, semakin tinggi juga keuntungan yang didapatkan. Dalam prakteknya, pendiri bisnis money game tidak akan mengakui bisnisnya adalah money game dan akan menyebutnya sebagai MLM karena MLM akan lebih menarik banyak nasabah.

5. Tidak Melalui Proses Pelatihan

Pada money game, Anda tidak melalui proses pelatihan. Anda hanya diberi berbagai motivasi untuk menjadi member yang loyal. Sedangkan pada bisnis MLM, akan ada beberapa seminar motivasi yang harus anda ikuti supaya Anda lebih bersemangat dalam berjualan. Anda juga akan diberikan pelatihan untuk meningkatkan skill Anda dalam memasarkan produk.

Berikut adalah ciri-ciri money game berkedok bisnis MLM yang dapat membantu anda untuk mewaspadai hal tersebut. Intinya, jangan mudah tergiur oleh bisnis menggiurkan apalagi jika ditawarkan di internet. Selalu waspada dan laporlah jika Anda menemukan sesuatu hal yang janggal dalam bisnis yang Anda jalani.

Joybiz Indonesia
No Response

Leave a reply "Waspada! Inilah Ciri-Ciri Money Game Yang Berkedok MLM"