bisnis joybiz

Legalitas Bisnis MLM yang Wajib Anda Ketahui, Cek Disini

Anda tentu sering melihat atau mendapatkan info menarik terkait bisnis MLM menggiurkan dengan hasil yang tidak main-main bukan? Terkadang memang sangat menggiurkan hingga tidak dapat menahan diri untuk tidak ikut bergabung. Bisnis MLM memang masih berkembang cukup subur di Indonesia saat ini, meskipun sempat tercoreng beberapa waktu lalu karena model investasi abal-abal yang setipe MLM kemudian membuat bisnis model ini meredup, namun di tahun 2019 ini, bisnis mlm kembali dapat diperhitungkan.

Nah bagi Anda yang baru akan bergabung dengan model bisnis MLM ini, ada baiknya untuk berhati-hati dan dengan perhitungan yang matang karena tidak sedikit memang bisnis MLM abal-abal yang berbahaya. Sebenarnya ada cara mudah untuk mengetahui mana bisnis MLM penipu yang sudah pernah kita bahas disini. Namun ada hal yang lebih penting lagi jika anda ingin lebih yakin sebelum bergabung, yakni dengan mengetahui bagaimana legalitas bisnis MLM. Nah pengetahuan tentang legalitas bisnis MLM ini terbilang cukup penting untuk kita ketahui di awal. Lalu apa saja sih legalitas bisnis MLM yang perlu kita ketahui?

Pertama, pastikan bisnis yang akan anda join ini sudah tergabung ke dalam APLI atau Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia

APLI merupakan wadah bagi para pebisnis dan sudah tergabung dan diakui oleh Departemen perdagangan kita. Untuk menjadi APLI sebuah perusahaan atau usaha harus dapat melengkapi persyaratan tertentu which is akan sulit dipenuhi oleh MLM abal-abal atau investasi bodong lainnya. Oleh karenanya, salah satu cara untuk mengetahui status legal selain dari SIUPL yang nanti akan kita bahas adalah, bisnis MLM tersebut sudah tergabung kah dengan APLI?

Kedua, apakah bisnis MLM tersebut sudah memiliki SIUPL?

Bagi anda yang belum mengetahui, SIUPL merupakan Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung yang dikeluarakan Pemerintah Republik Indonesia yang menjadi penanda bahwa usaha tersebut secara legal sudah diakui dan diperbolehkan “menjual” produk atau produk jasa yang dimiliki. Dan SIUPL ini memiliki masa berlaku, yakni selama 5 tahun. Jika bisnis MLM yang akan anda join belum memiliki SIUPL, anda perlu berpikir dua kali untuk tetap join dalam bisnis tersebut karena akan riskan dan berpotensi terjadinya penggelapan atau hal-hal lain yang tidak anda inginkan.

Kemudian selain kedua hal di atas, ada beberapa peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang bisnis MLM di Indonesia yang tercantum seperti dalam Permen berikut ini:

1. Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 13/M-DAG/PER/2006

Dalam Permen Perdagangan No. 13/M-DAG/PER/2006 ini, sebuah lembaga atau perseorangan wajib mengeluarkan SIUPL. Dalam hal ini, Kepala direktur jenderal perdagangan dalam negeri lah atau pihak lain yang berwenang lah yang wajib mengeluarkan SIUPL.

2. Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 55/M-DAG/PER/10/2009

Dalam peraturan Menteri Perdagangan ini dapat anda lihat mengenai kewenangan penerbitan SIUPL berpindah kepada Kepala BKPM atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

3. Peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal No. 5 Tahun 2013

Disini anda dapat mengetahui bagaimana ketentuan, tata cara dan pedoman Perizinan terkait penanaman modal, yang terbagi menjadi dua yakni SIUPL sementara dan SIUPL tetap.

4. Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 46/M-DAG/PER/2009

Pertaruan Menteri ini mengatur tentang larangan SIUP untuk melakukan kegiatan usaha seperti di bawah ini:

  • Usaha perdanganan yang tidak sesuai dengan kelembagaan atau kegiatan usaha sebagaimana tercantum di dalam SIUP.
  • Usaha yang mengaku kegiatan perdagangan, untuk menghimpun dana dari masyarakat dengan menawarkan janji keuntungan yang tidak wajar atau money game.
  • Usaha perdagangan lainnya yang sudah diatur dalam ketentuan perundang-undangan tersendiri.

Nah itu tadi beberapa legalitas bisnis yang wajib anda ketahui sebelum memutuskan untuk bergabung. Tidak dapat disangkal memang terkadang dengan iming-iming hasil keuntungan yang berkali lipat membuat kita seringkali khilaf dan tergoda untuk bergabung tanpa pertimbangan yang matang. Namun, setelah membaca artikel ini at least kita menjadi sedikit memiliki pengetahuan tentang hal apa saja yang perlu menjadi pertimbangan sebelum memutuskan bergabung. Selalu diingat bahwa waspada itu perlu. Semoga artikel ini dapat membantu!

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Legalitas Bisnis MLM yang Wajib Anda Ketahui, Cek Disini"