Strategi Promosi Bisnis MLM Lewat Instagram

Instagram, siapa yang tidak mengenal aplikasi ini? Hampir sebagian besar penduduk bumi menggunakan aplikasi ini. Bahkan ada banyak orang yang tidak bisa terlepas dari membuka aplikasi ini. Pada awalnya Instagram hanya digunakan oleh pemakainya sebagai media sharing moment berupa gambar, foto, dan vidio saja.

Namun seiring berjalannya waktu dan banyaknya fitur-fitur baru di Instagram, banyak orang-orang yang memanfaatkan aplikasi ini untuk berjualan secara online atau lebih dikenal dengan istilah online shop, online shop digunakan dari berbagai kalangan contohnya mulai dari kelas pemula hingga brand-brand ternama. Tak jarang saat membuka akun Instagram kita banyak menjumpai dalam postingan terdapat komentar-komentar yang berisi penawaran-penawaran dari metode hard selling hingga soft selling.

Berbicara bisnis MLM, tak jarang kita menjumpai distributor MLM yang menawarkan produk-produknya lewat Instagram. Sejak Instagram dibeli pihak facebook, Mark Zuckerberg pun segera menambahkan fitur Ads pada aplikasi ini, dengan adanya fitur Instagram Ads diharapkan pengguna bisa beriklan via Instagram layaknya beriklan di Facebook Ads.

Berikut ini merupakan strategi bisnis MLM lewat akun Instagram yang dilansir dari laman web iklanmlm.com, mari simak selengkapanya:

1. Kenali Target Pemasaran Anda

Produk MLM umumnya bervariasi, ada produk kecantikan, kesehatan hingga alat perlengkapan rumah tangga. Sebagai distributor MLM, Anda tentu harus mengetahui siapa saja target pasar Anda saat berpromosi.

Contohnya: Jika Anda menjual salah satu produk kecantikan, maka carilah konsumen yang ingin melakukan perawatan untuk kulitnya. Biasanya produk kecantikan ini sangat diminati oleh kaum hawa. Jadi, kenali lebih dulu target sasaran pemasaran produk Anda sebelum melakukan promosi.

2. Buat Konsumen Penasaran

Apabila Anda telah memperoleh cara tepat untuk menemukan prospek berdasarkan pada target market, maka triknya Anda jangan langsung menawarkan kepada mereka produk X, produk Y, dan sebagainya. Pada dasarnya tidak setiap orang suka ketika disodorkan produk-produk jualan, mereka lebih suka untuk membeli. Maka dari itu sebaiknya Anda harus mencari tahu lebih dulu kebutuhan prospek, setelah itu Anda bisa menciptakan rasa penasaran.

3. Menjual di Instagram Menggunakan #Hastag

Ketika Anda memposting iklan mengenai produk jualan Anda, sebaiknya pada caption postingan tersebut disertakan tanda hastag (#) sesuai dengan produk yang Anda posting. Contohnya jika Anda menjual produk penghilang jerawat, maka saat Anda mempostingnya di Instagram maka sertakan tanda hastag tentang jerawat. Seperti misalnya #penghilangjerawat #obatjerawat #obatjerawatampuh #jerawat, dan lain sebagainya.

Ketika Anda menggunakan hastag pada postingan Anda, maka pemasaran produk Anda akan lebih spesifik untuk mereka-mereka yang mengalami masalah jerawat.

4. Jadilah Sales Person Berkualitas

Saat Anda mencari menggunakan hastag, maka Anda bisa memberikan komentar ataupun mengirimkan pesan pada target sasaran Anda. Ingat! Anda jangan langsung berkomentar maupun berkirim pesan seperti spammer yang mempromosikan produk secara langsung. Hal itu hanya akan membuat Anda menjadi tak berkualitas dan terkesan menyampah saja.

Sebaiknya Anda ciptakan rasa penasaran, seperti Anda mengirimkan sebuah pesan kepada target. Contohnya “Hai, perkenalkan nama saya Lilly. Saya melihat postingan Anda, sepertinya Anda sedang mengalami masalah jerawat. Sebagai informasi, kemarin beberapa teman memberikan testimoni jika jerawatnya sekarang sudah jauh berkurang setelah menggunakan produk yang saya rekomendasikan.”

Dengan Anda mengirim pesan seperti itu besar kemungkinan si penerima akan penasaran dan mulai bertanya-tanya mengenai produk Anda.

5. Jangan Lupa Pemilihan Gambar dan Kualitasnya

Instagram memiliki kekuatan menarik penggunanya pada konten visual yang dishare. Ada banyak foto dan vidio yang menarik karena memiliki kualitas gambar yang tinggi sehingga bisa mendapatkan interaksi lebih besar. Terbukti, terdapat ratusan hingga ribuan komentar dan like membanjiri beberapa postingan yang dishare di akun Instagram. Dalam memasarkan produk MLM lewat Instagram Anda harus selalu konsisten menjaga followers akun Instagram yang Anda kelola dengan cara tetap aktif dalam mengambil perhatian follower yang baru dengan cara men-share foto, vidio maupun gambar tentang produk bisnis MLM yang Anda jalankan setiap harinya.

Tambahkan juga keterangan efektif pada caption postingan sebab pengguna yang merasa tertarik dengan quote dan postingan (foto,vidio, ataupun gambar) Anda cenderung ikut memberikan komentar bahkan dapat juga membagikannya pada teman-temannya, dengan strategi seperti itu maka dapat meningkatkan visibilitas profil akun Instagram bisnis MLM Anda. Jangan lupa untuk rajin mengupdate produk Anda secara konsisten, tentunya akan banyak pengguna atau followers yang melihat produk yang Anda promosikan. Kemungkinan produk MLM Anda dapat dilihat dan bahkan diterima oleh sebagian followers lebih besar.

Itulah tadi beberapa strategi dalam mempromosikan produk MLM lewat aplikasi Instagram, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda dan bermanfaat untuk semuanya. Sekian dan terimakasih.

author
No Response

Leave a reply "Strategi Promosi Bisnis MLM Lewat Instagram"