Sebagian Orang Gagal Dalam Membangun Bisnis MLM karena Hal Ini

Multi Level Marketing (MLM) merupakan bisnis yang memiliki perbedaan penghasilan yang tinggi, dalam suatu perusahaan MLM ada sebagian orang yang sangat sukses dan memiliki penghasilan yang besar, ada sebagian lain yang berpenghasilan menengah, namun tidak sedikit juga ada yang gagal bahkan tidak berhasil sama sekali dalam menjual produk MLM tersebut.

Setelah Anda menyelaminya, maka Anda sadar bahwa bisnis MLM ini ternyata bukanlah bisnis yang mudah untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan. Ketika Anda memutuskan untuk menjalani bisnis MLM ini maka Anda perlu banyak persiapan yang matang sebelum memulai dan Anda juga harus memiliki komitmen serta akan berusaha keras saat menjalankannya. Pemahaman mengenai sulitnya dalam melewati masa-masa kritis di dunia bisnis MLM itu sangat jarang dipahami oleh para pebisnis MLM pemula. Kebanyakan dari mereka mengira bahwa bisnis MLM sangat mudah untuk mencapai kesuksesan dan mendapatkan keuntungan yang banyak. Ini merupakan pemikiran yang salah, karena apapun bisnisnya semua butuh proses dan perjuangan.

Terkadang dengan iming-iming keuntungan yang besar dan memililiki mindset seperti itu, tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk bergabung dan pada awal bergabung mereka masih bersemangat, namun lambat laun tak sedikit dari mereka yang mulai tidak aktif sebagai member MLM karena merasa lelah dan kecewa setelah mengalami kegagalan demi kegagalan. Kegagalan yang terjadi saat berbisnis MLM ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor kesalahan.

Dilansir dari kumpulantipsmlm.blogspot.com, penyebab kegagalan yang terjadi saat menjalankan bisnis MLM dikarenakan:

1. Pemilihan Produk MLM

Produk yang susah untuk dipasarkan menjadi salah satu faktor penyebab utama orang gagal dalam berbisnis MLM. Hal ini biasanya dikarenakan tingkat kebutuhan dan permintaan masyarakat akan produk tersebut masih sangat rendah. Jadi sebaiknya pastikan Anda memilih perusahaan MLM dengan produk yang dibutuhkan dan banyak diminati masyarakat.

2. Keterpaksaan Saat Bergabung di Perusahaan MLM

Banyak anggota MLM yang mengajak orang-orang baik itu dari orang terdekat hingga orang lain untuk join dengan bisnis MLM yang sedang dijalaninya. Apabila mereka join MLM dengan kemauan dan kesadaran sendiri, mengerti akan detail bisnisnya dan siap untuk menjalankan bisnisnya dengan penuh tanggungjawab, hal itu bagus-bagus saja. Namun bila mereka join MLM karena keterpaksaan dan hanya sekedar ingin menghargai dan menyenangkan si pengajak maka dapat dipastikan hasilnya tidak akan maksimal.

3. Sulit Untuk Mengembangkan Jaringan

Dalam dunia bisnis Multi Level Marketing memang menuntut membernya untuk melakukan TUPO (tutup poin) dalam periode tertentu, selain itu para member juga dituntut untuk dapat mengembangkan jaringan dengan merekrut member baru. Fungsi dari tutup poin ini adalah supaya bonus yang diterima dari perusahaan MLM bisa keluar. Sedangkan fungsi untuk mengembangkan jaringan adalah supaya potensi pendapatan member bisa semakin meningkat. Apabila Anda rajin melakukan tupo, namun disisi lain jaringan tidak berkembang, maka bonus/komisi yang akan Anda dapatkan tetap dan tidak akan pernah meningkat.

4. Orientasi pada hasil dan melupakan prosesnya

Seringnya orang-orang terjebak pada iming-iming perhitungan bonus/komisi yang bakal mereka terima saat mendengar presentasi dari member MLM. Penyampaian rencana sukses oleh leader/upline ini sebenarnya sudah benar, karena sebagai calon member Anda mempunyai hak untuk mendapatkan informasi jelas dan rinci. Akan tetapi, Anda juga harus paham bahwa untuk mendapatkan bonus/komisi dibutuhkan proses dan kerja keras yang harus dilalui.

5. Tidak fokus

Dalam berbisnis MLM jika Anda ingin mencapai hasil yang maksimal di bisnis maka Anda harus fokus. Bila Anda join di bisnis MLM ini dengan alasan iseng, coba-coba, kemungkinan besar keberhasilan Anda tipis. Apalagi bila Anda menjalankan beragam jenis bisnis dalam satu waktu.

6. Tidak konsisten

Pada awalnya saat masa di awal-awal bergabung dengan bisnis MLM, sebagian member baru memiliki semangatnya 45 yang membara. Namun seringnya lambat laun setelah di tengah perjalanan karir MLM ada kendala seperti bonus/komisi yang tidak meningkat dan sulit untuk mengembangkan jaringan, hal inilah yang akhirnya membuat member MLM tersebut mundur teratur dari jaringan. Untuk menjadi sukses dan berhasil dalam menjalankan bisnis MLM, sebaiknya Anda perlu memiliki niat dan sikap konsisten dari awal.

Demikianlah tadi penyebab dari kegagalan-kegagalan yang terjadi saat berbisnis Multi Level Marketing, sebaiknya Anda mulai memikirkan bagaimana cara supaya sukses menjadi agen MLM. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk menemukan solusi dari kegagalan Anda. Sekian dan terimakasih.

author
No Response

Leave a reply "Sebagian Orang Gagal Dalam Membangun Bisnis MLM karena Hal Ini"