bisnis joybiz

Kisah Sukses Bisnis MLM Yang Menginspirasi

sukses berbisnis mlm

Istilah MLM tentu merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi kita. Berbagai kabar tentang MLM sudah banyak kita dengar. Tapi sebenarnya apa itu MLM? Multi Level Marketing atau yang dikenal dengan MLM adalah sebuah bisnis yang berfokus pada pemasaran bertingkat.

Di dalam bisnis ini fokus terbesar pada perekrutan anggota untuk bergabung dengan MLM yang diikuti. Tenaga yang melakukan perekrutan disebut dengan leader atau sering disebut upline. Sedangkan tenaga yang direkrut disebut dengan anggota atau downline.

Setiap pihak yang menjadi anggota dari jaringan pemasaran tersebut memiliki kesempatan untuk memperoleh bonus. Bonus yang diberikan bervariasi, tetapi biasanya bonus lebih banyak akan diberikan pada leader yang memiliki tingkatan tertinggi.

Faktor lain yang dilihat selain tingkatan adalah jumlah anggota yang berhasil direkrut oleh leader tersebut. Tapi bagaimana sejarah bisnis MLM di dunia? Lalu adakah orang-orang yang memiliki kisah sukses bisnis MLM? Jawabannya sudah kami siapkan untuk Anda.

Asal Muasal Bisnis MLM

Ada banyak perdebatan yang menyertai sejarah bisnis MLM. Namun, beberapa pihak meyakini bisnis ini dimulai tahun 1930-an California Parfum Company mulai menjual produknya yang diberi nama “Avon Products”. Salah seorang pegawai perusahaan kemudian mulai melakukan penjualan langsung ke rumah konsumen. Pegawai ini yang kemudian dijadikan pelopor direct selling.

Kemudian metode ini dilanjutkan pada tahun 1940-an oleh California Vitamin Company. Pada saat itu California Vitamin Company yang merubah nama menjadi NatureLite Food memberikan modifikasi pada sistem tersebut.

Modifikasi yang diberikan adalah dengan memberikan bonus pada distributor yang sukses mendapatkan dan melatih anggota baru untuk menjualkan produk perusahaannya. Sistem penjualan tersebut kemudian mengalami perkembangan pesat karena setiap distributor berusaha untuk terus merekrut anggota.

Pada akhirnya metode ini berlanjut hingga tahun 1960-an dimana mulai lahir istilah Multi Level Marketing atau MLM. Istilah ini lahir dari dua buah perusahaan yaitu perusahaan Shaklee dan Amway. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, bisnis ini mulai masuk pada tahu 1980-an. Bisnis MLM terus berkembang pesat hingga saat ini berbagai varian bisnis MLM ada di Indonesia.

Mereka Yang Berbagi Kisah Sukses Bisnis MLM

Sebenarnya ada banyak pihak yang meraih kesuksesan dari bisnis MLM namun tak jarang kisah mereka jarang kita temukan. Untuk itu berikut ini kisah sukses bisnis MLM beberapa pebisnis yang menginspirasi.

1. Meuthia Rizki

Kisah sukses bisnis MLM yang pertama dibuka oleh seorang top leader dari bisnis MLM Oriflame, Ibu Meuthia Rizki. Kisah suksesnya berawal dari ujian ketika suaminya di-PHK. Setelah mendapat kabar tersebut, bu Meuthia tidak tinggal diam. Namun mulai bangkit dari keterpurukan dengan memasuki dunia MLM. Produk yang dipilihnya waktu itu adalah Oriflame. Ada berbagai hal yang dialaminya ketika menekuni bisnis ini. Hingga akhirnya pada 2004 beliau meraih posisi director. Setelah itu, pada tahun 2011 beliau merangkak naik menjadi executive director dengan penghasilan sampai dengan 100 juta rupiah. Beliau juga menjadi orang pertama yang mendapat mobil BMW pada tahun yang sama. Keberhasilan beliau ini bukan tanpa proses, namun didapat setelah 12 tahun menekuni dunia MLM.

2. Chandra Putra Negara

Permulaan perkenalan Bapak Chandra Putra Negara berawal dari salah seorang murid privatnya. Dari sana beliau mulai berkenalan dengan seorang CSD KK Indonesia. Pertemuan tersebut memberi kesan mendalam pada beliau. Sehingga lahirlah sebuah tekad untuk dapat mencapai posisi sukses yang sesungguhnya, posisi Diamond. Namun sayang, pada saat itu perusahaan MLMnya hanya berusia sebentar karena masalah internal dan terkena krisis 1998. Akhirnya beliau memutuskan untuk melanjutkan bisnis di KK. Dari sanalah karirnya berkibar hingga kini menjadi salah satu pejuang MLM yang sukses meraih mimpinya.

3. Roy Manik

Bapak Roy Manik merupakan seorang Top Leader dari Platinum Group. Melalui usahanya tersebut beliau sekarang dapat memiliki berbagai macam mobil mewah hingga rumah dan apartemen. Semua yang di dapat sekarang bukan tanpa perjuangan. Pak Roy mengawali bisnis ini dari presentasi seorang teman yang memberi tahu beliau tentang produk propolis dari Melia Nature Indonesia. Berawal dari tak enak hati karena temannya tersebut sudah jauh-jauh datang menemuinya, akhirnya beliau membeli produk tersebut.

Tujuan awalnya adalah untuk mengobati anaknya yang sedang sakit. Kemudian manfaat produk itu dirasakan beliau dan keluarga. Hingga akhirnya beliau mulai menawarkan produk tersebut pada rekan-rekannya. Sayangnya hal ini tidak semudah yang beliau pikirkan. Sampai akhirnya setelah melalui berbagai macam ujian akhirnya beliau sedikit demi sedikit dapat memperoleh keuntungan dari bisnis ini.

Pilihan untuk memilih bisnis ada di tangan Anda. Salah satu bisnis yang bisa Anda geluti dengan modal minim adalah bisnis MLM. Ada banyak kisah sukses yang menyertai bisnis ini. Beberapa diantaranya adalah yang telah diceritakan di atas. Tapi perlu diingat bahwa semua didapat dengan menggunakan usaha dan kerja keras untuk meraih kesuksesan. Jangan sampai jika kita hanya menginginkan kesuksesan tanpa melakukan usaha maksimal seperti orang-orang sukses tersebut.

Kisah diatas adalah hanya sebagian kecil saja, masih banyak banget leader leader MLM yang meraih income ratusan juta per bulan dari bisnis MLM. Percaya nggak percaya demikianlah kenyataannya.

Namun dibalik kisah sukses tersebut terdapat ribuan orang yang bernasib tidak secemerlang kisah diatas, dan ternyata setelah kami teliti ada beberapa penyebab utama mengapa bisa gagal total menjalankan bisnis MLM

Asumsi MLM adalah Bisnis Mudah dan Cepat Kaya tanpa kerja keras

Banyak orang masuk  ke dunia MLM tanpa bekal apapun, bahkan istilah istilah MLM saja tidak paham sama sekali. Banyak asumsi hanya modal ringan income jutaan, join dan tunggu diharapkan bisa dapat income atau ngajak orang dengan cara yang salah akhirnya tidak dapat dapat downline dan nyerah

MLM sebetulnya tidak beda jauh dengan model bisnis yang lain, sebelum terjun tentu perlu bekal dan dasar dasar pemahaman konsep bisnis yang harus di pahami, cuman masalahnya MLM itu tidak ada sekolahnya, semua serba belajar sendiri bisa membaca, sharing, atau terjun langsung / belajar dari pengalaman

Tidak Punya Mentor / Asal nyemplung saja

Untuk mempercepat bisnis apapun anda perlu seorang pendamping / mentor / guru tempat belajar agar anda bisa dapat jalan lebih cepat untuk sukses. Untuk belajar MLM anda harus cari teman atau leader yang baik dan mau sharing atau membimbing anda agar cara belajar anda lebih terarah.

Jika anda suka cara online maka anda bisa dekati leader leader dari Online, apabila anda lebih suka offline maka dekati leader leader offline tentu sekaligus join salah satu bisnis MLM yang menurut anda paling OK

Mudah Menyerah dan Tidak sabar menjalani proses

MLM itu bukan bisnis mudah, jadi untuk sukses di bisnis ini perlu FOKUS dan memiliki KOMITMEN tinggi untuk belajar dan sabar menjalani proses sampai akhirnya pecah telor closing satu demi satu dan tentu tugas anda mengajari downline anda tersebut

Salah Pilih Company MLM

Proses pemilihan company ini sangatlah penting, karena jika salah maka bisa jadi team anda sudah bagus tapi companynya terus tutup atau ada masalah produk atau bahkan masalah bonus yang terpending atau belum di bayarkan

Hal lain dalam proses pemilihan company nya yang paling utama adalah aspek legal yang harus dimiliki company sepert SIUPL, APLI atau legalitas produk seperti BPOM

Untuk sukses di bisnis MLM itu kuncinya hanya ACTION - EVALUASI - PERBAIKI - ACTION itu saja, jangan pernah berhenti karena kesuksesan itu terkadang tidak instant. Terkadang promo hari ini baru join bulan depan karena nunggu gajian dll itu semua perlu kesabaran

Kesuksesan dibisnis MLM tergantung dari anda sendiri, kesiapan anda untuk sukses dan kemauan anda untuk sukses!

 

 

 

Joybiz Indonesia
No Response

Leave a reply "Kisah Sukses Bisnis MLM Yang Menginspirasi"