bisnis joybiz

Tips Untuk Membangun Dan Mempertahankan Bisnis MLM

MLM, siapa si yang tidak tahu tentang bisnis ini? Bisnis Multi Level Marketing (MLM) ini kian menjamur di Indonesia. Banyak kita jumpai terutama di sosial media distributor MLM yang mempromosikan produk-produknya. Itu artinya berbisnis MLM merupakan salah satu peluang bisnis yang dapat dibilang populer di kalangan masyarakat luas. Bisnis ini banyak menarik perhatian masyarakat karena bagi seorang penjual hal ini cukup mudah untuk dijalankan, dengan modal yang kecil namun apabila bisa menarik banyak konsumen maka dapat dipastikan akan mendapatkan keuntungan besar.

Bisnis yang bermodal sedikit tapi bisa membuahkan keuntungan yang besar ini bisa dijalankan oleh berbagai kalangan, namun lebih cocok jika dijalankan seorang mahasiswa dan ibu-ibu rumah tangga, karena lebih punya waktu luang ini selain itu bisnis ini dapat menghasilkan pendapatan untuk mereka.

Untuk memulai dan membangun bisnis MLM ini sebenarnya mudah, lebih sulit untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnisnya. Sebagai pebisnis baru, pastinya Anda akan tergoda dengan keuntungan atau bonus besar yang bisa didapatkan dalam waktu singkat. Inilah salah satu faktor yang mempengaruhi dalam mempertahankan sebuah bisnis MLM.

Tak sedikit pebisnis baru terhipnotis dan merasa dengan kondisi modal yang ada dianggap masih cukup untuk mengembangkan bisnis dan mereka mengerahkan semua modal yang mereka punya. Ini akan berakibat buruk apabila bisnis MLM yang digadang-gadang malah jadi tidak berkembang, sementara modal sudah habis. Dapat dipastikan akhir dari bisnis MLM tadi.

Maka dari itu di bawah ini ada beberapa tips yang dilansir dari laman web jurnal.id untuk Anda yang sedang membangun bisnis MLM dan ingin mempertahankannya.

1. Pisahkan Keuangan Bisnis & Pribadi

Banyak sekali pebisnis pemula (newbie) yang mengesampingkan bahkan tak terpikirkan mengenai masalah ini. Tak sedikit dari mereka yang menganggap bahwa keuangan bisnis sama dengan keuangan pribadi. Padahal, perlu Anda ketahui dengan mencampur keuangan bisnis dan keuangan pribadi hanya bisa membuat mereka sulit untuk mengetahui jumlah angka pasti mengenai pemasukan ataupun pengeluaran bisnis.

Jadi, apabila Anda ingin bisnis MLM dapat bertahan dan berkembang, cobalah mulai dari sekarang untuk memisahkan antara keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Dengan begitu, Anda akan mengetahui pemasukan dan pengeluaran bisnis dan semua transaksi bisnis akan lebih rapi serta mudah terdeteksi.

2. Lebih Efisien dalam Pengeluaran Bisnis

Efisien yang dimaksud di sini bukanlah Anda harus pelit ataupun irit, tapi sebagai seorang pebisnis Anda haruslah mampu mengendalikan dan menahan diri serta memilah-memilih antara pengeluaran yang perlu dan tidak perlu. Anda juga harus memisahkan antara keinginan dan kebutuhan bisnis MLM Anda. Setelah itu, cobalah Anda hitung secara benar-benar berapa pengeluaran biaya tetap dan tidak tetap yang dibutuhkan dalam bisnis MLM.

3. Buat Anggaran atau Rencana Keuangan

Ini merupakan tips penting yang harus Anda ikuti, membuat anggaran atau rencana keuangan ini penting terutama apabila Anda ingin mempertahankan bisnis. Ketika sedang membuat anggaran keuangan, cobalah untuk mengutamakan pengeluaran tetap Anda. Apabila uang kas bisnis Anda masih mencukupi, Anda baru dapat menggunakan uang kas itu untuk biaya tidak tetap, contohnya membeli komputer/laptop baru, membeli mobil untuk dinas, dan lain sebagainya.

Anda bisa memanfaatkan Jurnal, software akuntansi online untuk membuat anggaran atau budgeting keuangan bisnis MLM Anda. Selain untuk membuat anggaran bisnis, Anda juga bisa memantau arus keuangan dengan lebih mudah, akurat dan cepat.

4. Perhatikan Sumber Daya Manusia

Karyawan atau dalam hal ini bisa disebut dengan anggota MLM adalah salah satu aset perusahaan yang penting dan tidak bisa diabaikan. Apabila ingin bisnis MLM Anda berjalan dan berkembang dengan baik, sebaiknya Anda coba untuk memerhatikan mereka. Jikalau mereka mempunyai kinerja yang baik, sebaiknya Anda beri penghargaan seperti bonus atau komisi. Dengan begitu, diharapkan mereka akan bekerja lebih giat dan lebih loyal terhadap perusahaan bisnis MLM Anda, tentunya dengan begitu bisnis MLM Anda bisa berkembang.

5. Bayar & Tagih Tepat Waktu

Salah satu faktor yang cukup mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis adalah utang dan piutang, dapat dikatakan ini merupakan faktor penting. Ketika bisnis MLM Anda sedang mengalami keuntungan yang berlipat-lipat maka jangan terlena karena bisa saja sewaktu-waktu bisnis itu akan mengalami kegagalan jika Anda mengabaikan utang-piutang.

Sebaiknya Anda mulai dari sekarang untuk rutin dalam pembayaran tagihan, baik itu mulai dari asuransi, pinjaman, listrik, pajak, dan sebagainya. Selain itu, cobalah untuk membuat daftar tagihan dan secara rutin melakukan penagihan terhadap piutang yang telah Anda berikan ke pelanggan.

6. Konsultasi dengan Ahlinya

Apabila Anda masih pemula dalam menjalankan bisnis MLM ini, Anda dapat melakukan konsultasi dan diskusi mengenai bisnis MLM kepada ahlinya. Anda bisa datang ke seminar bisnis, forum bisnis maupun bertanya langsung kepada leader atau pebisnis lain yang sudah lebih dulu berkecimpung daam dunia bisnis MLM.

Demikianlah tadi beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk membangun dan mempertahankan bisnis MLM Anda. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Tips Untuk Membangun Dan Mempertahankan Bisnis MLM"