bisnis joybiz

Supaya Sukses, Kenali Dulu Kriteria Bisnis MLM Yang Baik Dan Sehat

Memang benar, bisnis MLM bisa dengan mudah dan cepat mendatangkan pundi-pundi rupiah kepada para pelakunya. Tapi jika Anda salah bergabung dengan perusahaan MLM abal-abal, maka potensi mengalami kerugian juga terbilang cukup besar.

Jika diperhatikan, bisnis Multi Level Marketing semacam ini jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan model bisnis konvensional. Sebab produk yang dipasarkan akan langsung sampai ke konsumen tanpa harus memalui jaringan distribusi yang panjang.

Model bisnis semacam ini lebih mengedepankan efisiensi jalur pemasaran yang panjang. Makanya biaya distribusi dari pabrik ke konsumen bisa ditekan lalu dibagi dengan distributor secara adil.

Meskipun bisa dikatakan salah satu konsep bisnis yang cukup menarik di era modern seperti sekarang ini, tapi bisnis MLM masih menemui pro dan kontra dikalangan masyarakat.

Hal ini dikeranakn banyak perusahaan yang berkedaok MLM yang sebenarnya menerapkan konsep Money Game dan arisan berantai. Konsep bisnis semacam ini umumnya tanpa ada produk yang ditawarkan. Jika ada rata-rata produknya kurang berkualitas.

Selain itu, umumnya yang bergabung terlebih dahulu selalu bisa mendapatkan keuntungan besar. Sehingga nantinya yang bergabung belakangan umumnya akan mengalami kerugian. Model MLM seperti inilah yang kemudian banyak menimbulkan korban.

 

Ciri-ciri Bisnis Multi Level Marketing Yang Baik Dan Sehat

Dibutuhakn kecermatan sebelum menjadi anggota MLM. Agar supaya Anda tidak menjadi korban, kenali dulu ciri-cirinya.

 

#Ada produk atau jasa untuk dijual

Jika Anda ingin ikut bergabung dengan model bisnis semacam ini, pastikan bahwa produk atau jasa yang dijual merupakan produk yang berkualitas serta bisa dipertanggungjawabkan.

Model MLM yang tidak sehat atau money game rata-rata yang diutamakan adalah sistem MLM-nya. Produk tidak menjadi prioritas utamanya. Bahkan parahnya ada yang tidak jelas produknya. Selain itu, yang diutamakan adalah perekrutan anggota baru dan tidak harus menjual produknya.

 

#Upline membantu downline untuk berkembang

Dalam sebuah bisnis model MLM yang baik dan sehat, rata-rata para upline akan selalu aktif baik dalam hal perekrutan member baru dan juga dalam hal penjualan produk.

Upline yang baik tidak hanya memikirkan keuntungannya saja, tapi dirinya juga akan selalu memberikan arahan, bantuan, pembinaan, kepada para downline-nya. Bahkan para upline akan membantu sebisanya agar supaya downline bisa cepat naik level.

Sebab kerika upline kurang begitu aktif serta hanya mengandalkan downline saja untuk mengembangkan jaringan atau dalam hal penjualan produk, bisa dipastikan bukan MLM yang baik.

 

#Memiliki sistem yang adil untuk semua member

Bisnis model MLM yang baik akan selalu memberikan keuntungan untuk semua member yang mau bekerja keras. Jadi tidak peduli apakah bergabungnya lebih awal atau belakangan.

Kebanyakan MLM yang tidak sehat menerapkan sistem anggota yang terlebih dahulu bergabung bisa lebih sukses jika dibandingkan dengan anggota yang bergabungnya belakangan. Makanya, yang bergabung belakangan akan sulit untuk cepat sukses.

 

#Harga produk masuk akal

Selain terjamin kualitasnya, harga produk yang dijual wajar dan sesuai dengan kualitas produknya. Jadi nantinya penghasilan member tidak berasal dari produk yang dijual berkali-kali lipat tapi murni dari jumlah pembeli barang yang banyak lantaran konsumen puas terhadap mutu produk tersebut.

Ketika sebuah MLM menjual produknya dengan harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran, maka sudah bisa dipastikan jika MLM yang dikembangkan tidak sehat sebab rentan sekali mengalami kebangkrutan.

 

#Memiliki badan hukum yang jelas

Disarankan untuk bergabung dengan perusahaan MLM yang sudah berbentuk Perseroan Terbatas (PT), terdapat SIUPL, dan NPWP. Maka dari itu, perusahaan MLM tersebut haruslah memiliki badan hukum yang jelas.

 

#Memiliki support sistem yang baik

Dikatakan baik jika perusahaan MLM tersebut memiliki support sistem yang baik serta mudah diakses oleh para anggotanya sehingga bisa memudahkan para anggotanya untuk mengoptimalkan kegiatannya.

 

Tips Memulai Bisnis Multi Level Marketing

Bagi Anda yang ada niatan untuk menjadi member MLM, berapa tips berikut ini bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

 

#Memiliki SIUPL (Surat Izin Usaha Penjualan Langsung)

Masih banyak yang belum tahu jika perusahaan MLM wajib memiliki SIUPL. Selain itu, SIUPL tersebut harus tertempel pada produk yang ingin dijual. Sebab jika tidak ada SIUPL-nya maka penjualan produk tersebut bisa dipastikan ilegal.

 

#Memiliki Produk

Bisnis MLM harus memiliki sebuah produk. Nantinya ketika tidak memiliki produk maka perlu dipertanyakan mengenai penerbitan SIUPL untuk produk yang dijual. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan terburu-buru ikut menjal produk MLM yang seperti ini.

 

#Berhitung Keuntungan Perusahaan

Umumnya produk MLM lebih mahal jika dibandingkan dengan produk sejenisnya. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk mencoba memperhitungkan dari mana keuntungan dari perusahaan MLM tersebut. Nantinya apabila perusahaan tersebut berhenti melakukan perekrutan member, bisakah bisa bertahan?

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk ikut bergabung di bisnis ini. Jangan sampai bisnis MLM yang Anda jalani justru menyengsarakan Anda dikemudian hari.

 

 

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Supaya Sukses, Kenali Dulu Kriteria Bisnis MLM Yang Baik Dan Sehat"