bisnis joybiz

Tips Merekrut Member Baru dengan Efektif

cara merekrut member baru di bisnis mlm

Untuk merekut member baru pada dasarnya sih tidak terlalu susah ya. Terlebih, jaman sekarang ada banyak sekali media yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Untuk membuat seseorang tertarik menggunakan produk tertentu diperlukan adanya sosialisasi tentang seluk beluk produknya. Tak kenal maka tak sayang, begitulah kira-kira.

 

Demi menambah pundi-pundi komisi, upline harus terus produktif memperluas jaringan. Pembinaan pada para downline dan terus memberikan suport, menjadi bagian dari tugas utama upline. Lalu, bagaimana agar downline dapat merekrut anggota baru dengan mudah? Beberapa tips berikut ini, bisa dilakukan.

 

Melakukan prospek secara aktif

Salah satu kendala dalam menarik minat orang lain untuk mau bergabung menjadi bagian dari bisnis  jaringan adalah kurangnya pengetahuan tentang produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan MLM tersebut.  Disinilah peran aktif para agen diperlukan, yakni untuk memberikan informasi tentang produk. Para agen distributor resmi produk multilevel marketing dapat melakukan presentasi kecil-kecilan juga, lho.

 

Presentasi kecil-kecilan ini, dimaksudkan untuk sekedar memberikan sekilas info produk. Bisa diawali dengan manfaat produk nya, misal. Ini bertujuan untuk menarik rasa penasaran seseorang terhadap produk MLM yang anda bawakan. Nah, jika sudah mulai memanas, bolehlah melipir ke harga, ragam produk, baru penjelasan Peluang Bisnis MLM  kemudian tawaran menjadi member.

 

Prospek secara aktif bisa dilakukan dengan menemui langsung target yang akan Anda prospek. Sebelum melakukan pertemuan, ada baiknya Anda lakukan kualifikasi terlebih dahulu. Beberapa orang yang masuk dalam daftar target anda, perlu disaring berdasarkan kebutuhan nya. Ini lumayan lho, untuk efisiensi waktu, tenaga dan biaya transportasi. Setidaknya, pastikan bahwa target yang Anda tuju tepat sasaran.

 

Jika pertemuan langsung dengan tatap muka bisa dilakukan secara pribadi, cara lain yang lebih massal bisa Anda lakukan dalaam seminar, arisan, pertemuan ibu-ibu PKK atau perkumpulan semacamnya. Tujuannya tetap pada menyebarkan informasi tentang produk secara luas. Bahasa lainnya adalah promosi. Tak hanya sekali, lakukanlah secara rutin. Semakin banyak yang mengenal produknya tentu akan semakin baik.

 

Menemui komunitas tertentu juga baik untuk melakukan pemasaran produk. Suatu komunitas biasanya memiliki waktu dan tempat nongkrong tertentu. Agen bisa mendatangi mereka lho. Lakukan pendekatan, dan mulailah untuk melakukan pesentasi produk. Gunakan kalimat persuasif untuk mengundang rasa penasaran pembaca web pribadi Anda.

 

Selain media sosial dan website, memasang iklan gratis juga dapat dicoba lho. Anda dapat memilih media sosial yang memiliki alur pengunjung yang padat setiap harinya, seperti facebook, instagram, atau semacamnya. Jika Anda inging merasakan cara presentasi produk melalui media sosial, namun terlihat nyata, bisa juga Anda mencoba media Youtube. Buatlah video presentasi singkat. Bisa juga disertai dengan testimoni.

 

Melakukan prospek secara pasif

Jika proses prospecting secaraaktif dilakukan dengan mengunjungi atau melakukan kunjungan, maka sebaliknya prospek yang dilakukan secara pasif dilakukan dirumah, dan biarkan target yang mengunjungi Anda. Kok bisa?ya bisa. Caranya, manfaatkan teknologi.

 

Pertama, berbagi informasi melalui media sosial. Ini sangat efektif lho. Anda cukup membagi foto tentang keseharian Anda sambil selipkan sedikit keterangan produk. Jika biasanya Anda mengunggah status tentang pribadi, ini saatnya Anda mengunggah status yang berisi tentang informasi bermanfaat, tentu tetap diiringi dengan promosi produk ya.

 

Media sosial kini memiliki jumlah pengunjung ribuan bahkan jutaan setiap harinya. Melalui media ini, Anda dapat melakukan prospek secara tidak langsung kepada seluruh pengikut Anda, baik yang Anda kenal maupun tidak Anda kenal. Jangan lupa untuk menyertakan nomor kontak anda ya. Ini penting, jika sewaktu-waktu ada yang berminat, bisa langsung menghubungi Anda.

 

Selanjutnya, jika pengikut Anda sudah lebih banyak, Anda bisa membuat situs pribadi berupa blog atau website. Butlah artikel-artikel sederhana dan informatif. Jangan lupa untuk menyelipkan Produk Anda ya.

 

Memperkenalkan suatu produk merupakan suatu keharusan dalam proses jual beli. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam promosi adalah sebagai berikut:

#Membawa contoh produk dan memberikan sample

Penting lho, untuk membawa contoh barang saat melakukan presentasi atau promosi. Bagaimana orang akan tahu kualias produk yang kitawarkan, jika takmelihat atau merasakan sendiri poduknya. Jika perlu, sediakan kemasan mini untuk dijadikan sample. Memang sih, ini akan membutuhkan budget lebih, namun tak ada salahnya kan.

#Mencetak brosur yang berisi keterangan tentang produk

Waktu untuk presentasi sangat terbatas. Dengan brosur, Anda dapat menyebarkan informasi produk secara lebih detil. Brosur dapat berisi keterangan tentang ragam produk, bahan pembuatan, manfaat, harga dan jangan lupa untuk menyertakan alamat dan nomor kontak Anda ya.

 

#Mengumpulkan testimoni dari pelanggan

Berikutnya adalah testimoni dari para konsumen. Ini sangat penting sebagai bukti bahwa produk Anda memang nyata dan memiliki manfaat. Selain itu testimoni juga dapat  menambah kepercayaan calon mitra Anda.

Merekrut member tak bisa dipisahkan dengan promosi. Tujuan utama dari promosi atau presentasi adalah untuk memperkenalkan produk, agar masyarakat tahu tentang produk tersebut. Ini merupakan alur yang memang harus dilalui dalam proses perdagangan. Jika produk ini sudah banyak dikenal di masyarakat, tentu akan lebih mudah untuk menggaet konsumen. Agen distributor atau member MLM harus menggunakan cara yang paling efektif dalam memasarkan produk.

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Tips Merekrut Member Baru dengan Efektif"