bisnis joybiz

5 Konsep Dasar Membangun Bisnis MLM Yang Kokoh Dan Tahan Lama

Membangun bisnis MLM bisa dikatakan susah-susah gampang. Tergantung bagaimana Anda memanfaatkan keahlian Anda dalam berkomunikasi dan pengoptimalan peluang Anda dalam berbisnis MLM. Bisnis MLM ini cukup menjamur dewasa ini.

Apalagi dengan keuntungan MLM yang bisa bekerja dengan sistem online di internet. Meskipun dalam kondisi offline sekalipun bisa Anda lakukan. Sehingga bisnis MLM ini bisa dijadikan kerja sambilan dari kerjaan utama Anda.

Lalu apa yang dimaksud dengan MLM? MLM ini adalah kependekan dari Multi Level Marketing. Dimana MLM ini merupakan salah satu cara dalam pemasaran barang dengan sistem berantai.

Pada bagian sales (tenaga penjual), mereka akan mendapatkan untung tidak hanya dari hasil penjualan mereka. Akan tetapi akan mendapatkan hasil juga dari penjualan sales lain yang telah mereka rekrut dalam bisnis MLM ini.

Sistem MLM ini menggunakan sistem piramida, dimana akan muncul anggota yang biasa disebut up line dan downline.

Pada anggota up line  ini adalah rekrutan awal dan downline adalah rekrutan setelahnya. Up line ini harus mencari downline sebanyak yang dia bisa untuk mendapatkan penghasilan lebih. Karena sistem piramida ini akan menguntungkan up line ketika bisa mendapatkan downline yang banyak.

Lalu bagaimana untuk membangun bisnis MLM agar bisnis ini bisa kokoh dan tahan lama? Berikut adalah beberapa konsep dasar membangun bisnis MLM yang kokoh dan tahan lama:

#Masuk Dalam APLI

Salah satu cara dasar membangun bisnis ini adalah dengan memasukkan jaringan bisnis MLM Anda ke dalam APLI. Dimana APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia) ini merupakan asosiasi khusus yang memberi wadah bagi perusahaan-perusahaan MLM di Indonesia.

Untuk menjadi bagian dari APLI ini akan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan MLM. Karena secara tidak langsung, APLI ini lah yang bertanggung jawab kalau MLM tersebut baik atau buruk.

#Berbadan Hukum

Ketika sebuah perusahaan MLM sudah bisa masuk ke dalam APLI, maka konsep dasar membangun bisnis MLM yang kokoh dan tahan lama selanjutnya adalah berbadan hukum.

Untuk sebuah perusahaan yang mempunyai lingkup gerak dalam sebuah bisnis, maka perusahaan tersebut haruslah mempunyai badan hukum yang jelas seperti SIUPL

Mengingat ada beberapa kasus penipuan yang saat ini sedang marak, maka dengan penjelasan bahwa perusahaan tersebut mempunyai badan hukum bisa membuat member dan konsumen menjadi lebih tenang dan percaya.

#Produk Bervariasi dan Jaminan Mutu Bagus

Ketika sebuah perusahaan MLM bisa menawarkan variasi produk yang banyak, maka up line dari perusahaan MLM ini mempunyai peluang yang lebih besar untuk mendapatkan downline. Hal ini dikarenakan konsumen bisa memilih barang yang bervariatif,sesuai kebutuhan, dan juga bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Disamping memiliki variasi produk, perusahaan MLM juga harus mempunyai jaminan mutu yang baik dari produk-produknya. Kualitas dari suatu barang memang akan mempengaruhi hasil penjualan Anda. Bisa disimpulkan bahwa perusahaan MLM yang akan dilirik oleh banyak orang adalah hadirnya produk yang bervariasi dan mempunyai jaminan kualitas yang baik.

#Harga produk masuk akal

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan diatas, faktor harga barang yang Anda jual akan mempengaruhi lancar atau tidaknya bisnis Anda ini. Ketika barang yang dijual laku keras di pasaran, perusahaan MLM Anda akan semakin kokoh yang tidak mudah untuk menghilang dari pasaran.

Dalam hal ini, faktor harga lah yang cukup mempengaruhi. Harga produk haruslah sesuai dengan kualitas barang yang Anda jual. Sehingga harga barang harus lah masuk akal.

#Sistem kerja baik

Yang terakhir adalah sistem kerja yang baik dari perusahaan MLM Anda ini. Ibarat tubuh, bagian luar tubuh dan dalam harus lah seirama.

Sistem yang mengaturnya harus bagus agar tubuh tetap berjalan dengan baik. Begitu pula dengan perusahaan MLM ini, sistem dari pusat haruslah bagus untuk menggiring bagian bawahnya agar tetap bekerja dengan baik. Jangan sampai member bekerja melenceng dari sistem yang sudah diberikan oleh pusat.

Dunia bisnis dewasa ini memang butuh ektra tenaga, apalagi ketika Anda memulai bisnis dari nol. Dan uraian diatas itulah beberapa konsep dasar membangun bisnis MLM yang kokoh dan tahan lama yang bisa Anda terapkan.

Ini salah satu MLM terbaik di Indonesia yang sangat direkomendasikan untuk di jalani klik disini yach

 

 

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "5 Konsep Dasar Membangun Bisnis MLM Yang Kokoh Dan Tahan Lama"