bisnis joybiz

Tips Membangun Kemitraan Dengan Downline Anda

Ketika mendengar kata downline, otomatis pikiran kita langsung tertuju pada bisnis MLM (Multi Level Marketing). Pada umumnya ketika seseorang bergabung dengan bisnis MLM, orang tersebut akan menjadi downline yang akan dilatih dan dibimbing oleh seorang upline agar sukses menjalankan bisnis. Downline bukan bawahan atau anak buah, tetapi downline adalah mitra kerja atau partner yang sama-sama bekerja untuk membangun jaringan pemasaran yang sukses. Berawal dari downline bisa sukses mewujudkan harapan, cita-cita dan impian yang di idamkannya

 

Downline Bisa Sukses Mewujudkan Impian Anda

Bisnis MLM merupakan bisnis yang memanfaatkan koneksi. Banyaknya koneksi atau teman yang dimiliki dapat menadikan pelakuk bisnis MLM mempunyai lahan untuk berjualan. Jangan mudah terpengaruh isu-isu miring mengenai bisnis MLM yang berujung penipuan dan hanya menyukseskan upline. Bisnis MLM yang sehat tidak demikian, siapa yang berusaha lebih keras dia yang lebih sukses.

Sehingga downline dapat lebih sukses disbanding upline. MLM memang penjualan dengan skema bertingkat. Setiap produk yang anda jual maupun anda beli sebenarnya perusahaan sudah diperhitungkan keuntungannya untuk penjual dan untuk orang yang memberikan referensi (upline) karena mereka adalah salesnya perusahaan.

Perusahaan melakukan penjualan dengan sistem MLM bukan untuk memboroskan uang dan membagi-bagikan keuntungan begitu saja kepada penjualnya.  Penjualan dengan sistem ini dapat menghemat biaya distribusi dan biaya pemasaran atau periklanan yang mahal dalam sebuah industri perdagangan. Jadi jangan takut untuk mengikuti bisnis ini, berawal dari downline bisa sukses. Dengan syarat anda menemukan bisnis MLM yang sehat dan mempunyai izin hukum serta mempunyai sistem yang bagus.

 

1. Temukan Perusahaan MLM Yang Terdaftar Di APLI Dan Berbadan Hukum

Agar anda tidak terjebak dalam bisnis MLM yang tidak jelas, hal terpenting sebelum memutuskan bergabung dengan bisnis MLM adalah mengecek perusahaan MLM tersebut terdaftar di APLI atau tidak. Apli merupakan bada Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia. Selain itu, periksa juga perusahaan tersebut memiliki NPWP dan SIUPL atau tidak. Jika perusahaan tersebut terdaftar di APLI dan memiliki NPWP dan SIUPL, maka dipastikan anda aman untuk memakai produk maupun menjalankan bisnis tersebut.

 

2. Berawal dari Downline Bisa Sukses Dengan Sistem MLM yang Adil Bagi Semua Member

Jika dilihat sekilas, bisnis MLM akan terlihat seperti menguntungkan pihak yang bergabung lebih dulu dengan bisnis ini. Sedangkan bagi pendaftar baru terlihat kurang diuntungkan. Perusahaan MLM yang baik akan berusaha keras menguntungkan semua member yang bekerja keras menjual maupun memperkenalkan produk perusahaan. Jadi, jika ingin mendapat keuntungan yang besar baik upline maupun downline harus bekerja lebih keras. Sehingga semua akan mendapatkan keuntungan walaupun baru bergabung.

3. Pilih Perusahaan Yang Distributornya Memiliki Sistem Untuk Sukses

Anda akan terbawa cepat sukses jika distributor pada perusahaan MLM memiliki sistem keberhasilan yang baik. Perlu anda pastikan perusahaan tersebut terbukti mampu mencetak banyak orang menjadi sukses serta dapat berjalan efektif oleh berbagi jenis usia, latar belakang pekerjaan dan ekonomi bahkan bagi mereka yang tidak pernah berbisnis sama sekali. Perusahaan yang memiliki sistem yang baik biasanya ditendai dengan disediakannya alat bantu usaha, seperti buku-buku kepribadian, kaset-kaset mengenai motivasi dan teknis penjualan, dan pertemuan-pertemuan yang dapat dihadiri.

4. Berawal Dari Downline Bisa Sukses Karena Upline Membantu Untuk Berkembang

Salah satu cara melihat sistem perusahaan yang sukses adalah budaya upline yang memperlakukan para downline dalam menjalankan bisnisnya, mau membantu downline untuk terus berkembang. Jika upline tidak aktif dan hanya mengandalkan downline untuk menjual produk dan untuk mengembangkan jaringan mereka, sebaiknya anda tidak memilih perusahaan MLM tersebut. Kondisi ini akan menyusahkan anda sebagai pendaftar baru. Bisnis MLM yang baik adalah

a)      Upline Aktif Memberi Bantuan Pembinaan

Pilihlah bisnis yang upline mau dengan tulus memberi bimbingan dan mau membagikan ilmu marketingnya kepada downline mereka. Mulai dari memberi pengetahuan dan ilmu produk, cara demo, serta cara menjual yang efektif. Membagi wawasan mengenai market plane atau rencana pengembangan usaha perusahaan dan cara sponsoring.

b)      Upline Yang Siaga

Upline selalu siap jika mitra membutuhkan bantuan dalam menjalankan bisnis MLM baik dalam pelayanan penjualan produk maupun sponsoring. Siap menjadi upline yang mampu memberi contoh berbisnis dengan baik dan mampu menjaga semangat para mitra atau downline untuk menjalankan bisnis MLM.

c)      Upline Sering Mengadakan Pertemuan Rutin

Sering mengadakan pertemuan rutin dapat memantau, menjaga semangat dan meningkatkan kualitas berbisnis. Downline dapat terjaga dan meningkat semangatnya karena downline mempunyai teman-teman yang semangat dalam menjalankan usaha, mendapatkan komisi yang besar, dapat melakukan penjualan atau sponsoring dengan sukses dan downline mengerti arah dan tujuan jangka panjang dari bisnis MLM yang digelutinya.

Demikianlan penjelasan mengenai bisnis MLM berawal dari downline bisa sukses. Orang bijak mengatakan bahwa seseorang yang menggeluti suatu usaha dengan sungguh-sungguh akan menuai hasil terbaik dari usahanya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. terimakasih

 

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Tips Membangun Kemitraan Dengan Downline Anda"