bisnis joybiz

6 Cara Memilih Bisnis MLM Yang Baik

No comment 252 views

 

legalitas mlm itu penting

Dalam perkembangan dunia yang kian hari semakin modern seperti saat ini, mempengaruhi banyak sektor, salah satunya adalah sektor bisnis yang ikut tumbuh dan berkembang. Hal ini dapat dilihat dengan adanya bisnis Multi Level Marketing atau MLM yang semakin meluas.

MLM merupakan sebuah strategi pemasaran yang berantai, di mana penjual tidak hanya mendapatkan kompensasi dari hasil jualan mereka namun mereka juga mendapatkan kompensasi dari hasil penjualan orang lain yang mereka rekrut.

Fakta di lapangan menunjukkan saat ini semakin banyak bisnis MLM yang bermunculan dan ditawarkan kepada masyarakat luas. Jika anda ingin ikut bisnis satu ini, anda harus berhati-hati dalam menentukan bisnis MLM yang baik.

Apakah ada cara memilih bisnis MLM yang baik dan tidak merugikan? Simak penjelasannya berikut ini agar anda tidak salah pilih bisnis MLM.

1. Berbadan Hukum Jelas

Perusahaan MLM yang baik harus memiliki badan hukum yang jelas. Perusahaan MLM yang baik tentunya memiliki badan hukum Perseroan Terbatas atau PT dan memiliki SIUPL dan NPWP. Dengan adanya badan hukum ini, perusahaan dapat bertanggungjawab atas bisnis MLM tersebut kepada seluruh member dan konsumennya.

SIUPL adalah syarat wajib perusahaan MLM jadi harus dimiliki tidak bisa tidak. Jika MLM yang anda tekuni belum memiliki SIUPL maka hati hati karena bisa setiap saat dihentikan oleh pemerintah

Sekarang ini Pemerintah sedang berbenah terkait perusahaan MLM, karena maraknya penipuan yang menggunakan bisnis MLM

2. Pilih Bisnis MLM Yang Terdaftar Di APLI

Selanjutnya cara memilih bisnis MLM yang baik pertama adalah pastikan bisnis MLM sudah terdaftar dalam APLI. APLI adalah Asosiasi Penjual Langsung Indonesia yang merupakan tempat yang mewadahi berbagai perusahaan MLM.

Perusahaan MLM harus memenuhi persyaratan-persyaratan khusus sebelum mendapat sertifikasi dan terdaftar di APLI. Sehingga perusahaan MLM yang sudah tergabung di APLI adalah perusahaan yang betul-betul memenuhi persyaratan untuk perusahaan penjual langsung. Dari daftar APLI ini anda akan mengetahui perusahaan MLM yang baik atau bukan.

3. Memiliki Produk Yang Beragam dan berkualitas

Cara memilih bisnis MLM yang baik selanjutnya adalah memilih MLM yang memiliki produk beragam. Kenapa? Agar produk yang anda tawarkan kepada orang lain semakin banyak sehingga kesempatan untuk menjaring downline juga akan semakin besar.

Selain itu, dengan produk yang beragam anda bisa memilih barang-barang sesuai dengan ketersediaan dana yang anda miliki dan yang diminati oleh masyarakat. Satu hal yang penting untuk anda ketahui bahwa perusahaan MLM yang baik tentunya bisa menjamin kualitas barang atau jasa yang disediakan.

4. Memiliki Sistem Yang Adil Untuk Member

Banyak orang yang berpikir, bahwa bisnis MLM hanya dapat menguntungkan bagi orang-orang yang pertama kali bergabung. Sehingga orang-orang yang pertama kali bergabung akan lebih sukses dibandingkan dengan orang yang terakhir bergabung sehingga orang yang terakhir bergabung ini akan sulit untuk sukses.

Nah, hal ini tentu tidak sehat oleh karena itu anda harus mencari sistem MLM yang adil untuk semua membernya, istilahnya yang bekerja yang bisa sukses. Bisnis MLM yang baik akan menguntungkan siapa saja membernya yang berusaha dengan keras, tidak peduli kapan dia bergabung.

Tidak ada cerita dari upline yang tidak bekerja dan mendapatkan keuntungan dari downline saja. Jika seorang member tidak bekerja maka dia tidak bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

5. Harga Produk Masuk Akal

Cara memilih bisnis MLM yang baik terakhir adalah dilihat dari harga produk yang ditawarkan. Produk yang ditawarkan selain memiliki harga yang wajar tentunya harus memiliki kualitas yang terjamin.

Jika anda menemukan bisnis MLM yang menjual produk dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga di pasaran maka anda bisa memastikan bahwa bisnis MLM tersebut tidak sehat dan rentan mengalami kebangkrutan.

6. Biaya Pendaftaran Yang Jelas dan terjangkau

Kebanyakan sistem MLM saat ini menerapkan biaya pendaftaran untuk setiap member yang ingin bergabung. Biaya tersebut beraneka macam besarannya mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Memilih bisnis MLM yang baik dapat dilihat dari besarnya biaya pendaftaran tersebut.

Apakah dengan biaya tersebut produk yang anda dapatkan senilai atau tidak. Jangan sampai anda memilih bisnis MLM yang menawarkan biaya untuk bergabung sangat mahal sedangkan produk yang akan anda dapatkan tidak sebanding, tentunya hal tersebut akan merugikan anda sebagai member baru.

 

Joybiz Indonesia
No Response

Leave a reply "6 Cara Memilih Bisnis MLM Yang Baik"