bisnis joybiz

Langkah Bisnis Yang Baik Untuk Mendatangkan Prospek

cara prospek member

Tidak dipungkiri lagi jika Anda butuh prospek saat menjalankan bisnis MLM. Karena dari situlah Anda akan memperoleh penghasilan. Meskipun begitu, Anda tidak harus tergesa-gesa dalam mendapatkannya.

Telah banyak kasus dimana seseorang yang menjalankan bisnis ini mundur secara teratur. Masalahnya adalah pebisnis tersebut tidak mampu merekrut downline. Padahal, downline ini diperlukan untuk melebarkan usaha tersebut.

Bisa jadi, permasalahan ini dialami lantaran kurang tepat dalam mengatur strateginya. Strategi pemasaran itu sangat penting. Bukan hanya di bisnis tersebut, tapi di bisnis-bisnis lainnya.

Lalu, seperti apa strategi yang tepat untuk mendapatkan downline? Mari temukan jawabannya di bawah ini!

Jika Anda baru saja menjalankan bisnis MLM, tentunya akan banyak kendala yang dialami. Contoh paling nyata adalah sulitnya dalam mencari downline. Berkali-kali Anda ditolak oleh downline.

Itu sudah sangat biasa. Tapi jangan sampai menurunkan semangat. Karena semangat ini harus dijaga. Tujuannya adalah supaya bisa bertahan dan berhasil kedepannya.

Selalu tekankan pada diri Anda bila Anda mampu memperoleh banyak prospek. Ini bisa memunculkan aura positif yang bakalan berujung pada keberhasilan. Sebaliknya hindari mengeluh, karena mengeluh hanya akan membuat semuanya tampak serba sulit.

Dari sebagian besar pelaku bisnis multi level marketing ini, strategi yang banyak diterapkan sebenarnya sangat mudah. Ini bisa ditiru dengan garapan berhasil. Caranya?

Caranya adalah menjadikan diri Anda sebagai seorang Alpha. Seorang alpha adalah seseorang yang dominan di dalam sebuah komunitas. Dalam artian, Anda berbeda dan sangat dibutuhkan oleh orang lain.

Sangat dibutuhkannya tentu akan banyak orang yang sulit menolak ajakan. Bahkan, bila ada yang menolak, tidak ada yang mampu mengalahkan semangat. Karena Anda memiliki nilai lebih yang mana nantinya dibutuhkan oleh orang lain.

Sama halnya dalam berbisnis. Mencari prospek ini sangatlah sulit. Tapi bila Anda tidak terpaku pada satu prospek saja, maka kemungkinan berhasilnya sangat tinggi.

Di sini, pelaku bisnis MLM harusnya memiliki banyak stok prospek. Banyaknya prospek jelas akan membuat Anda lebih mudah dalam menjalin kerjasama dengannya.

Berbeda ceritanya bila hanya memiliki satu prospek. Bila prospek tersebut menolak, maka Anda akan kehilangan keuntungan. Dan sulit untuk mencari downline, bahkan banyak yang berhenti menggeluti bisnis tersebut.

Sebagai orang yang menjalankan bisnis, keuletan harus dimiliki. Perencanaan juga harus dilakukan. Yakni menjaring sebanyak-banyaknya calon prospek.

Cara termudah adalah dengan memanfaatkan jaringan internet. Internet bisa dimanfaatkan penuh untuk menyebarluaskan bisnis ini.

Tenang saja, ini cukup powerful. Karena dari internet ini, Anda bisa menjangkau jutaan orang. Baik itu orang terdekat, sampai orang-orang yang bertempat tinggal jauh dari lingkungan pebisnis.

Dengan menyebarluaskan bisnis dari internet ini, peluang untuk mendapatkan orang akan lebih besar. Tidak masalah jika sebagian orang menolak, toh masih banyak yang kemungkinan bergabung. Itulah manfaatnya menggunakan internet dalam bisnis tersebut.

 

Bagaimana Cara Mengajak Downline?

Kalau sudah memanfaatkan internet, langkah selanjutnya adalah mengajak beberapa orang untuk menjadi downline. Ini juga membutuhkan strategi khusus. Strategi yang benar akan mendatangkan downline lebih banyak.

Cara yang bisa dilakukan adalah menjalin komunikasi dengan sejumlah orang di internet. Jalinlah komunikasi dengan baik. Dan jangan memaksanya agar calon prospek merasa nyaman dengan Anda.

Berikan pemahaman mengenai bisnis. Misalnya apa saja produk yang dijual dari bisnis MLM yang sedang digeluti. Lengkapi pula dengan bagaimana cara memasarkannya, atau bagaimana perhitungan keuntungan bila bekerjasama dengannya.

Keseluruhan sistem kerja dari bisnis ini perlu dijabarkan. Yang terpenting, calon prospek tahu betul dengan bisnis tersebut.

Kalau sudah, biarkan calon prospek untuk memikirkannya. Ini penting dilakukan. Karena kadang calon prospek ingin menguji keaslian bisnis. Makanya, beberapa pertimbangan akan dilakukan sebelum bergabung dengan usaha Anda.

 

Kapan Waktunya Anda Menolak Prospek?

Sebagai pelaku bisnis multi level marketing, memang menjaring prospek sebanyak-banyaknya harus dilakukan. Tapi ini tidak harus dilakukan secara spontan. Karena ini bisa menyulitkan.

Anda mungkin harus menolak sejumlah prospek. Penolakan ini berasal dari Anda, bukan dari calon prospek. Fungsinya adalah untuk memberikan warning kecil bagi calon prospek.

Peringatan kecil ini tentunya akan membuat para calon prospek memahami betapa bisnis ini sangatlah menjanjikan. Hanya sejumlah downline yang beruntung yang bisa berbisnis tersebut.

Tapi ini dilakukan secara berkala dan teratur. Tentunya, Anda juga harus mencari prospek yang benar-benar tangguh dan tertarik dengan bisnis tersebut.

Kantongilah sejumlah prospek. Jadikan downline, dan jalin terus kerjasama dengannya. Dengan cara demikian, bisnis akan berjalan lebih baik.

Kalau sudah, di hari-hari lainnya silahkan jalin kerjasama dengan orang yang sama. Artinya, calon prospek yang dulunya ditolak diajak kembali. Tentunya sambil menunjukkan bahwa calon downline ini hanya akan terisi beberapa saja di bulan tersebut.

Ini merupakan langkah menarik calon downline. Adanya statement seperti itu jelas membuat calon prospek segera berfikir. Bahkan, cepat menentukan untuk langsung bekerjasama dalam menjalankan bisnis tersebut.

Kesimpulannya, milikilah stok prospek sebanyak-banyaknya. Kemudian seleksi calon prospek yang benar-benar tertarik. Dengan cara demikian, maka Anda akan dipandang sebagai partner bisnis MLM yang sangat dibutuhkan oleh calon downline.

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Langkah Bisnis Yang Baik Untuk Mendatangkan Prospek"