Mulai Ditinggalkan, Justru Bisnis Multilevel Marketing Memasuki Era Baru

Mungkin Anda salah satu orang yang apatis dengan apa yang disebut dengan bisnis multilevel marketing atau yang sering disebut dengan MLM. Tentu ada alasan mengapa Anda tidak suka dengan bisnis jaringan seperti ini. Namun, bagaimanapun juga, Anda harus tahu bisnis yang satu ini terus berkembang. Bahkan, semakin banyak pihak yang ikut bekerjasama untuk menyempurnakan bisnis ini. Contohnya saja mereka yang menawarkan jasa web MLM.

Apa peran mereka? Sama seperti pembuat website lainnya. Hanya saja, website MLM memiliki sistem yang berbeda. Yang pasti, dengan adanya sistem online seperti ini, mereka yang ikut di dalam satu lingkaran network atau jaringan lebih mudah untuk menjalankan bisnis tersebut.

Tidak perlu lagi adanya presentasi manual yang biasanya memakan banyak waktu namun sering gagal. Proses tersebut sudah secara otomatis dilakukan melalui website. Pada intinya, itulah tugas jasa pembuatan website MLM. Jadi, bukan hanya membuat website biasa tapi lengkap dengan sistem jaringan sesuai dengan yang diinginkan oleh pemilik bisnis MLM tersebut.

 

Persepsi Kurang Baik Terhadap Bisnis MLM

Harus diakui banyak orang yang memperspesikan MLM sebagai jenis bisnis yang kurang baik. Bahkan, ada yang mengatakan ini tak lebih dari sekedar money game. Apakah itu benar?

Memang ada money game dan pemerintah sudah pastikan model bisnis tersebut dilarang. Lalu, bagaimana dengan MLM? Apakah termasuk money game? Toh ternyata tidak dilarang. Ini sebenarnya sudah membantah bahwa MLM itu money game.

Dan asal Anda tahu. Sekarang, bisnis MLM sudah diatur oleh peraturan. Ada yang namanya APLI atau Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia. Ini asosiasi yang memastikan MLM yang terdaftar bukan money game. Bisnis yang jelas. Belum lagi dengan adanya SIUPL, yaitu singkatan dari Surat Permohonan Izin Usaha Penjualan Langsung. Setidaknya, dengan dua hal ini, sebuah bisnis MLM benar-benar legal dan tidak akan merugikan masyarakat atau peserta.

Meskipun demikian, tetap saja ada persepsi kurang baik mengenai model bisnis ini. Padahal, Anda perhatikan, ada kemungkinan model bisnis ini bakal diadopsi oleh berbagai perusahaan atau produsen di masa depan. Sekarang sudah ada model reseller dan juga drophip. Tujuannya sebenarnya jelas. Sistem ini dibuat karena ada banyak orang yang ingin berjualan dan mendapatkan untung dengan mudah tanpa harus membuat toko atau ritel yang besar. Anda bisa lihat banyak yang jadi reseller dan dropshipper. Jika alasannya ingin memiliki usaha sendiri dan tambahan pendapatan, bisa saja model MLM ini bakal menjadi model bisnis masa depan yang banyak orang terapkan.

Apalagi sekarang semua sistem jaringan sudah dilakukan secara online. Orang tidak lagi perlu bertemu dengan calon member. Mereka hanya perlu melihat website lalu daftar melalui website tersebut. Sesimple itu. Inilah yang membuat banyak orang yang mencari jasa pembuat web MLM. Mereka bisa saja ingin membuat bisnis jual beli produk dengan menggunakan sistem MLM.

Dengan adanya cara baru ini, persepsi buruk mengenai bisnis MLM bisa sedikit demi sedikit hilang. Orang tidak lagi merasa berat untuk menjalankan bisnis online, harus bertemu dengan banyak orang, melakukan presentasi untuk meyakinkan calon member, dan lain sebagainya. Semua itu sudah dilakuakan melalui website.

Persepsi buruk lainnya mengenai MLM juga mengenai ketimpangan. Ada yang bilang MLM itu bisnis yang menguntungkan sebagian kecil saja. Member yang ada di bagian paling bawah yang paling dirugikan. Orang yang untung akan semakin untung. Sementara orang yang berada di bagian paling bawah sulit untuk mendapatkan keuntungan.

Benarkah demikian? Jika dipikir lebih dalam lagi, ini sama halnya dengan model bisnis lainnya. Misalkan saja Anda sebagai reseller. Tentu supplier atau reseller di atas Anda akan lebih untung, kan? Dan Anda hanya bisa untung jika mendapatkan konsumen, entah itu pengguna atau konsumen yang ingin menjadi reseller lagi. Lalu, apa bedanya dengan MLM?

Bahkan sebenarnya bisnis MLM ini menguntungkan semua pihak. Member mendapatkan produk yang dijual dengan harga lebih murah karena mereka menjadi member. Asas manfaat dari produk tersebut langsung bisa dirasakan. Jika ingin mendapatkan manfaat lainnya, produk harus dijual sehingga mendapatkan keuntungan atau mendapatkan member lain. Anggap itu keuntungan tambahan.

 

Dengan Sistem Baru, Bisnis MLM Lebih Mudah Dijalankan

Jika ada anggapan bisnis MLM itu susah dijalankan, alasan tersebut jelas sudah tidak bisa diterima. Dulu, orang menganggap MLM susah karena harus presentasi, berbicara di depan orang langsung, meyakinkan calon member, dan lain sebagainya. Kini, proses yang katanya susah tersebut sudah dilakukan secara online. Ada website yang melakukan semuanya.

Bahkan, Anda juga bisa menjadi pemilik bisnis MLM itu sendiri. Anda pasti tahu banyak produk kosmetik yang dijual dengan model MLM. Mereka biasanya bekerjasama dengan penyedia jasa maklon produk kosmetik.

Apakah kosmetik itu illegal? Tidak. kosmetik tersebut legal dan sudah terdaftar di BPOM. Dan kosmetik tersebut memiliki brand sendiri.

Jika Anda ingin memiliki bisnis kosmetik MLM, Anda bisa hubungi jasa maklon kosmetik. Anda hanya perlu memberikan instruksi kosmetik seperti apa yang Anda inginkan. Anda akan mempunyai brand produk kosmetik sendiri lengkap dengan sistem marketing model MLM.

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Mulai Ditinggalkan, Justru Bisnis Multilevel Marketing Memasuki Era Baru"