bisnis joybiz

Membangun Kerajaan Bisnis MLM Dengan Modal Kepercayaan

Bisnis MLM mulai menyebar bak jamur dimusim hujan. Jika dulu, Multi Level Marketing hanya menjual produk-produk premium dengan tujuan konsumen menengah keatas, sekarang rasa-rasanya dengan uang puluhan ribu saja Anda sudah bisa menjadi anggota sebuah produk Multi Level Marketing.  Iya, tak perlu lagi Anda membayar keanggotaan, karena dengan berbelanja produk yang biasa dijual  dalam bentuk paket saja, Anda sudah secara otomatis terdaftar menjadi Anggota. Kemudian, Anda tinggal menjalankan bisnisnya. Caranya, tentu dengan memasarkan produknya kemudian gaet konsumen-konsumen baru.

Namun, apakah benar semudah itu?  Tentu saja tidak. Semakin banyak bisnis dengan pola serupa, maka akan semakin luas pula celah penipuan didalamnya. Sehingga, kepercayaan adalah modal terpenting dalam membangun bisnis MLM. Selain itu kerja keras adalah hal mendasar dalam menjalankan bisnis. Tak jarang Anda harus berulangkali menerima penolakan saat akan menawarkan produk.  Namun, keuletan dan etos kerja yang tinggi mampu membawa Anda dalam kesuksesan.

Cara kerja Bisnis MLM atau Multi Level Marketing sesungguhnya sangat sederhana. Pada awalnya,  Anda akan direkrut menjadi Anggota. Sistem keanggotaan bisa melewati beberapa jalur. Ada yang hanya dengan menjadi konsumen saja. Namun, ada pula yang harus mendaftar dengan biaya khusus atau dengan membeli produk dengan paket tertentu. Anggota tentu akan mendapatkan “keistimewaan”,biasanya dari segi harga yang lebih murah. Nah, jika anggota sudah otomatis menjadi downline aktif, tentu akan ada tambahan komisi dari penjualan,selain itu Downline juga berhak mendapatkan bonus-bonus lainnya.  Setelah aktif menjadi downline dan berhasil merekrut anggota baru, maka saatnya naik menjadi upline, dan begitulah seterusnya.

#Menanam Kepercayaan Dalam Bisnis MLM

Kepercayaan adalah modal utamanya. Ya, dalam membangun bisnis pemasaran berjenjang, Anda tak bisa sembarangan. Ada undang-undang yang memayungi jenis bisnis tersebut. Mengingat beberapa waktu lalu, pemerintah sempat menerbitkan undang-undang tentang perdagangan (Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 13/M-DAG/PER/3/2006 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penerbitan dan Surat Ijin Usaha Penjualan langsung), dimana banyak bidang usaha multi level yang menyalahgunakan wewenang nya untuk sekedar mengambil keuntungan pribadi dengan merugikan banyak pihak, dalam hal ini adalah downline atau konsumen.

Maka, sejak saat itu, bisnis yang menggunakan sistem pemasaran berjenjang (MLM) mulai berbenah.  Selain mempertahankan kualitas produk, juga meningkatkan pelayanan dengan melakukan banyak seminar dan pelatihan bagi para agen.

Beberapa produk dari bisnis berjenjang juga masih bisa bertahan dari masa ke masa. Hal ini membuktikan bahwa kualitas produklah yang menjamin kepercayaan konsumen pada suatu produk. Lebih dari itu, Kepercayaan memegang peranan penting dalam berkembangnya suatu brand. Sedikit saja kesalahan yang melukai kepercayaan, maka tak menutup kemungkinan suatu produk tak akan berkembang bahkan mati dipasaran.

Selain itu, harus ada koneksi yang baik antara upline dan downline. Bisnis semacam ini biasanya menyalurkan barang langsung dari sales, baik upline maupun downline, ke konsumen. Nah, masalah yang seringkali muncul adalah barang yang tak selalu tersedia, atau pengiriman barang yang terlambat. Hal ini tentu akan menimbulkan krisis kepercayaan, jika komunikasi antara sales dan konsumen, tidak lancar. Untuk menjaga semua itu, tentu perlu kerjasama yang baik dari upline dan downline.

#Memperluas Jaringan, Menambah Keuntungan

Salah satu alasan berkembangnya suatu usaha adalah sosialisasi yang baik. Banyaknya teman dan saudara menjadi kunci awal untuk memasarkan produk. Jika ada kalimat bijak yang mengatakan, “mulailah dari yang terkecil”, maka begitupun bisnis yang dapat dimulai dari yang terdekat. Menawarkan produk dagangan kepada keluarga, saudara, teman, sahabat, kerabat, mengapa tidak?

Salah satu cara untuk meningkatkan level pada bisnis MLM adalah dengan memanfaatkan jaringan. Semakin banyak koneksi dan kenalan, tentu kesempatan untuk memasarkan produk semakin terbuka lebar.  Konon, sales marketing terbaik adalah orang-orang sekitar Anda. Produk yang berkualitas akan berbicara dengan sendiri nya. Pertahankan kualitas produk dan kepercayaan konsumen yang akan membuat Bisnis Anda berkembang.

#Meningkatkan Jenjang Karir dalam Bisnis MLM

Tujuan dari bisnis MLM adalah meraih puncak karir tertinggi. Dengan menjadi leader atau upliner, maka kesempatan memperoleh bonus berlipat semakin dekat.  Leader atau upline yang baik akan senantiasa memimpin dan membimbing para downline nya untuk mencapai level tertentu. Jika Anda tertarik untuk memulai karir Anda di bidang ini, mungkin beberapa tips berikut dapat Anda lakukan.

Pertama, Pilihlah Multi Level Maketing yang memiliki beberapa jenis produk. Dengan demikan konsumen Anda pun akan lebih beragam, tak terikat usia, gender, dan strata sosial. Kedua, Pilihlah produk yang memiliki harga wajar. Rentang harga yang terlalu jauh antara satu produk dengan yang lain, dapat mempengaruhi daya beli konsumen.

Ketiga, pastikan produk tersebut memiliki lisensi resmi dari pemerintah. Sehingga, aman untuk digunakan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Serta tidak merusak kesehatan. Keempat, jangan mudah tergiur dengan iming-iming bonus atau komisi besar. Komisi yang besar akan diperoleh secara bertahap seiring dengan meningkatnya jenjang karir Anda. Terakhir, tak pernah putus asa untuk terus melahirkan downline-downline baru.

Lebih dari semua hal tersebut diatas, menjaga kepercayaan antara Upline dan Downline adalah hal yang utama dalam menjalankan Bisnis MLM.

 

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Membangun Kerajaan Bisnis MLM Dengan Modal Kepercayaan"