bisnis joybiz

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Bisnis MLM Sebelum Mulai Meraup Untung Lewat Bonusnya

Bisnis MLM sebagai salah satu bisnis yang berkembang pesat memiliki banyak perdebatan di sekitarnya. Mulai dari yang menganggap MLM hanya kebohongan belaka, hingga yang bersikukuh bawa dari bisnis MLM seseorang dapat meraih kesuksesan. Dibalik semua perdebatan itu perlu diketahui bahwa setiap hal tentu memiliki sisi negatif dan positif, begitu pula dalam bisnis MLM.

Memang benar bahwa setiap orang berpotensi meraih kesuksesan dari sini, namun perlu diingat bahwa tidak semua bisnis MLM merupakan kejujuran. Hal-hal seperti ini lah yang harus Anda tahu sebelum memutuskan terjun di bisnis MLM. Kelebihan dan kekurangan bisnis MLM harus tuntas Anda selami terlebih dahulu.

Kelebihan Dari Bisnis MLM Yang Akan Menguntungkan Anda

Dalam pembahasan kelebihan dan kekurangan bisnis MLM kali ini, terlebih dulu kita akan membicarakan tentang kelebihan bisnis MLM yang akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Hal ini tentu akan membuat Anda menjadi semakin yakin jika bisnis MLM merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

1. Cara Memulai Bisnis Mudah

Berbeda dengan bisnis lain, bisnis MLM memiliki kelebihan yaitu cara memulai bisnis yang mudah. Biasanya kita hanya diminta registrasi untuk kemudian diberikan bimbingan gratis tentang tata cara merekrut anggota baru dan memasarkan produk.

Cara ini tentu menjadi lebih mudah jika dibandingnkan bisnis-bisnis lainnya yang harus memenuhi banyak hal. Mulai dari modal, tempat, izin usaha dan berbagai hal lain yang digunakan untuk memenuhi syarat-syarat memulai bisnis.

Tapi, hal tersebut tidak berlaku untuk bisnis MLM. Dalam bisnis ini biasanya persyaratan untuk memulai bisnis dibuat semudah dan semenarik mungkin. Ini bertujuan untuk menarik anggota baru agar dapat segera memulai bisnisnya dengan iming-iming kemudahan.

2. Modal Biaya Yang Minim

Biaya yang dikeluarkan untuk memulai bisnis ini bisa dibilang cukup minim jika dibandingkan bisnis lainnya. Salah satu produk kecantikan misalnya, hanya mensyaratkan registrasi dan pembelian katalog yang harganya tidak mencapai ratusan ribu. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari MLM, ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi yang akan memulai bisnis ini. Biaya yang rendah membuat banyak orang dapat memulai bisnis ini kapan pun tanpa mengkhawatirkan soal modal.

3. Tidak Membutuhkan Minimal Pendidikan

Tidak ada batasan pendidikan dalam memulai bisnis MLM ini. Semuanya dapat bergabung dan memiliki kesempatan sama untuk mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya. Di era yang menjadikan pendidikan sebagai syarat mendapat pekerjaan tentu hal ini menjadi penting. Kelebihan ini membuka peluang usaha bagi setiap orang untuk dapat bergabung.

4. Tidak Memiliki Batasan Umur

Setiap orang dengan segala usia selama merasa mampu menjalankan bisnis ini tidak dilarang untuk bergabung. Semua bebas untuk menjadi anggota dan merekrut anggota baru sebanyak-banyaknya. Tidak peduli apakah usia Anda hanya 20 tahun atau justru 50 tahun. Selama Anda merasa mampu untuk menggaet anggota dan memasarkan produk, Anda dipersilahkan untuk bergabung.

Kekurangan Dari Bisnis MLM Ini Harus Anda Waspadai

Selain kelebihan yang disebutkan di atas, perlu Anda ingat bahwa bisnis MLM juga memiliki kekurangan yang harus Anda waspadai. Beberapa kekurangan berikut ini harus Anda mengerti sebagai resiko Anda yang terjun di dunia MLM.

1. Iming-iming Bonus Yang Sebatas Omongan

Hal yang disayangkan dari bisnis MLM adalah ada yang sengaja membuat kebohongan tentang berbagai macam bonus yang akan didapat anggota. Ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri ketika seseorang akan bergabung dengan MLM. Kebanyakan orang merasa MLM hanya sebatas kebohongan karena tidak menjanjikan bonus sesuai dengan kenyataan. Padahal, perlu diketahui jika bonus-bonus tersebut dapat diraih dengan syarat-syarat dan jenjang tertentu.

2. Produk Tidak Selalu Bermanfaat

Tidak semua produk MLM memiliki manfaat yang jelas. Inilah yang menjadi salah satu kekurangan dari MLM. Bahkan sering kali produk yang dihasilkan justru tidak memberi dampak apa-apa terhadap konsumen. Kejadian semacam ini yang membuat anggota susah memasarkan produk dan sulit untuk merekrut anggota baru.

3. Sedikit Yang Merasa Diuntungkan

Hanya sedikit orang yang merasa bahwa bergabung dengan MLM merupakan jalan yang menguntungkan. Karena sebagian besar berpendapat bahwa bergabung dengan MLM hanya memberikan keuntungan bagi leader dan bukan bagi anggota. Sehingga hanya sedikit yang merasa diuntungkan dari bisnis tersebut.

4. Merekrut Dengan Paksaan

Seringkali untuk merekrut anggota baru, banyak anggota MLM yang melakukannya dengan paksaan. Tentu ini memberikan citra buruk bagi bisnis MLM. Padahal keutamaan dari merekrut anggota untuk bisnis ini adalah kenyamanan dan kepercayaan. Seorang anggota baru harus dibuat percaya untuk bergabung. Pemaksaan yang dilakukan untuk bergabung dalam bisnis ini memberikan dampak negatif terhadap penilaian orang tentang bisnis MLM.

Berbagai macam kelebihan dan kekurangan bisnis MLM di atas merupakan hal yang harus Anda cermati sebelum mulai menekuni dunia MLM. Perlu Anda ingat jika tidak semua bisnis MLM mempunyai produk yang bagus, tapi juga tidak semua MLM menjanjikan kebohongan. Ada produk MLM yang tidak bermanfaat dan ada juga bisnis MLM yang memberikan Anda keuntungan berlipat. Semua kelebihan dan kekurangan bisnis MLM harus terlebih dulu Anda kenali. Sehingga Anda dapat memilih MLM yang tepat dan paling cocok untuk Anda bergabung.

Joybiz Indonesia
No Response

Leave a reply "Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Bisnis MLM Sebelum Mulai Meraup Untung Lewat Bonusnya"