bisnis joybiz

Tidak Cuma Positifnya Saja, Anda Perlu Tahu Juga Kekurangan MLM

kekurangan bisnis mlm

Kekurangan dalam bisnis MLM tak membuat usaha dalam bidang ini surut begitu saja. Nyatanya, saat ini malah ada beberapa produk yang dijual dengan sistem penjualan langsung berjenjang, atau biasa dikenal dengan multi level marketing. Tapi, untuk memilih bisnis, tentu perlu dilakukan pendalaman terlebih dulu, ya. jangan sampai, karena terlalu nafsu menjadi sukses, lalu segala sesuatu dilakukan begitu saja, tanpa pertimbangan yang matang.

Semua orang berhak sukses, dan kesuksesan pun bisa diraih oleh siapa saja. Baik dengan atau tanpa MLM.  Nah, jika Anda ingin join MLM? Ada baiknya Anda Perhatikan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu ya. Agar Anda tak melakukan kesalahan fatal yang dapat merugikan diri Anda sendiri.

 

Kelebihan MLM yang Perlu Anda Ketahui

 

Pertama, produk-produk yang diproduksi oleh perusahaan multi level marketing sangat terbatas.

Yang membuat bisnis jaringan istimewa, apalagi kalau bukan produknya yang eksklusif? Tak semua orang bisa memilikinya, kecuali jika sudah bergabung menjadi anggota. Iya, produk MLM tak dijual bebas. Hanya agen distributor resmi yang dapat memasarkannya. Biasanya, agen distributor resmi seperti ini memiliki hak istimewa yaitu dapat membeli barang eksklusiv ini dengan harga khusus. Bisa 10-15 % lebih murah dari harga jual normalnya. Lumayan, kan?

 

Kedua,  Anda akan bertemu  dengan komunitas baru dengan visi dan misi yang sama

Tiap produk yang diproduksi oleh perusahaan multi level marketing sudah pasti memiliki tujuan dan manfaat sendiri-sendiri. Biasanya, produk tersebut dibuat dari bahan-bahan khusus sehingga dapat dijamin kualitasnya. Apalagi, bila perusahaan MLM tersebut sudah menjadi anggota APLI (asosiasi penjualan langsung indonesia), sudah pasti semua poduknya terjamin mutu dan kualitasnya. Karena, tiap produk yang dikonsumsi, harus mendapat ijin resmi dari BPOM.

Karena itu, para anggotanya biasa membentuk komunitas. Seperti komunitas pada umumnya saja, pasti yang bersedia bergabung dalam komunitas tertentu memiliki kesamaan visi dan misi.  Dengan bergabung dengan bisnis  MLM seperti ini, semangat untuk lebih sukses dan meraih jenjang karir yang lebih tinggi tentu lebih besar.

 

Ketiga, adanya pendapatan yang tak terbatas dan peluang besar untuk sukses

Tak seperti  dengan pekerja lain, seperti karyawan swasta atau pegawai negeri, bisnis MLM tak bisa memastikan penghasilan untuk para anggota atau agen yang bekerja untuk memasarkan produknya. Agen mendapatkan apa yang telah ia hasilkan. Semakin banyak produk terjual semakin besar hasil dari omset penjualan yang diperoleh.  Dan ini akan ditambah dengan komisi apabila agen tersebut mampu merekrut anggota baru. Ini belum dengan tambahan bonus-bonus yang lain, lho. Inilah yang menarik dari bisnis MLM. Dengan modal yang tak begitu besar, Anda sudah bisa memulai usaha sendiri.

 

Ke empat, dalam bisnis MLM tak ada batas usia, waktu dan tempat

Kelebihan lain dalam bisnis MLM yakni, anda tak perlu khawatir. Berapapun usia Anda, setiap agen MLM memiliki kesempatan yang sama untuk sukses. Bahkan bisnis MLM dapat dijadikan bisnis sampingan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, atau bahkan karyawan. Terbilang fleksibel, sih. Tapi, tentu Anda harus pandai-pandai memanfaatkan waktu dan peluang ya.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda bisa melakukan prospek sesuka hati anda. Lakukanlah segala sesuatunya dengan terperinci. Misal, Anda bisa mengatur jadwal pertemuan dengan orang-orang yang sudah anda kualifikasi terlebih dulu. Setidaknya, Anda harus membuat  marketing plan sendiri, ya. tentu, agar usaha anda lebih terarah.

 

Kekurangan MLM untuk pembelajaran calon Agen MLM

Seperti dua mata pisau, begitu pula bisnis multi level marketing. Disamping ada kelebihannya, juga ada beberapa kekurangan yang perlu diketahui.

Pertama, produk multi level marketing yang berkualitas dijual dengan harga yang tak murah. Bahkan, bisa dibilang cukup mahal. Sehingga hanya dapat dijangkau oleh kalangan tertentu. Meskipu menjamin keaslian dan ke-eksklusivannya, beberapa brand malah cenderung memberi kesan menjual merk saja, bukan produknya. Padahal, diluaran ada banyak produk sejenis yang dijual dengan harga tak semahal itu.

Kekurangan bisnis MLM lainnya yang sering tertanam dalam benak masyarakat adalah agen-agen MLM yang suka memaksa calon mitra nya. Hal ini bukan tanpa alasan ya. sudah jadi rahasia umum kan, jika dalam bisnis MLM berlaku sistem ‘rekrut-merekrut member’. Nah, inilah yang menjadi alasan para agen MLM terkesan mengejar (bahkan memaksa) calon mitranya. Bayang-bayang komisi selangit apabila dapat merekrut anggota baru membuat oknum agen MLM tersebut melupakan kode etik dalam sistem penjualan langsung__ yakni melindungi hak konsumen.

Ada lagi, hal negatif yang hingga kini masih sering membuntuti bisnis MLM, yakni oknum penipu berkedok bisnis MLM. Padahal sesungguhnya, bisnis yang dijalankan tak lebih dari sekedar permainan uang saja. Dengan merekrut orang sebanyak-banyaknya, agen dijanjikan dengan bonus yang selangit. Padahal ini jelas bertentangan dengan kode etik APLI.

Kekurangan diantara kelebihan MLM tersebut adalah catatan penting untuk Anda yang mungkin ingin memulai bisnis. Baik dalam bidang multi level marketing, atau pun bisnis yang lain. yang pasti, setiap hasil tak ada yang menghianati usaha. Jadi, berusahalah yang terbaik, apapun bidangnya. chayo!

 

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Tidak Cuma Positifnya Saja, Anda Perlu Tahu Juga Kekurangan MLM"