Tips Sukses Merekrut Banyak Anggota di Bisnis MLM

Merekrut anggota untuk MLM sebenarnya gampang-gampang susah. Ini tergantung dari metode serta cara yang diterapkan. Meskipun saat ini sebenarnya masih banyak yang bingung tentang cara  sukses merekrut banyak anggota. Padahal mencari sebanyak mungkin anggota ini menjadi salah satu poin penting dalam MLM. Jadi ada baiknya jika mempelajari cara menggaet anggota terlebih dahulu sebelum mulai pelakuan perekrutan.

Sukses Merekrut Banyak Anggota Melalui Cara Berikut Ini

Ada banyak orang yang kebingungan mencari cara meningkatkan anggota. Keputusasaan mencari anggota membuat banyak orang pada akhirnya menyerah. Namun, hal ini tentu tidak boleh terjadi terus menerus. Untuk itulah perlu diketahui beberapa tips-tips agar sukses merekrut banyak anggota. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Perkenalan Yang Menarik

Perkenalan menarik tentu menjadi pembuka yang baik untuk keberlanjutan hubungan. Untuk itulah diperlukan perkenalan yang ‘tidak bisa’. Pastikan jika saat memperkenalkan diri, calon anggota akan mengingat anda dengan baik. Tentu maksud mengingat ini dalam ranah yang positif ya.

Ada banyak cara untuk mempelajari bagaimana membuat perkenalan yang baik. Hal-hal seperti ini dapat dipelajari baik dari buku maupun literatur lainnya. Penting untuk lebih dahulu mengenal karakteristik calon anggota tersebut. Karena ini menentukan bagaimana perkenalan tersebut akan berjalan.

Cara memahami karakteristik calon anggota pun dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari menanyakan pada lingkungan sekitar, hingga mengamati calon anggota yang akan direkrut. Dari sanalah dapat dipetakan bagaimana sebaiknya cara melakukan perkenalan diri yang baik.

2. Komunikasi Yang Intens

Selanjutnya adalah komunikasi yang intens. Jangan sampai komunikasi yang dilakukan dengan calon anggota hanya terjalin satu kali saja. Maksud satu kali di sini adalah tanpa ada keberlanjutan komunikasi. Padahal komunikasi yang intens ini merupakan hal yang diperlukan.

Tanpa adanya komunikasi yang baik dan berkelanjutan kemungkinan perekrutan gagal akan semakin besar. Untuk itu sebaiknya mulailah membangun komunikasi yang intens. Tapi, ingat jangan sampai membuat calon anggota ini menjadi risih. Lakukan komunikasi yang sewajarnya saja. Namun, pastikan komunikasi tetap terjalin. Sehingga ada keberlanjutan proses yang dijalani.

3. Jangan Lupa Sering Adakan Sharing Tentang Produk

Tips sukses merekrut banyak anggota berikutnya adalah terkait sharing produk. Jadi sebaiknya adakan sharing produk secara berkala. Targetnya dapat macam-macam, mulai dari lingkungan sekitar hingga lingkungan luar yang dirasa potensial. Di sharing produk inilah penjelasan seputar produk di beberkan.

Lakukan presentasi produk dengan menarik. Tawarkan berbagai macam kelebihan jika nanti calon anggota bergabung. Jangan lupa berikan pengetahuan terkait kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh produk tersebut. Namun, jangan sampai membohongi calon anggota terkait kelebihan produk. Karena ini dapat memancing antipati dari calon anggota.

Sebaiknya sesuaikan metode sharing produk ini dengan lingkungan yang akan menjadi target. Ini penting mengingat setiap ‘lingkungan’ memiliki cara nyamannya sendiri untuk sharing terkait produk mlm anda. Di era media sosial seperti saat ini tak ada salahnya untuk memanfaatkan grup media sosial untuk mempermudah sharing.

4. Lakukan Pendekatan yang Baik

Pendekatan yang baik perlu untuk dilakukan. Maksud pendekatan yang baik adalah pendekatan yang tidak membuat calon anggota kabur. Biasakan untuk menerapkan hal ini saat akan merekrut anggota. Ingat jika tidak semua nyaman ketika ditawarkan untuk menjadi anggota. Namun, tak menutup kemungkinan seiring berjalannya waktu justru menjadi tertarik.

Untuk itulah pendekatan yang baik diperlukan. Selain untuk menjaga ‘image’ di depan calon anggota juga untuk mencegah calon anggota menjadi kabur. Pendekatan yang baik secara umum adalah pendekatan yang tidak memaksa. Sebaiknya dibanding ‘memaksa’ lebih baik sugestikan pelan-pelan tentang MLM tersebut. Sehingga tanpa sadar calon anggota pun menjadi tertarik.

5. Bangun Kedekatan Emosional

Kedekatan emosional dengan calon anggota perlu dibangun. Maksud kedekatan emosional di sini adalah bagaimana ikatan dengan pihak calon anggota tidak hanya ikatan ‘formal’. Hubungan pertemanan di luar itu juga sebaiknya dibangun. Sehingga pihak calon anggota akan menjadi percaya sepenuhnya.

Namun, perlu diperhatikan lagi bagaimana membangun kedekatan emosional yang baik. Berikan bantuan jika dirasa calon anggota mengalami kesulitan. Adakan ‘pertemuan’ yang tidak formal sesekali. Lakukan beberapa kegiatan bersama. Ini untuk membangun kedekatan dengan calon anggota.

6. Jaga Jaringan Anggota

Hal yang paling penting diingat adalah untuk tetap menjaga jaringan anggota yang telah terbentuk. Jangan sampai karena fokus pada mencari anggota baru justru jaringan anggota menjadi terabaikan. Padahal dari sana ada banyak peluang untuk membentuk anggota baru.

Jaringan yang terbengkalai malah akan membuat para anggota menjadi ‘kabur’. Padahal para anggota lama ini sangat mungkin untuk menarik pengguna baru bergabung. Ada kemungkinan juga jika justru jaringan dari anggota lama yang nantinya dapat direkrut menjadi anggota baru.

Sebenarnya masih ada beragam cara sukses merekrut banyak anggota. Namun, keenam poin di atas menjadi poin-poin yang cukup penting. Memang masalah merekrut anggota baru ini dapat dibilang gampang-gampang susah. Lewat poin-poin di atas perekrutan anggota baru dapat menjadi lebih mudah. Sehingga jaringan pun dapat semakin dikembangkan.

author
No Response

Leave a reply "Tips Sukses Merekrut Banyak Anggota di Bisnis MLM"