bisnis joybiz

Menilik Macam-Macam Sistem Kerja MLM Yang Paling Sesuai Untuk Anda

Zaman yang semakin berkembang memberikan ruang bagi berbagai macam jenis bisnis untuk tumbuh. Berbagai jenis bisnis baru dapat Anda temukan di sekitar Anda. Masing-masing menawarkan kelebihannya sendiri-sendiri untuk meraup untung. Salah satu bisnis yang ramai dibicarakan sekaligus ramai pengguna adalah bisnis MLM.

Usaha ini bisa dibilang menjadi salah satu primadona karena umumnya tidak membutuhkan modal yang cukup besar atau seringkali juga tidak memerlukan modal sama sekali. Ada berbagai macam MLM dengan sistem kerja berbeda-beda.

Sebelum mulai menggeluti dunia MLM, baiknya Anda mengenal terlebih dahulu macam-macam sistem kerja MLM yang paling sesuai untuk Anda. Berikut ini penjelasan mengenai apa itu MLM dan beberapa macam-macam sistem MLM yang harus Anda ketahui.

Mengerti Tentang MLM

MLM atau Multi Level Marketing adalah sebuah sistem pemasaran bertingkat melalui sebuah kelompok yang telah dibentuk. Untuk mencapai omset penjualan tertentu dari perusahaan dapat dilakukan dengan kerjasama kelompok.

Seorang pemimpin dari sebuah kelompok marketing yang  berhasil memasarkan produk dari perusahaan MLM yang diikutinya akan mendapat bonus.

Posisi pemimpin suatu kelompok ini biasa disebut dengan Upline  sedangkan untuk anggotanya disebut dengan downline. Ada berbagai jenis produk yang ditawarkan dalam sistem MLM ini, mulai dari kosmetik, obat, pulsa, produk fashion dan produk-produk lainnya.

 

Ada Macam-Macam Sistem Kerja MLM

Berbagai macam sistem kerja MLM perlu Anda ketahui sebelum mulai bergabung dengan bisnis ini. Berikut ini macam-macam sistem kerja MLM yang perlu kamu ketahui.

1. Sistem Matrix

Sama seperti bilangan matrix. Sistem matrix berbentuk segitiga yang memungkinkan seorang anggota untuk mendapat bonus sampai tingkatan tertentu. Bonus yang diberikan berbeda untuk tiap tingkatan. Misal sistem matrix 2x16 seorang leader hanya dapat mendapat 2 orang anggota hingga pada level 16. Sistem ini akan memberikan keuntungan pada anggota dengan level yang di atas.

2. Sistem Yang Mengutamakan Kelebaran Jaringan (Break Away)

Sistem ini menjadikan jumlah anggota menjadi tolak ukur untuk mendapatkan bonus. Semakin besar anggota yang Anda rekrut maka semakin banyak pula bonus yang Anda dapat. Pada sistem ini seorang anggota dapat melampaui bonus dari leadernya apabila anggota tersebut mampu merekrut anggota baru yang lebih banyak. Jadi bonus yang ditawarkan sebenarnya berpusat di bonus perekrutan yang akan di dapat. Semakin banyak anggota yang Anda rekrut semakin banyak juga bonus yang Anda peroleh meskipun Anda seorang anggota.

3. Sistem Acak (Random)

Sistem acak atau sistem random ini banyak digunakan oleh bisnis gratis online. Pihak website akan memilih secara random pengunjung website yang akan diajak menjadi sponsornya. Bila pengunjung setuju untuk mensponsori website tersebut maka, pengunjung tersebut akan mendapatkan bonus. Jadi tidak ada tolak ukur yang mendasari bagaimana seorang pengunjung dipilih untuk menjadi sponsor dalam website tersebut. Selain itu perlu diingat jika meskipun Anda mendapat undangan tanpa Anda konfirmasi untuk bergabung maka Anda tidak bisa mendapatkan bonus.

4. Sistem Menjual Kembali (Reseller)

Selanjutnya sistem yang paling populer adalah sistem reseller. Sistem ini memberikan bonus pada Anda yang telah memberikan referensi untuk membeli dari pihak perusahaan penyedia produk. Bonus yang diberikan pun bermacam-macam mulai dari bonus langsung tunai hingga prosentase dari jumlah produk yang terjual.

Memilih bisnis untuk menambah penghasilan atau menjadi penghasilan utama tentu harus mempertimbangkan banyak faktor. Setiap individu berhak untuk memilih bisnis mana yang paling baik menurutnya. Salah bisnis yang menjadi primadona adalah bisnis MLM. Selain memberikan referensi baru di dunia bisnis, MLM juga memberikan berbagai macam keuntungan tersendiri untuk anggotanya. Salah satu yang menjadi kelebihan MLM adalah modal minim yang dikeluarkan anggota untuk memulai bisnis MLM.

5. Sistem Binary (2 Kaki)

Sistem binary ini merupakan sistem yang paling disukai pelaku network marketing di Indonesia karena hanya dengan membangun 2 kaki saja sudah mendapat income. Namun yang perlu hati hati sebelum memilih bisnis dengan model binary agar di pastikan dulu legalitasnya. Karena bisnis model ini paling riskan dengan aspek legalitas

Ada banyak sistem yang ada dalam bisnis MLM. Beberapa sistem yang ada dalam MLM mulai sistem matrix yang menggunakan konsep anggota ke bawah. Sistem break way yang memberikan kesempatan mendapat bonus besar melalui jumlah anggota yang direkrut. Sistem random yang menyediakan bonus bagi Anda yang memenuhi undangan untuk menjadi sponsor. Hingga sistem reseller yang memberikan Anda bonus melalui penjualan produk yang Anda rekomendasikan. Setiap sistem memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum mulai memasuki dunia MLM Anda harus mencermati masing-masing sistem dan memilih yang paling cocok untuk Anda.

 

Joybiz Indonesia
No Response

Leave a reply "Menilik Macam-Macam Sistem Kerja MLM Yang Paling Sesuai Untuk Anda"