bisnis joybiz

5 Cara Menghindari Kegagalan Bisnis MLM

No comment 716 views

Semakin banyak orang yang menggeluti bisnis MLM maka tingkat persaingan yang tercipta pun semakin tinggi. Meskipun banyak orang yang tertarik dengan MLM, tetapi masih banyak juga ditemukan orang yang anti MLM.

Ini terjadi karena mereka pernah menjadi buruan seorang member MLM dan merasa dikejar- kejar. Ada juga yang merasa bahwa para member MLM hanya sibuk membahas bisnis MLM mereka setiap acara berkumpul dengan teman- teman.

Beberapa orang yang lain tidak mau mendekat pada bisnis MLM karena tidak bisa dan tidak memiliki cukup keberanian untuk merekrut orang dan memasarkan produk- produk yang harganya tergolong cukup tinggi.

Itu adalah beberapa kasus orang anti MLM di sekitar kita. Tentu bila dipikir- pikir lagi orang- orang yang anti MLM tersebut memiliki pandangan negatif pada bisnis MLM karena kegagalan kita dalam menarik perhatian mereka.

Mungkin beberapa diantara anda terlalu bersemangat untuk memrospek mereka sehingga mereka malah memberikan pandangan negatif pada MLM.

Tentu ini menjadi salah satu bentuk kegagalan. Berikut ini ada 5 tips cara menghindari kegagalan bisnis MLM yang bisa anda praktekkan agar kegagalan seperti munculnya pandangan negatif MLM pada orang tidak akan muncul lagi.

Jangan memaksa

Seperti yang disampaikan di atas, jika anda terlalu bersemangat memrospek orang hingga terkesan mengejar- ngejar dan sedikit memaksa malah akan memunculkan rasa tidak nyaman pada orang lain. Boro- boro mereka akan bergabung, yang ada hal ini akan membuat mereka merasa antipasti pada MLM.

Bersikaplah sebagai member MLM yang professional. Tawarkan dan sampaikan berbagai keuntungan yang bisa orang dapat jika mereka mau bergabung dengan bisnis MLM.

Jika anda bersikap sopan dan tetap tidak memaksa, tentu mereka akan memberikan tanggapan dengan baik sekalipun mereka menolak untuk bergabung menjadi member MLM anda.

Jadilah pendengar yang baik

Kebanyakan para penggiat MLM sibuk dengan produk MLMnya hingga tidak memberikan kesempatan orang lain untuk bercerita. Sebaiknya anda mulai mengontrol kebiasaan anda ini dan mencoba untuk mendengarkan orang lain lebih banyak.

Dengarkan baik- baik apakah mereka ada ketertarikan pada apa yang anda sampaikan atau tidak. Jika mereka menunjukkan ketertarikan barulah anda melanjutkan untuk memprospek mereka lebih lanjut.

Sadarilah bahwa bisnis MLM tidak bisa dilakukan oleh semua orang

Meskipun digembor- gemborkan bahwa semua orang bisa sukses untuk menjalankan bisnis MLM, anda harus tetap menyadari bahwa tidak semua orang bisa melakukan bisnis ini. MLM hanya bisa dijalankan oleh orang yang benar-benar berani dan ingin mewujudkan mimpi- mimpinya.

Hargai orang yang menolak bergabung dengan MLM

Meskipun anda sudah memberikan waktu dan tenaga anda untuk memrospek orang namun orang tersebut tidak mau bergabung maka anda harus tetap menghargai mereka. Ini masih berhubungan dengan point nomor satu.

Jika anda terkesan memaksa bisa jadi anda malah akan membuat mereka menilai negatif bisnis MLM. Jika anda tetap menghargai mereka, masih ada kemungkinan disuatu hari mereka akan berubah pikiran dan mau bergabung dengan anda.

Rawatlah downline anda

Jika anda sudah memiliki downline maka jangan abaikan mereka. Sebisa mungkin ajaklah mereka untuk bersama- sama mengembangkan bisnis MLM yang ditekuni.

Selain lima hal diatas, anda perlu juga mengembangkan kemampuan komunikasi anda dan juga sikap anda. Anda juga perlu menumbuhkan jiwa kepemimpinan anda. Jiwa kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam bisnis MLM.

Anda harus menunjukkan bahwa anda bisa menjadi panutan, teladan, dan mampu mempengaruhi mitra anda. Anda juga harus ulet dan pantang menyerah.

Tidak ada perjuangan yang mudah. Anda harus melewati batu dan kerikil yang tajam pada setiap langkah yang anda tempuh. Anda harus senantiasa ingat bahwa tidak ada yang bisa menghentikan langkah anda kecuali diri anda sendiri.

Hindarkan diri anda dari emosi- emosi negatif yang akan membawa anda pada keputusasaan. Selalu tumbuhkanlah emosi positif yang akan membuat perjuangan anda lebih menyenangkan. Nah, itulah 5 tips cara menghindari kegagalan bisnis MLM. Selamat berjuang dan semoga anda sukses dalam menjalankan bisnis MLM anda.

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "5 Cara Menghindari Kegagalan Bisnis MLM"