bisnis mlm zhifam

Seputar Bisnis MLM Haram, Setujukah Anda?

MLM atau multi level marketing sebenarnya merupakan sebuah model bisnis yang cukup menguntungkan dan menggiurkan. Tentunya anda sudah tidak asing dengan istilah ini bukan? Nah bagi anda yang baru mendengar tentang MLM, dan baru akan bergabung atau malah baru saja bergabung, artikel ini mungkin akan sedikit memberikan gambaran bagi anda.

MLM sebenarnya merupakan salah satu model bisnis yang menggiurkan karena kita akan mendapat produk atau barang tersebut dari produsen langsung. Jadi kita (konsumen) dapat memperoleh suatu barang tersebut langsung dari konsumen. Proses semacam ini disebut penjualan langsung. Kita sebagai konsumen juga dapat memasarkan produk tersebut kembali dan mendapatkan keuntungan berupa bonus-bonus menarik yang biasanya ditawarkan oleh produsen.

Nah banyak yang mengatakan bahwa MLM itu haram. Benarkah hal tersebut? Mari kita coba bahas bersama-sama ya. Bagi anda yang beragama Islam, anda tentu sudah mengetahui apa-apa saja yang diharamkan karena semuanya tercantum di dalam AL Qur’an. Semua yang menyebabkan kerugian atau dalam hal ini merugikan orang lain dan menyebabkan kemudhorotan adalah haram. Lalu MLM yang seperti apa sih yang dapat masuk ke kategori haram? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Mengandung Riba

Menurut istilah, riba disebut sebagai melebihkan jumlah pinjaman pada saat pengembalian, baik itu berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok ataupun yang lainnya, yang dibebankan kepada peminjam.

Nah dalam bisnis MLM sendiri, menurut Dr. Husain Syahrani dalam disertasi doktoralnya yang berjudul Al-Taswiq al-Tijari wa Ahkamuhu fi al-Fiqh al-Islami di Universitas Islam Al-Imam Ibnu Suud Arab Saudi, yang dimaksud dengan mengandung riba adalah ketika anggota menyerahkan uang dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan uang dalam jumlah yang besar yang berarti uang ditukar dengan nominal yang tidak sama atau bisa juga tidak dalam bentuk tunai.

Fokus dari MLM ini bukanlah bagaimana mendistribusikan barang, melainkanlebih kepada keuntungan. Sehingga yang mungkin dapat terjadi misalnya si A mendapatkan keuntungan dari hasil registrasi B, C dan D. Kemudian B, C dan D tentunya akan berusaha mencari keuntungan dengan merekrut orang-orang baru lagi. Nah, ini bukan MLM yang sehat.

2. Mengandung unsur tipu muslihat

Anda tentu sering mendengar atau membaca iklan “dengan modal Rp.100.000 anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda setiap bulannya, bahkan mencapai jutaan rupiah, dan bonus-bonus lain seperti uang belanja bulanan dan jalan-jalan keliling dunia, gratis”. Waspadai iklan MLM semacam itu. Jika memang, sudah terbukti, baru anda boleh percaya.

Namun MLM yang diragukan kredibilitasnya macam ini biasanya hanya akan mengusahakan bagaimana caranya merekrut banyak anggota dan tanpa pernah ada realisasi yang nyata dalam hal bonus atau keuntungan dan lain sebagainya. Hal yang semacam ini sering juga disebut dengan money game. Nah bisnis yang masuk kategori money game, tentu saja halal. Sampai disini kita sepakat?

3. Tidak tersertifikasi Halal

Bagi anda yang belum mengetahui, MUI atau Majelis Ulama Indonesia, memiliki dewan untuk mengkaji urusan sertifikasi halal-haram ini, yakni Dewan Syariah Nasional. Mudahnya begini, jika anda ingin tahu apakah bisnis MLM yang akan anda join ini halal atau haram, cek saja di DSN apakah sudah tersertifikasi halal atau belum. Sudah ada beberapa bisnis MLM yang tersertifikasi halal oleh DSN yang pastinya aman untuk anda join.

“Lalu bagaimana jika bisnis yang akan saya join belum ada di DSN?” anda perlu mengkaji kembali MLM tersebut, apakah benar aman, atau apakah memang sesuai dengan apa yang dijanjikan. Bagaimana testimoni para anggota dan “mantan” anggota, dan banyak lagi yang bisa anda telusuri sebelum akhirnya dapat memutuskan untuk bergabung.

Nah itu tadi beberapa alasan, mengapa beberapa bisnis MLM dapat dikategorikan haram. Namun, anda perlu ketahui juga bahwa kita tidak bisa mematok status “haram” kepada semua jenis bisnis MLM, karena bisnis MLM terbagi menjadi dua, ada yang bisnis MLM yang halal dan ada bisnis MLM yang haram. Tidak semua bisnis MLM haram. Nah, bagaimana menurut pendapat anda, apakah MLM haram?

bisnis mlm zhifam
author
No Response

Leave a reply "Seputar Bisnis MLM Haram, Setujukah Anda?"