bisnis joybiz

Panduan Bisnis MLM Bagi Pemula

No comment 265 views

Bisnis MLM boleh dijadikan pertimbangan bagi yang ingin memulai usaha. Dengan modal yang terbilang minimal, Agen distributor MLM bisa meperoleh income yang tak terbatas. Selain itu, bisnis MLM juga tak mengenal batas usia. Baik tua maupun muda bisa menjadi agen distribusi Multi Level Marketing bila memiliki semangat kerja yang tinggi dan senang bersosialisasi.

Bisnis MLM bagi Pemula yang Mudah dan Murah

Multi Level Marketing atau MLM merupakan salah satu bidang usaha perdagangan yang menggunakan sistem keanggotaan atau membership. Tiap anggota memiliki level atau tingkatan yang berbeda-beda. Promotor biasa disebut dengan upline. Sedangkan yang levelnya berada dibawah upline, disebut dengan downline. kenaikan level tak hanya dikarenakan downline dapat merekrut anggota baru. Namun, ada beberapa hal lain yang perlu dipenuhi. Seperti pemenuhan target penjualan dan tutup poin.

Bagi pemula yang ingin menjalankan bisnis MLM ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Kerja Keras, Sabar & Telaten

Pertama, Jangan anggap remeh bisnis MLM. Ya, beberapa orang memandang bisnis MLM seperti anak bawang. Kebanyakan menganggap Multi level Marketing tak bisa di andalkan menjadi mata pencaharian. Padahal, semua bidang jika ditekuni dengan serius pasti akan mebuahkan hasil.  Begitupun dengan MLM.

Layaknya bisnis atau usaha pada umumnya, MLM juga perlu dirintis dengan usaha keras. Agen MLM harus dengan sabar dan telaten mendatangi orang demi orang untuk melakukan prospek. Jika pun belum ada yang berhasil terjaring menjadi anggota baru, setidaknya adaproduk yang terjual, demi menutup poin atau memperoleh komisi. Semakin banyak produk terjual, maka poin pun aakan semakin bertambah. Maka pundi-pundi komisi akan siap terisi penuh.

selain kerja keras, agen MLM juga harus supel atau mudah bergaul. Bidang usaha perdagangan memang membutuhkan orang-orang yang mampu berkomunikasi dengan baik. Meskipun bertemu dengan orang baru. Lalu, ketulusan dan keikhlasan juga merupakan modal yang harus dimiliki. Apabila menghadapi penolakan atau penerimaan yang tak sesuai harapan, maka agen tak boleh berkecil hati. Harus tetap semangat dan terus mencoba.

Harus Kreatif & Inovatif

Kedua, para pelaku bisnis MLM harus kreatif dan inovatif. Ini adalah jaman persaingan. Anda bukan satu-satunya agen MLM yang sedang berburu downline. ada banyak orang diluar sana yang memiliki posisi dan kondisi yang sama. Agen yang kreatif mampu mencari cara untuk memasarkan produk dengan cara yang menarik. Misalkan, mengikuti seminar untuk menambah teman, membuat arisan, menjadi sponsor dalam acara sederhana dengan imbalan dapat diberikan waktu untuk mempromosikaan produ, atau hal-hal semacamnya.

Nikmati Prosesnya

Ketiga, Bisnis MLM bukan untuk jangka pendek, tapi jangka panjang. Jangan hanya bayangkan bonus atau komisi yang akan didapatkan. Awali dengan menikmati prosesnya saja. Saat baru bisa menjual produknya saja, nikmati labanya. Saat sudah mulai bisa merekrut downline, nikmati komisinya. Dan ketika sudah naik ke level yang lebih tinggi, nikmati bonusnya. Tak ada ruginya, bukan?  Namun, yang lebih penting adalah, bagaimana Anda bisa terus meningkat atau bertahan.

Bisnis MLM untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga memiliki segudang aktifitas rumahan yang tak kunjung selesai. Namun, bukan berarti mereka tak bisa memiliki kegiatan lain yang menghasilkan. MLM bisa dijadikan pilihan bagi ibu rumah tangga yang tetap ingin menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan tugas utanya sebagai ibu. Disela-sela waktu nya, ibu dapat mempromosikan produk. Bisa dengan ngobrol-ngobrol ringa dengan tetangga. Atau, saling berbagi ilmu antar sesama ibu saat menjemput anak sekolah. Terutama bagi ibu yang memiliki kelompok arisan, pengajian, atau aktifitas sosial lain. Multi Level Marketing bisa menambah pundi-pundi uang belanja.

Bisnis MLM yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah yang memiliki produk kecantikan dan perawatan tubuh, serta produk-produk alak kelengkapan perabot rumah tangga. Selain bisa berbisnis, tentu bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga. Apalagi, akan ada diskon dan promo khusus untuk member. Manis sekali, bukan?

Bisnis MLM untuk Mahasiswa

Anak muda harus sukses. Dan kesuksesan itu bisa dimulai dari sini. Gunakan waktu luang untuk berbisnis dan menghasilkan sesuatu yang positif. Terutama, bagi yang mengambil jurusan marketing.  Bisnis ini sangat cocok untuk mengasah kemampuan Anda dalam memasarkan suatu produk.  Sebgai awalan, prospek teman kuliah atau teman kos. Beri harga diskon. Atau, beri bonus kecil untuk pembelian secara kolektif.

Bisnis MLM untuk Karyawan

Meskipun sudah memiliki pekerjaan sebagai karyawan, tak ada salahnya memiliki pekerjaan sampingan. Toh tidak akan mengganggu waktu kerja Anda. Itulah kelebihan bisnis jaringan. Tidak mengikat waktu Anda, bahkan bisa dikatakan sangat fleksibel. Teman-teman sekantor bisa menjadi target pertama. Tak perlu teralu serius dalam melakukan promosi. Lakukan diwaktu senggang dan santai. Saat istirahat makan siang atau saat jalan-jalan bersama, misalnya.

Bisnis MLM bagi pemula tak sesulit yang dibayangkan. Apalagi saat ini komunikasi semakin mudah dengan banyaknya media sosial dan obrolan. Rasanya, hanya dengan menggunakan gadget pribadi saja, Anda sudah bisa melakukan segala hal.  Nah, maka, kini saatnya memanfaatkan segala kemudahan berkomunikasi untuk sesuatu yang lebih produktif. Yang terpenting, pastikan barang yang anda jual berkualitas dan memiliki manfaat bagi orang lain.

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Panduan Bisnis MLM Bagi Pemula"