bisnis joybiz

Presentasi Produk MLM Berbekal Percaya Diri untuk Meraih Mimpi

Presentasi produk MLM bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang aneka produk yang dikeluarkan oleh perusahaan MLM. Biasanya produknya beraneka ragam. Manfaat dan kegunaannya pun tentu berbeda-beda satu sama lain. nah, dengan begitu, presentasi akan sangat membantu baik agen maupun calon mitra, dalam mengenali suatu produk.

Pada dasarnya, cara mempresentasikan suatu produk sangat banyak. Umumnya saja, presentasi dilakukan di depan satu atau sekelompok orang. Saat presentasi itu, agen akan menjelaskaan secara detail apa-apa saja yang menyangkut produknya. Harapannya, selain calon mitra bersedia mencoba produknya, juga mau masuk bergabung menjadi anggota.

 

Persiapan Dasar Dari Diri Sendiri

Hal terpenting saat akan melakukan presentasi adalah mempersiapkan diri. Iya, betul, kualitas produk yang akan ditawarkan memanglah yang utama. Tapi selain itu, yang membawakan produk tersebut juga tak kalah pentingnya. Kepercayaan diri merupakan hal yang sangat penting dan ditunjang dengan penampilan yang menarik.

Sebelum bertemu dengan calon mitra, pastikan Anda dalam kondisi sehat dan fit. Gunakan pakaian yang bersih dan rapi, ya. Kesan pertama sangat berpengaruh pada proses berikutnya. Jangan lupa untuk mempersiapkan data-data tentang produk secara lengkap. Alangkah baiknya, jika Anda juga membawa brosur dan sampel atau contoh produk, agar calon mitra dapat mencobanya.

 

Membangun Kepercayaan Mitra

Bisnis Multi level marketing atau bisnis jaringan adalah bisnis kepercayaan. Maka, membangun kepercayaan merupakan hal wajib dalam proses prospecting. Mungkin, 60 sampai 70% orang yang bersedia bergabung dalam suatu bisnis MLM adalah karena tertarik pada produknya, namun sisanya adalah karena kepercayaan. Sehingga, dalam melakukan presentasi, penting bagi Anda untuk membangun kepercayaan terlebih dahulu, kemudian sisanya baru yakinkan calon mitra Anda untuk bergabung dalam jaringan Anda.

Cara presentasi MLM harus lengkap, namun singkat saja. Tak perlu bertele-tele atau terlalu banyak basa basi. Dimulai dari memperkenalkan perusahaan yang memproduksi produk-produknya. Kemudian, bisa di susul dengan tujuan, visi dan misi dari perusahaan tersebut. Setelah itu, Anda boleh masuk kedalam produk-produknya. Tentang apa saja produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. lalu, manfaat dan kegunaannya bagi konsumen nya. Selain itu, perkenalkan juga sistem dan aturan yang berlaku pada bisnis MLM anda.

Semua di gambarkan secara singkat saja. Jika ingin informasi lebih lanjut, boleh diajak mengikuti seminar yang dilakukan oleh perusahaan MLM terkait. Biasanya gratis ya. Tapi, kalau ternyata daerah tempat anda memasarkan produk kali ini tak terjangkau atau tak pernah di selenggarakan seminar, tentu Anda harus mempersiapkan waktu khusus untuk mempresentasikannya lebih lanjut.

Membangun karakter juga perlu dilakukan sebagai agen, sebagai bekal presentasi merekrut anggota baru. Meskipun banyak buku yang berisi materi ini, hal ini tak dapat dipelajari hanya dengan membaca buku, melainkan harus praktek. Semakin sering Anda melakukan presentasi, maka karrakter Anda akan semakin baik terbangun. Kemudian, setelah memiliki karakter yang baik, jangan membuat kesalahan fatal. Bagaimanapun, track record yang baik sangatlah penting bagi agen distributor MLM.

 

Membangun Impian Bersama Mitra

Bisnis MLM bukan hanya sekedar menjual produk saja. Namun juga tentang membangun jaringan. Maka, saat melakukan presentasi, jangan hanya fokus pada produknya, tapi juga pada sistem dan aturan yang berlaku. Ini juga demi keberlangsungan jaringan Anda.

Presentasi juga merupakan cara untuk memperluas jaringan.dengan bergabung dalam bisnis MLM , benefit yang diperoleh sangat banyak. Materi sudah pasti, dari komisi dan omset penjualan. Lebih dari itu, akan ada komunitas baru yang dapat, jenjang karir yang baik, kenaikan kualitas hidup, dan tentu saja manfaat dari produk yang dikonsumsi.

Hal-hal tersebut diatas juga perlu anda presentasikan saat prospecting. Karena, ini adalah bagian dari proses membangun jaringan. Anda dapat menanyakan tujuan hidup calon mitra Anda. Sama-sama membangun mimpi, sama-sama meraih mimpi.

 

Jangan Memaksa dan Lebih Banyak Mendengarkan

Saat presentasi adalah saat yang tepat untuk masuk kedalam jiwa calon mitra Anda. Sehingga ada beberapahal yang perlu dihindari, demi menjaga kenyamanan calon mitra. Yaitu:

  • Berbicara terlalu menggebu-gebu, karena hal ini dapat membuat alon mitra Anda merasa tak nyaman
  • Menjelek-jelekan produk lain. Nah, jangan sampai hal ini terjadi. Walaupun diluar sana banyak produk sejenis.
  • Jangan memberi janji yang terlalu muluk-muluk. Berniagalah dengan baik. Berikan penilaian yang objektif. Selain itu, penting juga untuk memberikan gambaran lain. agar lebih jelas, tanpa obral janji.

Selain itu, ada juga  cara presentasi secara tak langsung. Misalkan, dengan menggunakan akun media sosial. Saat ini, dengan akun media sosial kita tak hanya bisa mengunggah tulisan-tulisan saja bukan? Dengan membuat video singkat tapi menarik, Anda suddah bisa melakukan presentasi produk secara live.

Ada budget lebih? Bisa juga melakukan endorsement.  nah, untuk ini diperlukan biaya tambahan ya. Endorsement  sendiri berarti dukungan atau saran. Dengan meng_endorse seseoorang, sama hal nya Anda meng_hire seseorang untuk mempresentasikan produk Anda secara langsung. Tapi, endorsement hanya berlaku dalam waktu tertentu. Sehingga, Anda perlu terus memperbaruinya,

Cara Presentasi produk MLM baik secara langsung tatap muka, atau melalui media sosial memiliki nilai plus sendiri-sendiri. Lebih dari itu, yang harus dipastikan adalah mengetahui apa yang akan ditawarkan, kepada siapa, dan untuk apa.

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Presentasi Produk MLM Berbekal Percaya Diri untuk Meraih Mimpi"