bisnis joybiz

Sukses di Bisnis MLM itu Mudah Asal Tidak Asal Join

Sukses dalam bisnis MLM pasti menjadi tujuan bagi setiap member nya. Multi level marketing sendiri adalah bisnis yang tak hanya menekankan pada penjualan produknya saja, ya. Tapi juga ada ketentuan untuk terus memenuhi target, merekrut anggota baru dan terus memasarkan produk. Beberapa perusahaan yang bergerak dibidang bisnis Multi level marketing ini, sudah merasakan manisnya kejayaan. Namun, tak sedikit pula yang sudah gulung tikar.

 

Bisnis multi level marketing atau di kenal juga dengan bisnis jaringan berada di bawah payung APLI. APLI adalah singkatan dari Asosiasi Penjual Langsung Indonesia. Disini Anda dapat memeriksa, apakan bisnis MLM tertentu terdaftar dan terbukti menjalankan suatu usaha yang sah. Ini penting, untuk menjaga kepercayaan masyarakat. Mengingat beberapa waktu lalu Bisnis MLM sempat lesu akibat adanya bisnis tipu-tipu yang menggunakan cara kerja yang serupa.

 

Termakan Janji Komisi Bisnis MLM

Salah satu keuntungan dari bisnis yang menggunakan sistem jaringan adalan income yang masuk dari berbagai arah. Jika pada kegiatan jual beli pada umumnya, pendapatan berasal sepenuhnya dari hasil penjualan saja, maka tidak dengan bisnis jaringan. Sebagaimana namanya, bisnis jaringan mengharuskan anggotanya untuk terus merekrut jaringan, agar bisa terus bertahan. Dari perekrutan jaringan ini, Agen pun akan mendapat komis. Kemudian, jika downline nya dapat merekrut jaringan baru, maka komisi pun akan sampai ke upline, begitulah seterusnya.

 

Banyaknya komisi ini lah yang sering menjadi incaran para anggota baru. Sehingga yang dipikirkan hanya komisi, komisi, komisi. Namun, kondisi ini banyak menimbulkan efek negatif. Ada yang berpikir, jika sudah menjadi upline, maka tinggal menerima hasil dari downline. padahal, bukan seperti itu. untuk memperoleh komisi tak semudah menjetikkan jari,lho. Kerja di bidang MLM membutuhkan komitmen dalam menjalankan sistem dan aturan yang ada. Jika yang dilihat adalah kesuksesan yang diperoleh salah satu agen distributor resmi MLM yang sudah memperoleh pendapatan sampai puluhan juta, maka itu bukan diperoleh dalam semalam.

 

Produk Tak Bermanfaat

Perusahaan yang bergerak dibidang MLM memiliki aneka produk yang beragam. Dari aneka produk tersebut, ada beberapa yang dinilai eksklusiv dan diproduksi secara terbatas. Nah, produk inilah yang memiliki harga mahal dan dianggap istimewa. Mungkin bagis sebagian orang, produk ini biasa saja. Namun, bagi angota atau pengguna setianya, adalah suatu keharusan untuk memiliki item terbatas ini. Hingga kemudian menjadi tren dikalangan tertentu.

 

Sayangnya, ada sebagian kalangan yang rela menjadi anggota hanya untuk mengikuti tren saja, bukan karena manfaat atau kegunaannya. Sedangkan kesuksesan dalam MLM bukan hanya memiliki barang limited edition nya, lho. Melainkan, keproduktifannya sebagai anggota atau member. Baik dalam menjual produk, atau terus membentuk jaringan.

 

Agen MLM yang Gemar Memaksa

Lagi, sukses dalam bisnis MLM tak bisa dipisahkan dengan kesalahan dalam menjalankan bisnis MLM itu sendiri. Hal ini sering kali dilakukan oleh agen yang tak sabaran dan memberi kesan memaksa calon mitra. Hal ini tentu membuat seseorang merasa gerah, ya.

 

Agen yang baik melakukan pendekatan secara positif. Ingatlah sekali lagi, bahwa dalam bisnis MLM tak hanya diperlukan kerja keras, namun juga kerja cerdas. Maka, pandai-pandailah melihat peluang. Seribu tembakan asal-asalan akan mengalahkan satu saja peluru yang fokus.

 

Cobalah untuk melakukan pendataan sebelum melakukan prospek. Kenali calon mitra anda dengan baik.

 

Harga Produk  yang Terlalu Mahal

Beberapa produk MLM dibandrol dengan harga selangit. Itulah mengapa, sebagian besar masyarakat enggan untuk menggunakan produk tersebut, apalagi menjadi membernya. Memang, produk-produk berharga tinggi itu menjurus ke kalangan menengah keatas. Namun, bukankan masyarakat kita terdiri dari berbagai lapisan masyarakat?

 

Kurangnya Informasi

Kurangnya informasi suatu produk juga membuat masyarakat enggan untuk membelinya. Pepatah,” tak kenal maka tak sayang” nyatanya masih berlaku sampai saat ini.  Terlebih, beberapa waktu lalu ada banyak sekali produk MLM yang tak bermanfaat beredardi pasaran. Dari yang harganya sangat murah, hingga super mahal. Kemudian diperparah dengan berita MLM penipu. Itulah mengapa, penyebaran informasi sangat diperlukan. Untuk meyakinkan masyarakat bahwa produk anda benar-benar nyata adanya dan memiliki manfaat.

 

Pemasaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial. Saat ini, siapa sih, yang tak menggunakan media sosial. Dari mulai facebook, instagram, twitter, dan masih ada beberapa yang lainnya. Buatlah akun khusus untuk mempromosikan produk. Ingin lebih luas namun dengan kesan eksklusiv? Bikin komunitas. Lalu sebarkan informasi melalui itu.

 

Kesalahan menjalankan bisnis MLM seringkali terjadi karena adanya kesalahan agennya.  Disinilah peran penting upline, yakni untuk terus membimbing downline agar terus berjalan sesuai jalur yang telah ditentukan. Selain itu, upline juga harus terus memberi semangat pada downline agardapat terusproduktif.

 

Sukses bisnis MLM bukan untuk agen yang malas. Bisnis MLM dapat dimulai dengan modal kecil, itu betul. Dengan pola kerja yang sederhana, yakni menjual produk dan membentuk  jaringan. Tapi dalam melakukan prosesnya, tidaklah mudah dan sederhana. Jika Anda melihat agen bisnis multi level marketing sudah sukses besar, dengan semua yang dimiliki saat ini, maka jadikan itu motivasi. Lebih dari keuntungan finansial, multi level marketing memberikan Anda banyak pelajaran, pengalaman, dan pertemanan. Itu saja dulu.

Joybiz Indonesia
author
No Response

Leave a reply "Sukses di Bisnis MLM itu Mudah Asal Tidak Asal Join"